7 Jurus Ala Newbie Untuk Memaksimalkan Media Sosial Agar Melesatkan Bisnis

7 Jurus Ala Newbie Untuk Memaksimalkan Media Sosial Agar Melesatkan Bisnis

Tidak perlu berpanjang lebar, jika saat ini Anda baru saja memulai dan merintis bisnis dari rumah, maka cara bagaimana untuk memperkenalkan dan memasarkan produk atau jasa yang Anda miliki mungkin masih menjadi salah satu pekerjaan rumah yang terbesar bagi Anda. Salah satu cara yang praktis dan efektif untuk melakukannya adalah dengan menggunakan layanan media sosial yang tersedia di internet. Karena apa? Karena tentu saja marketing di media sosial memiliki segudang manfaat bagi bisnis yang Anda miliki, diantaranya adalah untuk menghubungkan produk atau jasa Anda dengan pelanggan dan calon pelanggan baru, dan tentunya tanpa menghabiskan anggaran biaya promosi, jadi jauh lebih hemat!

Akan tetapi, yang menjadi pertanyaannya adalah, bagaimana cara untuk memulainya? Bagaimana cara untuk melakukannya secara organik? Hmmm, jangan merasa pusing-pusing dulu. Berikut ini ada jurus ala newbie untuk memaksimalkan media sosial dalam bisnis yang bisa Kamu lakukan dengan segera. Apa saja? Yuk teruskan membaca sampai habis.

1. Tetapkan Tujuan

Awali semua dengan ini, karena dengan menetapkan tujuan, Anda akan tahu kemana arah Anda dalam menggunakan media sosial. Apakah itu untuk memperluas target market anda? Apakah itu untuk menambah kesadaran merek? Apakah untuk meningkatkan interaksi (engagement)? Apakah untuk menambah basis pelanggan atau fans produk anda? Ataukah untuk menambah penjualan dan menambah traffic kunjungan ke web yang Anda miliki?

Penting bagi Anda untuk menetapkan tujuan yang cukup realistis. Misalnya, saat ini Anda mungkin memiliki harapan yang sangat besar untuk mendapatkan 5000 follower di media sosial Instagram, tapi Anda menyadari bahwa hal itu mungkin akan terasa sukar untuk dicapai dalam jangka waktu satu bulan saja. Oleh sebab itu, buatlah tujuan Anda dengan menggunakan prinsip yang SMART. SMART disini bukan terjemahan dari bahasa inggris yang berarti cerdas. SMART disini adalah singkatan dari Specific (spesifik), Measurable (terukur), Attainable (dapat dicapai), Relevant (relevan) dan Time bound (punya batas waktu). Sip.

2. Pilih Pertemanan Yang Sesuai Dengan Target Market

Salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan oleh orang yang baru memulai bisnis ialah mereka terlalu mementingkan besarnya jumlah pengikut, bahkan ada dari mereka yang rela untuk membeli banyak pengikut atau follower untuk akun bisnis yang sedang mereka bangun. Besarnya jumlah angka follower tersebut tidak akan ada artinya jika mereka tidak mempunyai kecenderungan untuk tertarik pada konten dan produk yang ada media sosial anda.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa konten-konetn di media sosial Anda benar-benar menyasar kepada audiens yang tepat sesuai dengan kelompok target market yang sudah anda tentukan sejak awal. Teliti lagi demografi segmentasi target market dari produk Anda, temukan seperti apa konten yang bisa membuat mereka tergoda dan melakukan interaksi dengan apa yang Anda posting. Benar, buatlah selalu konten-konten yang mereka sukai.

3. Menentukan Media Sosial Yang Tepat

Sesudah memastikan tujuan dan target market, maka yang sekarang Anda butuh adalah menentukan media sosial mana yang akan anda gunakan. Perlu Anda perhatikan bahwa tidak semua media sosial sesuai untuk memasarkan bisnis dan produk Anda. Anda hanya butuh menyadari beberapa karakteristik khas dari setiap audiens di setiap media sosial yang berbeda.

Berikut ini adalah beberapa karakteristik yang ada pada setiap media sosial:

Facebook: Sesuai untuk bisnis retail atau eceran. Anda bisa menggunakan beberapa fitur di mana anda bisa menentukan target audiens dengan mendetail, bisa mengiklankan produk pada pengguna yang mempunyai ketertarikan dan minat yang sejalan dengan produk anda, bahkan Anda bisa menarget yang lokasi tempatnya berada di sekitar toko anda. Akan tetapi, persaingan di sini begitu besar dan jangkauan organiknya tidak begitu efektif.

Instagram: jaringan media sosial yang satu ini menargetkan audiens dari kalangan mereka yang berumur 18 hingga 35 tahun. Mengutamakan tampilan visual berupa gambar dan foto, serta gampang menjangkau target market dengan penggunaan hashtag dan lokasi. Dengan Instagram, Anda bisa menningkatkan level engagement dengan lumayan tinggi dan pesat.

Twitter: Cepat, gampang dan aman untuk Anda lakukan. Sesuai untuk update yang bersifat cepat dan diskusi intelektual. Namun berhati-hatilah, banyak akun profil pengguna palsu.

Pinterest: Berfungsi paling baik dan efektif untuk bisnis yang berkembang di niche tertentu, seperti niche perjalanan (travelling), makanan, kerajinan tangan, keelokan, kesehatan dan fashion. Alangkah lebih baik bila Anda menghindari penggunaan platform ini jika bisnis dan konten anda tidak selaras dengan industri ini.

4. Membuat Konten Yang Tepat

Lakukan riset mengenai apa yang menjadi keinginan atau minat dari audiens anda. Jika audiens anda adalah para emak-emak, maka anda bisa membagikan konten seputar cara pengasuhan anak (parenting), kehamilan, kesehatan anak dan lain sebagainya.

Di samping itu, perhatikan juga bagaimana kebiasaan mereka dalam bermain dan menggunakan media sosial, apakah mereka lebih suka membaca informasi yang dibagikan lewat url link, melihat video atau melihat foto dengan caption saja. Tidak hanya itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan influencer agar konten semakin luas tersebar.

Anda bisa membuat hal seperti kalender editorial yang berisi jadwal kapan anda akan mengunggah/mengupload konten anda. Berikut ini adalah jumlah unggahan serta jadwal yang direkomendasikan untuk setiap media sosial:

Facebook: Unggahlah paling tidak 1 konten per hari diantara pukul 13.00 dan 14.00

Twitter: Paling baik menggunakan twitter untuk mengunggah 15 twit dalam sehari. Cobalah untuk mengunggah setiap 1 atau 2 jam sekali untuk menemukan hasil terbaik.

Instagram: Direkomendasikan untuk mengunggah 1-2 kali per hari. Unggahan pertama paling efektif anda keluarkan di antara pukul 8 dan 9 pagi dan unggahan kedua pada sekitar pukul 2 siang.

5. Riset Pesaing Anda

Anda juga butuh untuk melihat bagaimana pergerakan para pesaing Anda. Apa yang mereka lakukan? Apa yang mereka fokuskan? Siapa orang-orang yang mereka target? Apa kalimat iklan apa yang sedang mereka tes untuk produk mereka? Hal ini penting bagi Anda untuk lebih mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka sebagai pesaing.

6. Menggunakan Paid-Promote

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan promosi berbayar dalam usaha untuk menambah audiens atau target market Anda. Promosi dengan cara berbayar memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih banyak audiens yang relevan dengan produk dan jasa yang mau Anda tawarkan.

7. Analisa

Pastikan untuk selalu melakukan analisa dari setiap upaya digital marketing yang sudah anda lakukan. Anda bisa menggunakan fitur analytics yang tersedia di masing-masing platform media sosial yang Anda gunakan. Anda juga bisa melakukan analisa dengan cara melakukan survei atau polling pada audiens anda untuk mengetahui pendapat mereka, misalnya mengenai produk terbaru Anda. Mereka mungkin akan memberikan masukan yang berharga yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya.

Pastikan anda melakukan evaluasi pada semua strategi yang Anda lakukan secara rutin dan jangan pernah ragu untuk melakukan perubahan jika hal tersebut diperlukan.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Content Writer, Copywriter, Internet & Affiliate Marketer di CaraBisnisOnline.Net

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Mar 18, 2020, 9:15 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma