7 Cara Sederhana Menjauhkan Diri Kita Dari Depresi

7 Cara Sederhana Menjauhkan Diri Kita Dari Depresi

Dijaman millennium ini. Dijaman serba canggih. Jaman kemajuan yang semuanya serba diukur denga materi.

Jaman dimana kita lebih bergantung kepada benda ketimbang makhluk hidup. Kita sering mengalami penyakit yang dokter sendiri belum mampu menyembuhkannya sampai betul-betul sembuh.

Lalu apa itu depresi?

Depresi menurut Wikipedia Indonesia bulan juni 2019 ialah Suatu kondisi medis berupa perasaan sedih yang berdampak negatif terhadap pikiran, tindakan, perasaan, dan kesehatan mental seseorang. Kondisi depresi adalah reaksi normal sementara terhadap peristiwa-peristiwa hidup seperti kehilangan orang tercinta.

Depresi juga dapat merupakan gejala dari sebuah penyakit fisik dan efek samping dari penggunaan obat dan perawatan medis tertentu.

Dalam kaitannya dengan gangguan mental lain, depresi dapat juga menjadi gejala dari gangguan kejiwaan seperti Gangguan depresi mayor dan distimia.

Tidak jarang pasien depresi berakhir pada perbuatan menyakiti dirinya sendiri atau bahkan perbuatan mengakhiri hidup, ketika pasien depresi itu sudah lepas dari menanganan para dokter yang menganggap kalau pasien depresi itu telah sembuh.

Itu bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk meminta bantuan dokter. Bagaimana dengan orang-orang yang tidak memiliki kemampuan itu? Atau mereka yang tidak sadar kalau dirinya sedang terkena penyakit yang disebut dengan Depresi itu?

Seperti yang sudah menjadi selogan populer didunia kedokteran, “mencegah lebih baik dari pada mengobati”. Maka dari itu disini kita akan membagi tips sederhana untuk menjauhkan kita dari penyakit yang disebut Depresi itu.

Tips yang mudah dilakukan kalau kita punya hati, pemikiran dan kemauan yang kuat untuk melakukannya.

1. Selalu Berpikirlah dengan Tenang dan Positif dalam Menghadapi Setiap Masalah!

Selalu hadapi masalah dengan berpikir tenang dan positif. Banyak orang yang cepat mengalami depresi dikarenakan terlalu cepat berpikir negative dalam menghadapi suatu masalah yang sedang kita alami.

Berpikir kalau masalah itu tidak akan terselesaikan. Tampa pernah berpikir kalau semua masalah sebenarnya ada solusinya.

Yakinlah! Semua masalah itu kalau kita hadapi dengan tenang, kemudian berpikirlah dengan positif, maka masalah yang kita hadapi pasti akan menemukan jalan keluar. Yang harus kita lakukan! Tarik nafas dalam-dalam lalu tenangkan pikiran! Dan mulailah berpikir positif! Kemudian mulailah mencari solusi dari masalah yang sedang kita hadapi! Pelan dan sabar!

Namun apa bila sesuatu itu mendesak dan harus segera dicarikan solusinya, maka bertanyalah kepada beberapa orang yang ahli dalam hal yang berhubungan dengan masalah yang sedang kita hadapi itu.

Hal ini berlaku juga dengan masalah percintaan. Banyak dari kita ini yang tidak sanggup berhadapan dengan yang namanya kegagalan dalam bercinta dan selalu berpikir negative ketika kita tidak berhasil dalam cinta.

Lupa kalau ada banyak orang lain yang hidup didunia. Yang sama-sama sedang mencari cinta sejatinya. Kalau kita selalu berpikir positif, bukan tidak mungkin dia yang sedang mencari itu adalah cinta sejati kita.

2. Selalu Melihat ke Bawah Bukan ke Atas!

Yang dimaksud dengan selalu melihat kebawah bukan keatas disini ialah, kebanyak kita memiliki sifat dimana kita menginginkan segalanya. Dan itu wajar. Karena itu memang sudah menjadi kodrat manusia yang tidak pernah puas dengan apa yang sudah ada padanya.

Namun sebagian manusia begitu tidak sabarnya kepada keadaan dirinya yang tidak lebih baik dari pada keaadaan orang lain. Sehingga membuatnya merasa tertekan atau merasa depresi. Namun pernahkah kita berpikir, kalau ada orang lain yang keadaannya jauh lebih sulit dari pada kondisi kita sekarang? Dengan berpikir demikian, maka akan timbul rasa syukur didalam hati kita. Dan kita akan sangat senang dengan apa yang sudah kita punya sekarang. Karena apa yang kita punya sekarang, masih banyak orang lain yang tidak memilikinya.

Dengan berpikir demikian kita akan menjadi tenang dan tidak akan berusaha menggapai apa yang tidak bisa kita gapai sehingga membuat kita depresi.

Ketahuilah bahwa setiap manusia memiliki keterbatasan. Pisik kita terbatas. Hati dan pikiran kita juga terbatas.

Dan jangan pernah mengira hidup orang yang kita anggap jauh diatas kita itu lebih mudah ketimbang hidup kita!

Mungkin juga mereka sedang mengalami apa yang sedang kita alami ini, yaitu tertekan karena masih belum puas dengan apa yang sudah dimilikinya. Atau merasa takut kehilangan sesuatu yang sudah dia miliki. Dan hal ini tidak hanya berlaku pada hal materi saja.

Hal ini berlaku pada yang namanya cinta juga. Jangan sibuk kita mengurusi percintaan orang lain yang kita anggap bak cerita cinderalla! Sehingga kita melupakan cerita cinta kita yang penuh perjuangan namun indah pada waktunya itu.

3. Terimalah Prilaku Bully dari Orang Lain kepada Kita Sebagai Motivasi!

Sering kita dengar disurat kabar, social media, bahkan pengalaman langsung, kita melihat banyak nyawa melayang sia-sia hanya karena mengalami depresi katika dibully.

Karena kebanyakan manusia berpikir kalau dia dibully karena dia itu tidak sempurnah, dia cacat, dia tidak berguna dan dia itu tidak pantas berada didalam dunia ini.

Tapi tahukah kita, kalau tidak ada manusia yang sempurnah dimuka bumi ini? Maka dari itu jangan pernah menganggap perlakuan bully yang kita terima dari orang lain sebagai sesuatu yang membuat kita jatuh.

Yakinlah! tidak ada manusia yang sempurnah. Dia yang membully kita itu juga bukan manusia yang sempurnah. Kita tidak tahu kalau bisa saja kita lebih baik dari padanya? Maka dari itu, jadikan bullyan orang-orang yang sudah membully kita sebagai motivator bagi kita.

Untuk menunjukkan apa yang kita miliki dan kita paling mampu dibidang itu kepada mereka yang sudah membully kita. Tunjukkan kepada mereka kalau kita memiliki sesuatu yang kita hebat dibidang itu.

Dengan demikian kita akan terbebas dari yang namanya depresi. Karena kita tidak akan sibuk meladeni, apa lagi menganggap kalau diri kita ini tidak berguna karena kita sudah dibully.

Namun kita akan menghabiskan waktu kita kepada hal-hal yang lebih positif, lebih membangun diri dan kepribadian kita yang bisa kita kembangkan dari sesuatu yang kita hebat dibidang itu.

Cari dan temukan sesuatu yang kamu paling hebat dibidang itu! Dan bersenang-senanglah dengan hal itu! Kembangkan dan nikmatilah! Tanpa harus memperdulikan dan mendengarkan perkataan-perkataan atau tindakan-tindakan buruk mereka kepada kita.

Kalau hanya sekedar perkataan tidak akan pernah dapat menggores sedikitpun kulit kita. Kalau itu berupa perbuatan atau main pisik.

Yakinlah ada hukum disetiap negara yang dapat melindungi kita dari mereka yang menganggap dirinya sudah sempurnah.

4. Bertemanlah dengan Teman-teman yang Membangun Bukan Menghancurkan!

Sering kali kita manusia ini, salah dalam memilih teman baik atau teman dekat. Tidak jarang kita malah terjerumus pada satu suatu masalah dikarenakan bergaul dengan teman-teman yang salah.

Teman-teman yang menghancurkan hidup kita. Gaya hidup yang berlebihan dari teman-teman yang kita anggap harus kita ikuti, membuat kita berakhir pada suatu keadaan dimana kita semakin tidak merasa tenang.

Atau yang hanya mengajak kita bersenang-senang semata lalu meninggalkan kita disaat kita hancur. Yang pada akhirnya membawa kita dekat kepada depressi.

Banyak contoh kasus akibat berteman dengan orang yang salah mengakibatkan kita terjerumus kepada permasalah pelik yang membuat kita depressi. Carilah teman yang baik yang bisa membangun kita.

Teman yang bisa mengsupport dan membuat kita berkembang. Teman yang bisa kita ajak tukar pikiran dengan dewasa, yang memberikan solusi nyata kepada kita.

Bukan teman yang memberikan harapan dan angan-angan palsu yang bersifat sementara. Yang bersifat hanya untuk pelarian kita sesaat namun tidak dapat membuat kita benar-benar terlepas dari masalah yang sedang kita hadapi.

Seperti kata pepatah berpegang pada kayu yang lapuk, maka kamu akan hanyut dibawah air bah. Hal ini berlaku juga pada hal mencari pasangan hidup kita.

Carilah pasangan hidup kita yang paling mengerti kita! Yang bisa menerima segala kekurangan dan kelebihan kita. Pasangan yang bisa membangun kita bukan pasangan yang dapat merongrong dan menghancurkan hidup kita.

5. Jauhi Obat-obatan Terlarang!

Karena itu hanya pelarihan sementara saja. Banyak dari kita yang mengkonsumsi obat-obatan terlarang atau Narkoba atau obat anti depresan disaat kita merasa tidak tenang dalam hidup kita.

Sedang merasa susah, sedang bersedih atau sedang dalam masalah. Namun banyak yang tidak paham, kalau obat-obatan itu bukan solusi nyata bagi kita.

Itu hanya pelarihan sementara saja. Obat-obatan terlarang hanya membuai kita kedalam dunia khayalan dimana kita berpikir kalau kita tidak lagi mempunyai masalah dalam hidup kita.

Tapi sampai kapan itu akan bertahan? Sampai kita benar-benar hancur? Karena masalah kita tetap ada bahkan malah bertambah dengan mengkonsumsi obat-obatan terlarang itu.

Bukannya hilang masalah kita dengan kita mengkonsumsi obat-obatan terlarang itu. Obat-obatan terlarang itu bukan jalan hidup jauh dari depresi. Karena itu hanya jalan potongan dari jalan yang harus kita lalui. Jalan yang sebenarnya yang harus kita hadapi setiap rintangan-rintangannya. Hanya membuat kita fly sementara disaat kita sedang tidak sadarkan diri, lalu jatuh tersungkur ketanah begitu hilang pengaruhnya.

6. Selalu Dekat dengan Keluarga!

Jangan pernah jauh dari yang namanya kekeluargaan! Keluarga. Disaat tidak ada orang lain didunia ini yang dapat membantu kita keluar dari masalah kita. Yang dapat menbuat kita nyaman dan hangat salah satunya adalah keluarga.

Kembalilah kepada keluarga kita. Keluarga. Suatu ikatan yang selalu dapat kita andalkan untuk tempat kita bekeluh kesah. Menumpahkan segala unek-unek yang ada didalam dada kita.

Tempat kita berpegangan disaat kita berada pada posisi paling bawah selama kita hidup. Yang membantu kita dan mencintai kita tampa syarat. Dengan adanya keluarga yang selalu baik dan harmonis, kita akan lupa kalau kita sedanga ada masalah diluaran sana.

Bahkan tanpa diminta pun mereka akan dengan senang hati untuk mencarikan kita jalan keluar dari segala permasalahan yang sedang kita hadapi. Bentuk keluarga bukan hanya kita dapat dari pertalian darah saja.

Keluarga juga bisa kita miliki dan kita dapati dari segala komunitas-komunitas yang membangun yang ada disekitar lingkungan kita yang bermasyarakat.

Dari komunitas-komunitas yang memiliki ketertarikan yang sama dengan kita. Contohnya, persatuan remaja masjid dan serikat tolomg menolong dilingkungan tempat kita tinggal. Grup-grup penulis. Perkumpulan-perkumpulan olah raga. Dan lain sebagainya.

Dari keluarga-keluarga yang kita miliki inilah, kita akan selalu bahagia. Selalu senang dalam menjalani keseharian kita dan apa bila kita menemukan masalah dalam hidup kita.

Mereka siap sedia, ringan tangan dan langkah untuk membantu kita. Membuat kita merasa selalu aman, karna kita tidak pernah takut akan datangnya masalah kepada kita.

7. Selalu Mendekatkan Diri kepada Tuhan yang Maha Pencipta!

Setiap benda ada creator dibaliknya. Begitu juga dengan kita manusia, ada yang telah menciptakan kita. Yaitu Tuhan yang Maha Sempurnah. Selalu yakinlah dengan hal itu! Ketika kita sudah mendekati kepada yang namanya depressi, cepat-cepat mengingat dan kembali kepada Tuhan.

Berdolah! Tapi lebih baik lagi kalau kita selalu dekat kepada Tuhan, bukan hanya ketika kita sedang dekat kepada depressi saja. Karena disini yang kita bahas bukan bagaimana cara mengatasi depressi, tapi cara menjauhkan depressi. Yakinlah! Tuhan punya jawaban dari segala permasalahan yang kita hadapi.

Kenapa? Karena tidak ubahnya dengan robot yang diciptakan ahli-ahli mekanik terbaik dunia yang tahu apa pun kendala yang sedang dihadapi robot buatan mereka.

Mereka punya buku panduan manual robot buatan mereka tersebut dan tahu harus berbuat apa dengan robot yang rusak apa bila robot itu rusak. Begitu juga dengan kita manusia, Tuhan yang menciptakan kita tentunya tahu betul dengan jawaban dari segala masalah yang sedang kita hadapi. Maka dari itu hati dan pikiran kita akan jadi tenang kalau kita selalu dekat kepada Tuhan yang telah menciptakan kita. karena kita yakin Tuhan akan selalu menjaga dan akan selalu memberikan solusi kepada kita dari jalan yang tidak pernah kita sangka-sangka sebelumnya.

Maka dari itu, percayalah kepada Tuhan! Karena Tuhan itu ada. Dan akan selalu menjawab setiap masalah dari kita yang sudah diciptakan-Nya.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin