7 Hal Seputar Dunia Kerja yang harus Dipahami untuk Menjadi Karyawan yang Sukses dan Berdedikasi Tinggi

7 Hal Seputar Dunia Kerja yang harus Dipahami untuk Menjadi Karyawan yang Sukses dan Berdedikasi Tinggi

Setiap karyawan dalam suatu perusahaan, pasti selalu ingin mendapatkan karir yang baik dengan penghasilan yang memuaskan atau bisa dikatakan penghasilan yang lebih tinggi dari rata-rata. Dan tentu saja, untuk mendapatkannya butuh kerja keras dan dedikasi yang tinggi. Berikut beberapa hal yang harus dipahami oleh seorang karyawan dalam upaya meniti karir yang sukses dalam bidang pekerjaannya...

1. Memahami pentingnya kepuasaan atas pekerjaan yang Anda miliki sekarang.

Anda punya pekerjaan yang memberikan penghasilan tetap ?...pasti hal tersebut akan sangat menyenangkan. Dan satu hal yang sangat harus Anda lakukan adalah menikmati pekerjaan yang Anda miliki sekarang. Alasannya sederhana saja, karena suatu hari dalam hidup Anda, pasti ada keinginan untuk pensiun. 

Ketika Anda dalam status seorang pensiunan, pasti Anda akan ingin menerima uang pensiun selamanya sebagai balas jasa atas pengabdian Anda kepada perusahaan.

Bekerja di tempat di mana Anda dihargai sebagai karyawan, dapat memberikan dorongan untuk menjadi yang terbaik bagi perusahaan. Anda akan berharap untuk pergi bekerja setiap hari karena Anda tahu bahwa Anda akan dihargai. Anda tidak akan memiliki masalah dengan mendedikasikan waktu dan layanan Anda kepada perusahaan karena perusahaan juga memberikan dedikasi mereka kepada Anda.

Alasan lain yang penting untuk menikmati pekerjaan adalah karena pengaruhnya terhadap kehidupan pribadi. Anda menginginkan pekerjaan yang memberikan penghasilan yang cukup agar Anda dapat melakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan. Anda juga menginginkan pekerjaan dengan jam kerja yang layak sehingga Anda dapat menikmati waktu bersama teman dan keluarga.

Merupakan hal yang sangat penting bagi Anda untuk dipekerjakan di lingkungan yang tidak membuat Anda stres. Anda dapat menikmati bekerja dengan mobil. Anda mungkin senang duduk di depan komputer dan mengetik. Anda mungkin berharap untuk dapat selalu  menjawab panggilan telepon. Secara keseluruhan, Anda ingin memiliki karier di mana Anda dapat melakukan tugas yang Anda sukai.

Anda menginginkan pekerjaan yang memuaskan sehingga Anda puas dengan diri sendiri. Anda tidak ingin merasa seolah-olah Anda kehilangan karier lain. Anda tidak ingin selalu mencari peluang kerja lainnya. Anda ingin dapat pergi bekerja, seperti apa yang Anda lakukan, dan mendapat manfaat darinya selama sisa hidup Anda.

Jadi intinya, merupakan hal yang penting bagi seorang karyawan untuk puas dengan pekerjaan yang dimiliki. Dalam kondisi dimana Anda tidak menikmati pekerjaan Anda, maka cobalah mengubah apa yang tidak Anda sukai dari pekerjaan tersebut. Jika tidak, coba alihkan posisi atau departemen dimana Anda bekerja. Terakhir, jika tidak ada perubahan sama sekali, mungkin ini saatnya untuk beralih karier ke pekerjaan yang lain...

2. Seperti apa seharusnya karir yang hebat itu?

Merupakan sesuatu hal yang lumrah jika seseorang ingin memiliki karier yang luar biasa. Setiap orang pasti ingin bekerja di tempat di mana bisa menikmati apa yang telah dikerjakan, disukai oleh orang lain, dan dihargai atas produktivitas kerja yang telah dilakukan. 

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa gagasan bagus tentang betapa hebatnya pekerjaan yang harus Anda pertahankan dalam tujuan untuk mendapatkan penghasilan dan  peningkatan karier: 

  • Karier yang sukses akan membantu Anda bersemangat untuk bangun dari tempat tidur setiap pagi dan segera pergi bekerja. 
  • Karier yang luar biasa akan memberikan manfaat yang signifikan dalam memenuhi kebutuhan hidup seperti pemenuhan kebutuhan hidup primer sekunder, perawatan kesehatan yang prima, dan rencana pensiun dimasa tua. 
  • Karier yang hebat pada dasarnya adalah penghargaan kepada karyawan dari perusahaan  atas keterampilan khusus yang dimiliki oleh para karyawan. 
  • Karier yang baik akan membuat Anda merasa bahwa Anda berada di tempat yang tepat dalam hidup Anda dimana Anda merasa bahwa diri Anda penting dan berarti bagi seseorang. Kepercayaan diri akan menjadi lebih tinggi dan begitu pula etos kerja. Kepercayaan diri dan etos kerja yang tinggi akan membawa Anda pada pengakuan dan promosi. Pengakuan dan promosi akan membuat Anda memiliki harga diri yang lebih tinggi.
  • Karir yang fantastis tidak akan menjauhkan Anda dari keluarga. Karier yang hebat akan mendorong Anda untuk membangun keluarga agar hidup lebih sejahtera. 

3. Selalu mewaspadai peluang yang ada.

Peluang selalu ada di sekitar Anda. Beberapa “darinya” akan menghampiri Anda dan yang lainnya merupakan ciptaan Anda. Mari kita bahas tentang mengapa dan bagaimana Anda bisa mencari peluang tersebut.

Pertama-tama, ada beberapa hal yang tidak ingin Anda tunggu. Salah satunya adalah kesempatan untuk mendapatkan promosi. Promosi tidak terjadi begitu saja pada setiap karyawan. Sebaliknya, promosi hanya diberikan pada karyawan yang sudah siap. Karena itu, jika Anda ingin dipromosikan, posisikan diri Anda dalam kondisi yang sudah siap.

Hal lain yang dapat Anda lakukan dalam mencari peluang adalah menemukan peluang tersebut. Dengan kemajuan teknologi di jaman sekarang, cara yang paling cepat adalah melalui internet. Anda dapat melihatnya di iklan baris, forum atau di sosial media. Satu hal yang harus diingat, pada saat Anda mencari peluang kerja, pastikan diri Anda selalu siap sedia untuk ditemukan saat “peluang”  itu mencari Anda.

Hal ini dapat dilakukan dengan memposting resume Anda di situs web pencarian kerja. Saat melakukan ini, pastikan untuk mencantumkan  nomor telepon, email, atau keduanya. Beberapa situs web bahkan mungkin meminta Anda untuk memberikan profil jejaring sosial. Jika ya, dan Anda menggunakan opsi jejaring sosial, pastikan profil jejaring sosial murni dan memiliki gambar profil yang bagus. 

Dan yang paling penting, ketika Anda mencari peluang, pastikan Anda bijaksana dalam memilih peluang tersebut. Jangan hanya mengambil peluang karena peluang itu tersedia. Pastikan peluang itu menguntungkan, sehingga  Anda tidak menyesali keputusan tersebut nantinya.

4. Tips Mengisi Lamaran Kerja

Percaya atau tidak, ada hal-hal yang kadangkala dilupakan atau tidak terpikirkan saat mengisi lamaran kerja. Mari kita bahas beberapa hal yang harus dilakukan saat Anda melamar pekerjaan baru...

  • Salah satu hal utama yang harus Anda lakukan saat mengisi aplikasi adalah memiliki informasi perusahaan Anda sebelumnya. Ini termasuk alamat, nomor telepon, dan nama bos sebelumnya. Juga, pastikan Anda mengingat tanggal Anda bekerja dengan mereka. Hal ini akan menjadi referensi bagi perusahaan baru dalam mempertimbangkan lamaran kerja Anda.
  • Hal berikutnya yang harus disiapkan saat melamar pekerjaan adalah resume Anda.Keika Anda mengisi aplikasi secara online, Anda mungkin diminta untuk mengunggahnya. Jika Anda mengisi file lamaran di lokasi kerja, Anda mungkin diminta untuk meninggalkan salinannya. Karena itu, pastikan Anda selalu membawa salinan digital dan salinan cetaknya.
  • Jika Anda ingin lebih unggul dari pesaing Anda, pastikan Anda menyiapkan surat lamaran kerja. Dengan adanya hitam diatas putih tersebut, akan menunjukkan antusiasme dan kepercayaan diri Anda dalam mendapatkan pekerjaan tersebut. Anda mungkin dapat mengunggahnya saat mengisi aplikasi online atau kirimkan dengan resume dan aplikasi Anda secara langsung. 
  • Selanjutnya, pastikan Anda memiliki pilihan referensi yang bagus. Ini akan menjadi orang-orang yang akan mensupport dan siap berbicara untuk Anda ketika perusahaan bertanya tentang etos kerja Anda. 
  • Dan yang terakhir, jika Anda melamar melalui internet, pastikan sudah menyelesaikan pengisian aplikasi lamaran kerja secara benar. Jika Anda melamar pekerjaan secara langsung datang ke perusahaan, berpakaianlah dengan baik karena Anda mungkin akan melakukan wawancara saat Anda menyerahkan surat lamaran Anda. Pastikan Anda sudah menyiapkan berbagai lampiran yang dibutuhkan saat wawancara kerja. 

5. Tips mendapatkan pekerjaan tanpa ijazah Sekolah Menengah Atas

Jika Anda tidak memiliki ijazah sekolah menengah atas dan mempunyai keinginan yang kuat untuk bekerja dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari bagi Anda pribadi dan keluarga , maka jangan berputus asa...

Ada banyak pekerjaan yang akan mempekerjakan Anda. Tidak hanya itu, Anda mungkin pada akhirnya akan menghasilkan lebih banyak uang daripada yang pernah Anda bayangkan pada saat Anda mendapatkan pekerjaan tersebut. 

Nah...yang menjadi masalah sekarang, bagaimana dan di mana Anda bisa mendapatkan pekerjaan tanpa harus memiliki ijazah. Pekerjaan apa pun yang mempekerjakan karyawan yang tidak berusia minimal 18 tahun, kemungkinan besar adalah pemberi kerja yang tidak peduli dengan segala hal yang berkaitan dengan ijazah. 

Jenis pekerjaan ini biasanya terdiri dari para karyawan dengan rentang  usia umumnya para siswa sekolah menengah. Pekerjaan ini contohnya tempat-tempat seperti restoran, taman hiburan, dan toko ritel. Majikan mungkin tidak membayar gaji dalam jumlah yang banyak pada awalnya, tetapi biasanya mereka akan senang menerima Anda sebagai karyawan. Plus, jika mereka memiliki banyak orang yang bekerja di tempat mereka  yang berusia bukan 18 tahun, maka kemungkinan besar mereka memiliki perputaran yang terus menerus dalam kaitannya dengan karyawan yang datang dan pergi. Oleh karena itu, jika Anda berkomitmen dan bekerja untuk mereka dalam waktu yang lama, Anda sangat mungkin mengalami banyak kenaikan gaji. 

Pekerjaan lainnya yang tidak benar-benar meminta ijazah sekolah menengah adalah tipe pekerjaan keras seperti melakukan pekerjaan membersihkan pekarangan, membersihkan sampah yang berserakan di jalan raya, atau pekerjaan menjadi penjaga bayi. 

Cara yang paling mudah untuk mendapatkan pekerjaan tanpa ijazah adalah dengan membuka bisnis Anda sendiri. Ketika Anda membuka bisnis, percaya atau tidak, negara tidak meminta kredensial pendidikan Anda. Anda bisa menjadi Chief Executive Officer sebelum lulus SMA. 

Tapi harus diingat baik-baik, karier ini mengharuskan Anda untuk menjadi seorang yang kreatif. Hal-hal seperti menjual karya seni, komposisi musik, makanan, atau hal-hal lain yang Anda desain dan ciptakan sendiri, dapat menjadikan Anda membentuk bisnis sendiri. 

Dalam dunia nyata, banyak pengusaha yang bergerak dibidang transportasi tidak meminta ijazah sekolah menengah bagi para supir mereka. Ada banyak perusahaan yang hanya ingin Anda memiliki Surat Izin Mengemudi saja. Mereka hanya ingin Anda mendistribusikan produk mereka dari titik A ke B dan membayar Anda dengan sepantasnya karena melakukannya sesuai instruksi. 

Jadi pada dasarnya, ada banyak pekerjaan di luar sana untuk seorang pekerja tanpa ijazah sekolah menengah. Karena itu, jika Anda tidak memiliki ijazah, jangan merasa rendah diri dan berputus asa. 

6. Bagaimana menemukan pekerjaan dengan gaji tinggi tanpa gelar perguruan tinggi

Apakah Anda sedang mengejar pekerjaan yang dapat menghasilkan banyak uang tetapi tidak memiliki gelar sarjana? Jika demikian, tetaplah bersemangatlah. Keinginan Anda untuk mendapatkan karir dengan gaji tinggi tanpa gelar sarjana sangatlah mungkin. 

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tempat dan cara untuk mencari pekerjaan bergaji tinggi tanpa pendidikan perguruan tinggi:

  • Coba pikirkan tentang pekerjaan yang orang lain tidak ingin melakukannya. Ada banyak pekerjaan yang tidak dikejar banyak orang dengan bayaran tinggi. Dua contoh pekerjaan yang tidak benar-benar diimpikan orang tetapi dapat dibayar dengan baik adalah di sektor pertanian dan perpipaan. Petani dan tukang pipa dengan mudah menghasilkan lebih banyak uang daripada orang yang memiliki Associates, Sarjana, dan beberapa dengan gelar Master. Ini disebabkan secara langsung karena permintaan pasar terhadap layanan mereka. 
  • Selanjutnya, carilah pekerjaan yang akan memberikan Anda sertifikasi terhadap keahlian Anda. Ada banyak pekerjaan yang akan melatih Anda kemudian menjadikan Anda sebagai salah satu spesialis mereka. Contoh paling umum adalah agen asuransi. Perusahaan asuransi dan beberapa pialang keuangan akan melatih Anda dan kemudian memberi Anda pekerjaan magang. 
  • Pekerjaan yang membutuhkan kreativitas Anda juga bisa dibayar dengan sangat baik. Orang-orang seperti musisi, artis, dan penulis dapat dengan mudah menghasilkan penghasilan yang lebih dari orang-orang dengan gelar Master dan gelar Doktor. Musisi dan artis dapat menjual karya mereka dari harga rendah hingga mahal tergantung pada kebutuhan pelanggan atau penonton. Penulis dapat menerima kesepakatan penerbitan atau dipekerjakan sebagai kolumnis oleh perusahaan merek ternama untuk keterampilannya dalam menulis. 
  • Jenis pekerjaan yang menginginkan Anda tampil dengan cara tertentu, cenderung menguntungkan Anda karena Anda dapat menjadi diri sendiri. Sebagai contoh, model dapat menghasilkan banyak uang dalam waktu singkat dalam sesi pemotretannya. Seseorang dengan ukuran tubuh lebih besar juga dapat menghasilkan uang dari pemodelan dan mendapatkan peran dalam film, olahraga, atau layanan keamanan khusus yang mungkin tidak cocok untuk orang yang berukuran tubuh lebih kecil. 
  • Terakhir, salah satu cara termudah untuk mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi tanpa kredensial perguruan tinggi adalah dengan memulai bisnis. Ada banyak pekerjaan bertipe pekerjaan rumah yang akan membuat Anda bisa menghasilkan jumlah uang yang sama dengan seseorang yang memiliki gelar. 

Seperti yang Anda lihat, Anda bisa menghasilkan banyak uang tanpa harus kuliah. Oleh karena itu, implementasikan tip ini untuk Anda dan posisikan diri Anda dalam pekerjaan dengan gaji yang sangat baik tanpa harus pergi ke perguruan tinggi jika Anda memang tidak pernah punya keinginan untuk kuliah.

7. Bagaimana mengevaluasi pilihan Anda jika menerima dua tawaran pekerjaan sekaligus...

Pernahkah Anda berada dalam situasi di mana ada dua perusahaan sekaligus ingin mempekerjakan Anda? Atau, apakah Anda pernah dipertimbangkan untuk menjabat dua posisi berbeda di perusahaan yang sama dan tidak tahu yang mana untuk memilih? 

Jika demikian, tanyakan pada diri Anda apa faktor penentu dalam membantu Anda memilih pekerjaan yang akan Anda terima. Apakah karena uangnya? Apakah itu gaji atau tunjangannya? 

Suatu saat nanti Anda mungkin berada dalam situasi yang sama. Oleh karena itu, apakah Anda pernah mengalami kesulitan atau tidak, berikut beberapa tips tentang cara memilih jalur karier yang terbaik :

  • Jika ada dua pemberi kerja mencoba mempekerjakan Anda, hal pertama yang harus dievaluasi adalah gaji. Berapa banyak penghasilan  yang Anda hasilkan akan menentukan jenis gaya hidup yang dapat Anda nikmati. 
  • Juga, untuk masalah insentif lembur kerja, akankah salah satu perusahaan menawarkan insentif dua kali lipat untuk kerja lembur sementara yang lain menawarkan 1,5 kali lipat dari penghasilan rata-rata untuk lembur kerja? Akankah satu perusahaan memberi bonus untuk prestasi? Atau, jika mereka berdua memberikan bonus, perusahaan mana yang memberikan Anda fasilitas kerja yang lebih baik?
  • Selanjutnya, ketika mencoba memilih di antara dua posisi baru, lakukan evaluasi terhadap fasilitasnya. Diantara dua perusahaan yang berbeda tersebut, manakah yang memiliki layanan fasilitas kesehatan yang lebih baik? Perusahaan mana yang memiliki program cuti sakit yang lebih baik? Atau, perusahaan mana yang memiliki program rencana liburan atau pensiun yang lebih baik? Dan, terakhir, pastikan untuk memeriksa hierarki kedua perusahaan tersebut.


It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Berbagi artikel kepada orang lain, itu menyenangkan...jika artikel itu dibaca orang lain, itu membahagiakan....

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma