5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Agar Lari Gak Gampang Capek

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Agar Lari Gak Gampang Capek

Lari atau berlari adalah metode mahluk hidup untuk bergerak yang memungkinkan manusia dan binatang bergerak dengan cepat menggunakan kaki. Lari adalah cara yang lebih cepat untuk bergerak dibandingkan dengan berjalan. Lari juga merupakan salah satu cabang olahraga tertua di dunia. Sebelum menjadi sebuah cabang olahraga, lari sudah dikenal oleh peradaban-peradaban manusia kuno.

      Lari memiliki banyak sekali manfaat, seperti dapat membakar kalori tubuh, memperlancar aliran darah, menambah kebugaran tubuh, bahkan dapat menyehatkan jantung. Tapi seringkali kita malas berlari karena satu alasan yang sangat umum yaitu capek. Memang, karena berlari memerlukan energi yang cukup banyak dari tubuh kita dan memforsis tenaga, selain itu berlari sama dengan menopang dua kali berat badan kita jadi capek adalah hal wajar yang dirasakan setelah berlari.

      Tapi, ada cara-cara yang bisa kamu lakukan agar larimu berikutnya jadi gak mudah capek, yuk simak cara-cara berikut ini.

1.  Lakukan pemanasan sebelum lari

      Pemanasan memang sangat diperlukan sebelum melakukan olahraga apapun, termasuk lari. Karena pemanasan dapat menghindari cidera saat berlari dan juga dapat menambah kesiapan otot-otot kaki yang akan kita ajak lari. Pemanasan yang dilakukan hanya gerakan-gerakan sederhana pada kaki bukan pemanasan yang lebih berat seperti pada olahraga lainnya.

2.  Pastikan mimum sedikit air putih

      Minum air putih juga diperlukan sebelum lari untuk menambah energimu dan juga sebagai cadangan cairan tubuh supaya gak gampang capek saat berlari, hanya saja yang perlu diingat kamu hanya meminumnya sedikit saja seperti satu kali tegukan.

3.  Berlari menggunakan kaki bagian depan

      Cara ini merupakan cara yang paling dasar dan paling penting supaya lari gak gampang capek. Yang harus kamu lakukan adalah berlari menggunakan kaki bagian depan sebagai tumpuan bukan bagian seluruh telapak kaki yang jadi tumpuan. Mudahnya posisikan kakimu agak berjinjit dan mulailah berlari, maka yang akan kamu rasakan larimu akan semakin ringan dengan tumpuan kaki bagian depan.

4.  Atur nafas sesuai dengan langkah kakimu

      Berikutnya saat berlari, yang jadi keluhan banyak orang adalah kesulitan untuk mengatur nafas sehingga banyak yang tidak kuat. Maka dari itu, kamu harus mengatur dan menyelaraskan tarikan dan hembusan nafasmu seiring langkah kaki. Contohnya seperti satu kali tarikan nafas disesuaikan dua atau tiga langkah kakimu dan begitupula saat menghembus nafas juga disesuaikan dengan dua atau tiga langkah kaki. Jadi satu kali tarikan dan hembusan nafas sama dengan empat atau enam langkah kaki.

5.  Posisikan tubuhmu condong ke depan

      Saat berlari, satu hal yang juga penting yaitu pastikan agar posisi tubuhmu condong kedepan, dan jangan membungkuk karena dengan posisi condong ke depan akan semakin mudah untuk mengatur nafas dan akan terasa lebih ringan dibandingkan dengan posisi tegap atau malah membungkuk.

      Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan agar lari gak gampang capek dan dapat lebih lama dalam berlari. Selain kelima cara diatas kamu bisa lakukan dengan menargetkan jarak atau durasi larimu sebagai motivasimu dalam berlari.

Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Catatan:

Artikel Belum Dimonetisasi



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 7, 2020, 12:42 AM - Dzabillah Widza Rahmania
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 24, 2020, 3:20 PM - Akhmad Fauzi
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma