6 Cara Bagaimana "Customer Journey" Bisa Membantu Bisnis dan Cara Membuatnya!

6 Cara Bagaimana "Customer Journey" Bisa Membantu Bisnis dan Cara Membuatnya!

"Anda mestilah memulai bisnis dengan cara bagaimana pelanggan memiliki kesan dan pengalaman (terhadap brand atau produk Anda) dan kembali berbisnis dengan memanfaatkan teknologi, bukan sebaliknya." - Steve Jobs

Sangat penting bagi Anda untuk memiliki data pelanggan yang dibangun dan diteliti dengan baik untuk memahami bagaimana target market dan meningkatkan profit dari bisnis atau perusahaan Anda.

Sangat penting bagi Anda untuk memiliki peta "Customer Journey".

Bagaimana Cara Peta "Customer Journey" Bisa Membantu Bisnis Anda? Langsung saja, Manfaat Customer Journey adalah:

  1. Meningkatkan profit bisnis Anda.
  2. Meningkatkan pengalaman pelanggan dengan brand Anda.
  3. Menghemat biaya promosi.
  4. Meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan brand Anda.
  5. Menghasilkan pergeseran sudut pandang dari perusahaan ke sudut pandang yang berpusat pada pelanggan.
  6. Membantu Anda untuk menargetkan persona dari pelanggan tertentu untuk mengarahkan rencana pemasaran yang selaras dengan identitas mereka secara spesifik.

Namun, memahami pelanggan dan ketentuannya secara spesifik tidak bisa menjadi sebuah pekerjaan yang mudah.

Memang, bisa jadi sulit bagi perusahaan atau bisnis Anda untuk memahami apa yang diinginkan dan apa yang tidak diinginkan dari pelanggan Anda.

Anda bisa penasaran dan bertanya-tanya kenapa calon pelanggan Anda menghabiskan waktu yang lama untuk melihat-lihat pilihan produk yang Anda sajikan, menambahkan produk belanjaan ke keranjang mereka, lalu menutup browser tab. Atau mengapa pelanggan Anda mengambil banyak langkah untuk pindah dari Point A ke Point B ketika, idealnya, seharusnya mereka akan mendapatkan lebih dari satu barang.

Alasannya bisa banyak.

Salah satu alasan tersebut bisa jadi adalah karena tidak adanya rencana "Customer Journey" Pelanggan didalam bisnis atau perusahaan Anda.

Apa itu "Customer Journey?"

Customer Journey adalah sebuah prosedur di mana pelanggan berinteraksi dengan bisnis Anda untuk mencapai target yang Anda inginkan.

Customer Journey adalah sebuah representasi visual dari setiap pengalaman yang dimiliki oleh pelanggan dengan bisnis Anda.

Customer Journey adalah sebuah hal yang membantu untuk menceritakan kisah pengalaman pelanggan dengan brand Anda - dari keterlibatannya sejak awal mula hingga - dengan sedikit keberuntungan - menjadi customer loyal dari brand Anda.

Peta "customer journey" sering kali dibuat berdasarkan pada timeline dari sebuah peristiwa, contohnya seperti kontak awal mereka dengan situs web Anda, bagaimana cara mereka beralih untuk menggunakan produk pertama mereka, pembelian dan banyak lagi hal lainnya.

Customer Journey membantu untuk mem-Visualisasikan perjalanan pelanggan sebagai peta jalan yang mencakup setiap kemungkinan yang akan terjadi pada bisnis Anda.

Sudah memahaminya? Sekarang saatnya Anda untuk mengambil langkah-langkah penting dibawah untuk menyiapkan peta "Customer Journey" Anda untuk mendapatkan audiens online Anda.

Cara Membuat Peta Perjalanan Pelanggan - 10 Langkah Kunci

  1. Tentukan target market Anda.
  2. Buat persona pembeli berdasarkan riset yang Anda lakukan. Misalnya dengan melakukan wawancara dengan target market Anda.
  3. Memetakan jalur dengan titik poin utama.
  4. Peta yang menggambarkan bagaimana keadaan saat ini.
  5. Memetakan gambaran keadaan bisnis di masa depan.
  6. Pelajari kompetitor bisnis Anda untuk mencari tahu di mana mereka meng-klik dan tidak.
  7. Berdasarkan studi, tentukan platform untuk Anda gunakan.
  8. Cari tahu bagaimana kisah brand Anda dihadapan audiens dan buatlah rencana afinitas.
  9. Buat perencanaaan konten dengan garis waktu yang telah ditetapkan.
  10. Bagikan konten.

Jika Anda ingin memahami bagaimana kepribadian pelanggan agar Anda bisa memiliki keterlibatan yang lebih baik dengan mereka, meningkatkan profit bisnis dan hasil yang luar biasa, maka selesaikan hal diatas, buatlah Peta "Customer Journey" Anda sekarang juga. Tanpa tapi, tanpa nanti.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Content Writer, Copywriter, Internet & Affiliate Marketer di CaraBisnisOnline.Net

Recent Articles
Apr 6, 2020, 1:37 AM - Deni Riyandi
Apr 5, 2020, 1:02 PM - Andria Ranti
Apr 5, 2020, 10:15 AM - Singgih Tri Widodo
Mar 30, 2020, 2:11 PM - Shinta Kusuma
Mar 30, 2020, 2:01 PM - Indraz