5 Cara Untuk Menemukan Kembali Ide yang Hilang Menulis Artikel

5 Cara Untuk Menemukan Kembali Ide yang Hilang Menulis Artikel

Ide itu seperti rejeki, kadang ada banyak, kadang juga sedikit, bahkan nyaris tidak ada. Kondisi mandeknya sebuah ide itu sebuah keniscayaan. Hampir setiap orang mengalaminya. Tergantung mood masing-masing orang. Tapi jangan mau kalah sama mood jelek.

Menulis artikel yang baik perlu banyak ide dan inspirasi. Jika tidak ada, maka susah sekali rasanya menuliskan sepatah katapun. Tapi kondisi demikian tidak bisa dibiarkan berlarut begitu saja. Segeralah cari solusi.

Karena menulis artikel kini yang dimaksud sebagai sumber penghasilan sampingan bahkan utama. Terlebih masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang, menulis artikel online sangat WFH-able. Bisa dikerjakan dan tetap produktif dari rumah.

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kehilangan ide menulis:

1. Jika tidak ada ide dilayar gadget mu, maka segera cari ide di tempat lain

Ponsel pintar menjadi sumber informasi luas dari seluruh dunia, dengan lebih praktis, ekonomis dan sebagainya. Meski keabsahan informasi tersebut diragukan, tergantung penggunanya. Juga tidak menjamin ribuan ide terus mengalir setiap saat dari gadgetmu.

Jika hanya scrool-scrool layar smartphone tak berfaedah. Maka segera rehat dan menjauh dari gadget. Karena itu sangat menghabiskan waktu. Sementara tujuan kita semua produktif. Masa masih mau buang-buang waktu.

Segera mungkin cari ide di tempat lain. Tapi bukan berarti harus keluar rumah, kecuali jika masa Pandemi Covid-19 ini sudah selesai. Jadi cari ide dimana?

Coba sesaat tenangkan diri. Tanyakan pada dirimu "apa, mengapa aku begini?" Apa keresahan mendalam pada dirimu sendiri? Kembangan rasa penasaranmu. Jadilah orang yang paling kepo sedunia. Lihatlah sendok; mengapa dia meliuk-liuk, kenapa tidak makan pakai sedotan saja, tokh akhirnya makanan dikunyah juga dan jadi encer. Lalu dapati dirimu dengan keadaan "ternyata ilmu saya masih sedikit, masih banyak sesuatu yang belum diketahui"

Langsung saja ingat dan catat ide sekecil apapun yang didapat. Kemudian cari informasi pendukung lainnya di sumber terpercaya terkait ide kamu. Perlu kamu ketahui, saat menulis artikel tugas kamu sebenarnya tidak terlalu berat. Terutama temukan ide apa yang ingin kamu tulis. Sementara materinya bisa didapat dari referensi dan diolah sesuai sudut pandangmu. Selama tidak menduplikat keseluruhan, maka cara ini bagus dilakukan.

2. Segera eksekusi ide yang muncul, meski dirasa kurang "fantastis"

Apalah arti fantastis, sementara tidak produktif. Jangan sampai kita menargetkan sesuatu yang tinggi, sementara target-target kecil dan jangka pendek tidak mampu terlaksana.

 

Tokh, tidak ada salahnya menulis artikel tentang cara merebus air. Namun ditambah gaya kamu yang asik. Misalnya merebus air dengan setrika atau alat tidak mainstream ala anak kos. Nah, itu contoh saja. Semoga kamu dapat menangkap maksudnya.

3. Matikan media sosial?

Citra media sosial sudah kadung jelek bagi sebagian orang. Tapi perlu kamu tahu, media sosial tidak selamanya buruk. Hal tersebut tergantung dari lingkaran orang-orang yang terhubung denganmu di media sosial. Isi linimasa kamu sedikit banyaknya tergantung aktivitasmu di media sosial.

Maka itu jangan sembarangan mengikuti atau memberi tanda suka di media sosial. Jika akun media sosial kamu hanya mengikuti konten yang baik dan bermanfaat saja maka isi timeline kamu akan lebih kondusif, sukur-sukur menginspirasi.

Tapi bila isi timeline kamu "sampah" semua. Maka lebih baik berhenti dulu akses media sosial. Dan cari ide di tempat lain. Ini juga sorotan bagi platform media sosial yang suka menyajikan atau saran akun maupun konten untuk diikuti berdasarkan popularitas dan kedekatan wilayah. Tanpa mempertimbangkan kualitas konten.

4. Cari tempat yang tenang

Saat sedang menulis artikel di laptop maupun gadget lainnya. Kerap sekali dikira orang hanya main-main hp atau game aja. Dan suasana jadi tidak kondusif.

Kami perlu sebuah privasi untuk menemukan ide menulis artikel yang baik. Bila keterbatasan tempat, maka mintalah pada orang sekitarmu untuk tenang dan jangan mengganggu. Lakukan dengan persuasi yang baik.

5. Jangan segan untuk menekan diri sendiri

Pekerjaan menulis artikel sering disangkakan sebagai kegiatan santai. Dilihat orang juga kesannya sebagai pemalas, dirumah aja mainan gadget mulu. Nah, jangan terbuai dengan stigma ini.

Kita boleh kerja santuy, tapi tetap produktif. Berhasil tidaknya usaha kita, tergantung perjuangan kita. Jangan terlalu mengasihani diri dengan bermalas-malas. Secara fisik boleh saja tidak berkeringat, tapi otak yang bekerja.  Sesekali perlu menekan diri sendiri untuk lebih produktif. Atau kamu tidak akan dapat apapun.

Demikian 5 Cara Untuk Mengembalikan Ide yang Hilang Untuk Menulis Artikel. Tentunya caranya bisa lebih dari lima. Tapi inilah yang sejauh ini saya pribadi lakukan jika sedang tidak ada ide menulis.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

LUV LUV LUV

Popular This Week
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin