5 Amalan Dasar Yang Wajib Diketahui Para Youtuber Pemula 2020. Jangan Dibaca!

5 Amalan Dasar Yang Wajib Diketahui Para Youtuber Pemula 2020. Jangan Dibaca!

Berdasarkan info yang saya temukan, hanya beberapa persen manusia dimuka bumi ini yang memiliki akun youtube. Kebanyakan manusia yang bertebaran diatas muka bumi berprofesi sebagai penonton youtube. Dikalangan dewasa, remaja, tingkat sekolah dasar hingga bayi pun sekarang dilalaikan dengan yotube.

Berdalih supaya anak bayi tidak rewel dan meyakini kecerdasaan bayi dapat meningkat dengan konten-konten “smart baby”. Jika anaknya tingkat sekolah dasar, kebanyakan orang tua beralasan supaya anak mereka tidak ketinggalan informasi dan perkembangan zaman maka anaknya mesti diberi kebebasan menonton video-video non filter diplatform raksasa itu.

Sehingga secara tidak langsung dan tanpa kita sadari semua kalangan manusia sekarang, baik orang kaya, ekonomi tingkat menengah hingga orang yang susah mencari makan sekalipun rela membeli paket internet untuk bisa menonton video-video kesukaannya diyoutube.

Namun dibalik kebiasaan menonton youtube, ada juga sebagian kecil manusia yang lagi sangat serius ingin memanfaatkan youtube sebagai tempat mencari penghasilan. Disini saya akan menjelaskan 5 poin dasar yang harus diamalkan oleh para youtuber pemula supaya channelnya berhasil dan terus berkembang.

1. Rutin Upload

       

Algoritma terbaru youtube adalah menginginkan youtubernya untuk upload video sesering mungkin dan konsisten tentunya. Untuk mengawali  perjuanganmu sebagai youtuber kamu mampu upload 1 video per hari,  dua hari sekali atau dalam satu minggu 3 video. Jika kamu masih juga merasa sulit minimal upload 1 minggu 1 video konten. Masih juga berat? Maka pertimbangkan lagi tentang keseriusan kamu!  

2.  Fokuskan Topik Konten

Materi yang kamu bahas dalam video kamu jangan melebar kemana-kemana. Tentukan satu sub tema yang ingin kamu bahas dalam chanel mu. Semakin runcing tema yang kamu fokus maka semakin baik.

Misalnya kamu ingin membahas tema futsal. Maka fokuslah tentang dunia futsal. Tentang bola futsal, ukuran lapangan fustal, pelanggaran dan aturan bermain futsal, lomba futsal tingkat nasional atau internasional, dan hal-hal lain yang masih menyangkut dengan futsal.

      

Fokus pada satu tema konten ini dapat membantu kamu mendapatkan subscriber yang setia. Kamu akan menemukan lingkaran penonton yang hobi main futsal atau penonton yang sedang belajar tentang teori futsal.

Kamu dapat memperlebar tema konten chanel mu setelah subcriber ribuan dan ratusan ribu. Namun untuk mencari  jumalh subscribe minimal monetisasi sama pihak youtube, lakukanlah apa yang saya sarankan!

3. Jangan Beli Subsribe

Algoritma youtube yang sedang berlaku sekarang (2020) semakin sulit daripada tahun-tahun sebelumnya. Pihak youtube akan memonetisasi akun chanel jika memenuhi dua syarat. Salah satu syaratnya chanel yang sudah memiliki minimal 1000 subcribe.

Meningkatkan subscribe dapat dilakukan dengan berbagai cara “pintas”. Namun hal tersebut merupakan sebuah cara yang tidak hormat dan bermartabat. Mencari subscribe yang setia bisa dilakukan minimal dengan beberapa langkah berikut:

  1. Membuat konten sekreatif mungkin
  2. Durasi video sekitar 30 menit, semakin panjang durasinya semakin baik.
  3. Menuliskan kata kunci pada judul konten
  4. Mencantumkan minimal 20 hastag setiap upload video
  5. dan yang terakhir bersabarlah, serta terus belajar meningkatkan kualitas konten dan editing dari setiap video.

4. Youtube mu Adalah Galerimu

Dalam membuat konten youtube kamu harus menumbuhkan rasa cinta terhadap chanelmu, baik dari segi editing, konten dan segala hal yang berhubungan dengannya. Ketika kamu menganggap chanel kamu sebagai galeri. Kamu akan menyusun barang-barang kamu dengan rapi, indah tanpa memikirkan kapan akan berpenghasilan lewat galeri tersebut.

Perasaan yang saya deskripsikan diatas perlu kamu miliki supaya kamu tidak stress karena subcribe belum bertambah-bertambah, view masih dua orang dan target-target lainnya yang belum bisa berkembang secara signifikan.

Kamu juga harus yakin, sang youtuber sejati yang telah mendapatkan monetisasi pasti telah melawati masa-masa perjuangan yang begitu membebankan.

5. Mulai Sekarang

Hal yang tidak kalah penting yang mesti kamu amalkan adalah memulai membuat chanelnya. Banyak diantara manusia yang ingin menjadi sesuatu atau memiliki sesuatu namun susah memulai perjuangannya.

          

Jadi Buktikanlah kamu serius dengan rencana yang kamu inginkan dengan mendaftar akun youtube setelah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat :). 



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Feb 7, 2020, 12:42 AM - Dzabillah Widza Rahmania
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 24, 2020, 3:20 PM - Akhmad Fauzi
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma