5 Teknik Rahasia untuk Membunuh Keinginan Merokok

5 Teknik Rahasia untuk Membunuh Keinginan Merokok

Merokok adalah fenomena umum dalam keseharian kita, dan kita sering melihat banyak orang menelan asap rokok ke dalam tubuhnya dengan penuh nikmatnya. Rokok bagi penikmatnya adalah hobi dan sangat disayangkan bahwasanya itu hobi yang buruk..ya sangat buruk.

Mungkin..mungkin ya, merokok itu memberikan rasa fresh untuk sementara waktu bagi sang penikmat rokok, namun asap rokoknya itu tidak mengenakkan alias berbahaya bagi orang disekitarnya.

Tembakau telah lama terdaftar sebagai karsinogen tingkat nasional, dan di bungkus rokoknya juga dengan jelas dinyatakan: "Merokok berbahaya bagi kesehatan".

Ilmu kesehatan telah lama membuktikan bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, dan itu adalah salah satu penyebab utama kanker paru-paru. Menurut statistik, lebih dari dua pertiga kanker paru-paru di seluruh dunia disebabkan oleh merokok. 

Merokok tidak hanya membahayakan bagi dirinya sendiri, sang perokok.. tetapi juga memengaruhi kesehatan anggota keluarga dan orang lain disekitarnya, karena perokok pasif juga dipengaruhi kesehatannya dan ini juga meningkatkan risiko kanker paru-paru. Karena itu, orang yang merokok harus sadar sesegera mungkin, perhatikan perubahan dalam tubuh Anda.

Jika Anda suka merokok, dan Anda merasakan memiliki 3 rasa sakit di tubuh Anda, itu berarti paru-paru Anda tidak sehat, dan Anda disarankan untuk segera berhenti merokok!

Ketiga rasa sakit tersebut adalah:

1. Sakit Bahu 

Banyak orang tidak tahu hubungan antara nyeri bahu dan penyakit paru-paru. Faktanya, ada semacam nyeri bahu yang mungkin mengindikasikan bahwa paru-paru tidak sehat dan beberapa masalah yang telah terjadi. Ini karena kondisi ujung paru-paru berada jauh dari bronkus, dan saraf-saraf di sekitarnya, banyak yang terhubung ke bahu. 

Jika ada masalah di paru-paru, sangat mudah untuk menekan tabung bronkial dan saraf perifer. Karena itu, nyeri bahu dan nyeri otot bahu dapat terjadi.

2. Sakit Dada. 

Ada rasa sakit yang tidak teratur di dada, dan akan terasa sakit saat bernafas. Saat ini, kita harus memperhatikan apakah ada masalah di paru-paru. Jika berkembang lebih lanjut, maka itu akan menjadi rasa sakit yang menyakitkan. Saat ini, masalahnya lebih serius. Bagi orang yang sering merokok, ketika hal ini terjadi pada dada, mereka perlu diperiksa tepat waktu, dan sangat dikhawatirkan bahwasanya paru-paru mereka mungkin sudah tidak sehat lagi.

3. Sakit Tenggorokan. 

Banyak perokok akan batuk sebelum tidur dan ketika bangun di pagi hari, dan mereka juga akan menderita sakit tenggorokan dan suara yang menjadi serak. Hal Ini sebenarnya berbahaya bagi tubuh manusia dimana hal ini disebabkan oleh racun asap. 

Jika ini terjadi, dan belum hilang dalam jangka waktu tertentu, dilanjutkan dengan rasa sakit di tenggorokan yang secara bertahap menjadi semakin memburuk, maka hal ini pertanda bagi Anda bahwasanya paru-paru Anda tidak sehat alias kritis, dan tindakan yang terbaik adalah segera pergi ke rumah sakit agar dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap paru-paru Anda.

Efek merokok pada tubuh tidak terbatas pada 3  hal yang telah disebutkan di atas. Merokok ini memiliki efek ke seluruh tubuh. Padahal, banyak orang yang merokok tahu akan bahaya merokok, tetapi mereka mungkin masih beruntung saat ini...Ingat baik-baik ya..saat ini saja !!!

Satu hal yang perlu diketahui bahwasanya setiap orang hanya memiliki satu kehidupan saja, oleh karena itu lebih baik berhenti merokok sesegera mungkin. Berhenti merokok tidak hanya baik untuk kesehatan Anda sendiri, tetapi juga menciptakan kebahagiaan bagi keluarga dan teman.

Tentu saja, sudah menjadi rahasia umum bahwasanya berhenti merokok itu merupakan hal yang sangat sulit. Oleh karena itu, sang perokok harus melakukan persiapan psikologis dan fisik yang mumpuni, mengasah dan mempertegas kemauan untuk berhenti merokok, serta dengan sangat tegas percaya bahwa “Saya pasti berhasil berhenti merokok..” 

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk merokok:

1. Secara bertahap mengurangi kebiasaan merokok. 

Ketika Anda berusaha untuk berhenti merokok, jangan berhenti secara spontan, tetapi tetapkan target yang sederhana saja terlebih dahulu, dan secara bertahap baru mulai mengurangi frekuensi merokok, dan akhirnya mencapai target utama yaitu berhenti merokok.

Metode ini sangat efektif, teknik ini disebut dengan "small step and run". Misalnya, sebungkus rokok seharusnya dihisap sehari. Setelah berhenti merokok, dapat diatur menjadi dua bungkus rokok selama tiga hari. Setelah jangka waktu tertentu, dapat disesuaikan dengan sebungkus rokok selama dua hari. Secara bertahap mengurangi jumlah merokok, dan akhirnya mencapai berhenti merokok total. 

Berhenti merokok secara bertahap dapat sangat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh berhenti merokok secara mendadak.

2. Hindari berada dalam kondisi sendirian. 

Berhenti merokok sebenarnya adalah ujian dari keinginan Anda. Setelah Anda memutuskan untuk berhenti merokok, maka Anda harus memaksanya, dan tidak boleh menyerah di tengah jalan. Dan biasanya banyak orang yang tidak tegas terhadap dirinya sendiri, dan sulit bagi mereka untuk berpegang teguh kepada janji yang telah mereka ikrarkan kepada dirinya sendiri. 

Karena itu, carilah teman atau keluarga yang dapat melakukan pengawasan selama proses “stop smoking’ berlangsung, karena hal ini lebih efektif dalam keberhasilan usaha berhenti merokok ini.

Dan cobalah untuk tidak bergaul dengan teman-teman yang hobi merokok, ini akan dengan mudah menyebabkan timbulnya kembali kecanduan untuk merokok.

3. Perbanyak Aktifitas. 

Dalam proses berhenti merokok, Anda harus selalu berusaha untuk menyibukkan diri, mengisi berbagai jadwal, dan membuat diri Anda  selalu nyaman dan bahagia. Anda bisa makan bersama teman, menambah beban kerja, berolahraga, dan berbelanja. Tentu saja, hal terpenting adalah menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga Anda. Dan ini adalah pilihan yang paling ideal. 

Singkatnya, tetaplah sibuk dan lakukan hal-hal yang lebih bermanfaat, dimana dapat menghilangkan stres dan mengurangi keinginan Anda untuk merokok.

4. Jangan makan rempah-rempah. 

Jangan makan rempah-rempah, seperti lada, cuka, mustard, dan saus tomat, selama berhenti merokok. Karena makanan ini mudah merangsang keinginan untuk kembali merokok. 

Berhentilah juga meminum kopi pada saat yang sama ketika Anda berhenti merokok. Ini akan bekerja lebih efisien. Selain berhenti minum kopi, jangan minum alkohol. Karena alkohol dapat melemahkan mental Anda, dan sangat tidak kondusif dalam proses penghentian merokok.

5. Perkuat diet Anda dan konsumsi makanan/minuman sehat. 

  • Minumlah lebih banyak teh. 

Katekin yang spesifik dikandung oleh teh memiliki efek yang sangat baik untuk membantu berhenti merokok. Secara efektif dapat mengurangi endapan racun asap dalam tubuh. Minum lebih banyak teh selama berhenti merokok juga dapat mengurangi ketidaknyamanan selama berhenti merokok. 

Pada saat yang sama, teh memiliki efek diuretik dan detoksifikasi. Ini juga dapat mengeluarkan racun tembakau yang terakumulasi dalam tubuh dengan urin. Dari semua teh, pilihan terbaik adalah teh hijau. 

  • Makan lebih banyak jamur putih. 

Jamur putih/Tremella mengandung sejumlah besar elemen pelacak seperti vitamin D dan selenium. Ini memiliki efek yang sangat baik dimana dapat melembabkan paru-paru, mengurangi dahak, menghilangkan batuk dan mengi, dan secara efektif dapat melindungi paru-paru dan saluran bronkial. 

Makan lebih banyak Tremella selama berhenti merokok sangat bermanfaat untuk pemulihan tubuh dan juga dapat secara efektif meringankan gejala ketidaknyamanan tenggorokan yang disebabkan oleh berhenti merokok.

  • Sering makan rumput laut. 

Para peneliti telah menemukan bahwa makan lebih banyak makanan yang mengandung alkali dapat mengurangi keinginan untuk merokok. Anda dapat makan rumput laut 3 sampai 4 kali seminggu dan hal ini sangat membantu untuk berhenti merokok.

  • Konsumsi buah prem

Perokok dapat memakan buah prem ketika timbul keinginan untuk  merokok. Satu buah prem, efeknya lebih tahan lama. Terutama dalam 3 bulan pertama setelah proses berhenti merokok dimulai.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments
Hakimin - Jan 21, 2020, 9:07 PM - Add Reply

Syukur saya tidak merokok

You must be logged in to post a comment.

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Berbagi artikel kepada orang lain, itu menyenangkan...jika artikel itu dibaca orang lain, itu membahagiakan....

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma