5 Tips Menulis Artikel Menarik dan Dibayar Mahal

5 Tips Menulis Artikel Menarik dan Dibayar Mahal

Di jaman serba internet seperti sekarang ini, kebanyakan orang lebih memilih mengakses informasi melalui situs internet. Hal tersebut semakin mendorong banyak situs-situs baru. Peluang Anda untuk menjadi  penulis konten  atau penulis artikel semakin terbuka lebar.

Jika Anda baru saja terjun ke dunia,  penulis konten , tentu saja akan sangat sulit untuk menulis artikel yang menarik dan menghasilkan bayaran yang tinggi. Berikut ini saya akan membantu Anda memberikan tips menulis artikel yang menarik dan dibayar mahal.

1. Mempelajari SEO, EYD / PUEBI

Beberapa iklan lowongan pekerjaan menulis artikel yang saya temui, sering sekali diharuskan bisa menulis sesui EYD dan mengerti SEO. Pemilik situs web biasanya juga akan membayar mahal penulis artikel yang SEO  friendly .

EYD (ejaan yang disempurnakan) / PUEBI (pedoman umum ejaan bahasa indonesia) dapat dipelajari secara online atau membaca versi buku cetaknya. Dengan mempelajari EYD, artikel Anda akan terlihat profesional dan tidak asal-asalan.

SEO (optimisasi mesin pencari) diperlukan agar artikel bisa ditempatkan di halaman pertama mesin pencari seperti GOOGLE. Setiap orang akan lebih tertarik membaca artikel di halaman pertama GOOGLE dari pada halaman ke dua atau ketiga.

Selain memperhatikan SEO, Anda juga perlu memperhatikan  kata kunci dan memastikan artikel tulisan Anda enak dibaca ( ramah manusia ) dan terlihat alami. Karena pembaca utama Anda bukan mesin melainkan manusia. Anda dapat belajar tentang SEO secara online.

Biasanya pembaca situs internet tidak nyaman berlama-lama di depan layar HP atau komputer. Untuk itu Anda juga perlu memilih kata yang tepat dan tidak bertele-tela. Jumlah kata dalam satu artikel harus disesuaikan, tidak terlalu sedikit ataupun banyak.

2. Menulis artikel dengan topik yang sedang viral atau populer sepanjang masa.

Pembaca di dunia maya akan lebih tertarik membaca artikel yang sedang hangat diperbincangkan pada waktu itu. Untuk itu pemilihan topik yang sedang viral juga dibutuhkan. Selain itu Anda juga bisa menulis artikel dengan topik yang populer sepanjang masa dan tidak terkait waktu-waktu tertentu.

Artikel viral seperti jenis berita terbaru. Sementara artikel populer sepanjang masa mengandung tips dan trik atau bagaimana cara.

Selain menulis artikel dengan topik yang hangat, Anda juga perlu membuat judul artikel yang menarik. Pembaca yang sedang berada di mesin pencari akan lebih memilih artikel yang menarik judulnya dari pada judul yang biasa saja.

3. Rajin melakukan riset sebelum menulis.

Penulis artikel yang bisa menulis berbagai jenis topik akan mendapat lebih banyak peluang untuk diterima di berbagai situs web. Rajin melakukan penelitian dari tulisan lain sebelum menulis artikel, akan meningkatkan pengetahuan tentang berbagai topik dan juga menambah kosa kata Anda.

Riset sebelum menulis artikel juga bermanfaat agar artikel yang Anda tuliskan tidak asal-asalan dan bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

4. Belajar seni mengolah kata.

Jika Anda menulis artikel dengan mengambil referensi dari tulisan lain, Anda perlu belajar seni mengolah kata. Hal itu agar artikel Anda terhindar dari plagiat dan terlihat unik. Anda dapat meningkatkan seni mengolah kata dengan banyak membaca dan menulis.  

Meniru ide tulisan lain bisa Anda lakukan, namun Anda harus menuangkannya dengan gaya bahasa sendiri dan menuangkannya sesuai pemikiran sendiri. Artikel yang asli dan unik akan semakin menarik para pembaca. 

5. Menulis artikel berbahasa inggris

Artikel berbahasa Inggris akan dapat dibaca hingga ke luar negeri. Hal ini akan semakin meningkatkan kunjungan situs web atau blog Anda. Semakin banyak pengunjung akan semakin banyak penghasilan Anda.

Gaji untuk  penulis konten  bahasa Inggris juga lebih mahal dari pada bahasa Indonesia. Apalagi jika Anda bisa menulis untuk situs web luar negeri, mereka akan membayar Anda dengan dolar. Dapat dibayangkan nilai tukar dolar yang lebih tinggi akan semakin menambah penghasilan Anda.

Demikian tadi 5 tips menulis artikel menarik dan dibayar mahal. Anda dapat mencoba menerapkan langkah-langkah tersebut ke dalam tulisan Anda. Namun perlu untuk semuanya tidak bisa dicapai secara instan. Anda perlu selalu mengasah kemampuan menulis. Semakin sering menulis akan semakin baik pula hasil tulisan Anda. Selamat mencoba.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

content writer dari purbalingga jawa tengah

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 7, 2020, 12:42 AM - Dzabillah Widza Rahmania
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 24, 2020, 3:20 PM - Akhmad Fauzi
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma