4 Cara Unik Menjaga Tubuh tetap Sehat dan Bugar dalam Segala Kondisi

4 Cara Unik Menjaga Tubuh tetap Sehat dan Bugar dalam Segala Kondisi

Seringkali bagian tersulit dari menjaga tubuh tetap bugar dan kuat adalah mengikuti perencanaan dalam berolahraga. Untuk menjaga tubuh agar selalu bugar dan kuat, maka pilihlah kegiatan yang sesuai dengan kepribadian Anda.

Apakah Anda suka bermain di tim atau bermain solo? Apakah Anda lebih suka pergi ke gym atau berjalan-jalan di taman? Apakah Anda suka seni bela diri atau bermain bola kaki? Apakah anda suka jogging atau bermain baseball?

Apa pun yang Anda suka lakukan, usahakanlah memiliki aktivitas yang dapat dipilih untuk membantu menjaga tubuh dalam kondisi yang baik. Dengan terjaganya kondisi tubuh lahir batin, akan menunjang aktivitas rutinitas Anda sehari-hari.

1. Mengevaluasi Tingkat Kebugaran dan Tujuan Anda

1.1 Ketahuilah tingkat kebugaran Anda saat ini.

Pertimbangkan untuk menjalani pemeriksaan fisik sebelum memulai program olahraga apa pun. Ini merupakan hal yang harus dilakukan tanpa dapat ditawar lagi jika Anda memiliki masalah medis, terutama yang berkaitan dengan jantung, paru-paru, ginjal, atau sendi.

Semakin tua usia Anda, semakin penting untuk menemui dokter sebelum memulai olahraga yang sedang atau berat.

Jika Anda sudah berhenti merokok dalam enam bulan terakhir, Anda juga harus mempertimbangkan kunjungan ke dokter sebelum memulai rutinitas olahraga .

Ingatlah bahwa Anda tidak perlu malu dengan kondisi kesehatan Anda saat ini. Karena segala yang anda lakukan saat ini adalah untuk kebaikan Anda di masa yang akan datang!

Claudia Carberry, seorang Ahli Diet Terdaftar, merekomendasikan: "Untuk menjaga tubuh Anda agar selalu bugar dan kuat, lakukanlah latihan kekuatan otot setidaknya 2 hari per minggu dan usahakan latihan kardio yang dilakukan hampir setiap hari jika ada kesempatan dan waktu." Lakukan secara santai,  jangan terlalu memaksakan diri jika tubuh Anda mengalami keletihan. Istiratlah sampai tubuh Anda kembali dalam kondisi normal kembali.

1.2 Pilih tingkat kebugaran target Anda. 

Usahakanlan untuk mengetahui tingkat kebugaran yang ingin di capai. Mengetahui tujuan yang ingin dicapai akan membantu Anda tetap termotivasi untuk berolahraga.

Kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan mengharuskan Anda mempertahankan tingkat kebugaran minimum untuk usia Anda dan juga untuk mengurangi risiko penyakit yang dapat disebabkan oleh kurangnya berolahraga atau nutrisi yang buruk.

Tingkat kebugaran yang berhubungan dengan kinerja berkaitan dengan  kegiatan yang ingin Anda lakukan. Beberapa pekerjaan, seperti pemadam kebakaran, membutuhkan tingkat kebugaran yang lebih tinggi, seperti halnya juga beberapa kegiatan olahraga rekreasi, seperti hiking, bersepeda dengan jarak yang jauh, lari santai sambil kulineran, dll.

1.3 Tetapkan tujuan untuk kesehatan aerobik Anda.

Latihan aerobik membuat sistem kardiovaskular tubuh - jantung dan paru-paru - lebih efisien dalam menggunakan dan mendistribusikan oksigen melalui darah. Dilansir dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat, orang Amerika usia 18-64 tahun disarankan untuk melakukan setidaknya 2 ½ jam latihan aerobik intensitas sedang per minggu.

Intensitas sedang didefinisikan sebagai aktivitas apa pun yang membakar sekitar lima kalori per menit.

Lakukanlah  aktivitas selama setidaknya sepuluh menit pada suatu waktu, namun harus diingat bahwasanya interval yang lebih pendek tidak akan memberikan manfaat yang sama.

1.4 Tetapkan tujuan kekuatan dan ketahanan Anda. 

Latihan kekuatan dirancang untuk meningkatkan daya tahan Anda (berapa lama Anda bisa berolahraga) dan untuk membuat otot Anda lebih besar dan lebih kuat. Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan kekuatan dapat meningkatkan kekuatan tulang, meningkatkan fungsi sendi, dan mengurangi potensi cedera.

Sehingga dalam usia senja Anda masih kelihatan kekar nan berotot karena telah terbiasa melakukan latihan kekuatan sejak usia muda. Tidak ada salahnya mencoba bukan...

Latihan kekuatan juga dikenal sebagai latihan non aerobik, karena selama melakukan jenis latihan ini, tubuh menggunakan energi yang tidak membutuhkan oksigen. Mengangkat barbel atau dumbel dirumah dengan teknik yang dapat melatih kekuatan semua otot, dapat dijadikan alternatif dalam waktu senggang Anda.

1.5 Tetapkan tujuan yang realistis.

Menetapkan tujuan yang tidak dapat dicapai hanya akan mengakibatkan frustrasi dan dapat menyebabkan Anda menyerah ketika Anda benar-benar telah membuat kemajuan besar. Konsultasikanlah dengan pelatih atau dokter Anda tentang apa yang ingin Anda capai dan mereka dapat membantu Anda menetapkan tujuan yang lebih realistis dan dengan perencanaan waktu yang masuk akal.

2. Memperkuat Jantung dan Paru-Paru Anda

2.1 Saatnya Anda harus mulai berjalan.

Banyak bentuk latihan aerobik tidak memerlukan peralatan khusus, yang berarti Anda dapat melakukannya secara gratis, di mana saja, kapan saja. Kegiatan-kegiatan tersebut termasuk memanjat tangga, melompat-lompat, berjalan, jalan cepat dan jogging.

Dan ada juga kegiatan aerobik yang memerlukan beberapa peralatan atau lokasi tertentu seperti lompat tali, berenang, dan mengendarai sepeda.

Aturan berolahraga praktis yang baik adalah bahwasanya tubuh yang bergerak lebih mudah untuk tetap bergerak. Anda harus bergerak sebanyak mungkin sepanjang hari!

2.2 Membersihkan rumah.

Banyak kegiatan rumah tangga juga merupakan bentuk latihan aerobik. Hal itu dapat berupa berbagai tindakan ketika Anda menghabiskan waktu di rumah dengan berkebun, menyedot debu, membersihkan saluran air di depan rumah atau bermain dengan anak-anak secara aktif.

2.3 Mencoba sesuatu yang baru!

Banyak pusat kebugaran dengan kelas yang tersedia dengan berbagai jenis aktivitas aerobik yang baru dan berbeda. Nah, bagaimana dengan olahraga Capoeira, suatu bentuk aerobik yang didasarkan pada tarian rakyat Brasil dengan gerakan bertarung yang terimprovisasi. Jika anda tidak cocok, cobalah cari berbagai hal yang berbeda sampai Anda menemukan kegiatan yang paling Anda sukai!

Jangan lupa untuk memanfaatkan cuaca tempat tinggal Anda. Dekat pantai? Di daerah khatulistiwa seperti di Indonesia, Anda dapat mencoba berbagai olahraga pantai. Wakeboarding juga memberikan latihan aerobik.

Jika Anda kompetitif, cobalah olahraga aerobik yang intens seperti sepak bola, tenis meja, basket, voli atau rugby.

3. Memperkuat Otot Anda dan Meningkatkan Daya Tahan

3.1 Berlatih dengan beban.

Latihan angkat beban adalah jenis olahraga yang sangat ideal dalam membentuk dan membesarkan massa otot. Bagi pria, otot yang besar akan terkesan memiliki tubuh yang kekar dan bagi wanita terkesan memiliki tubuh yang kencang. Dan salah satu manfaat yang paling ampuh dari latihan angkat beban ini adalah dapat menurunkan berat badan dan memerangi osteoporosis.

3.2 Memindahkan latihan berat badan.

Meskipun ada banyak gym yang menekankan latihan beban, latihan kekuatan dapat dilakukan tanpa peralatan apa pun, seperti push-up, squat, dan lunges. Anda dapat melakukan push-up di kamar anda dengan 5 – 7 repetisi setiap harinya. Jadikan berat badan Anda sebagai bebannya.

Karena Anda tidak memerlukan peralatan, latihan kekuatan tanpa peralatan cocok untuk mereka yang bepergian, yang tidak punya waktu untuk pergi ke gym, atau yang tidak punya ruang untuk alat angkat beban atau mesin fitness yang berukuran besar .

3.3 Fokus pada otot inti Anda.

Otot-otot di perut, punggung, dan panggul yang terlibat dalam semua aktivitas fisik, mulai dari olahraga duduk hingga olahraga seperti bertenis. Memperkuat inti tubuh Anda juga dapat membantu mencegah sakit punggung.

Lakukanlah Pilates. Salah satu bentuk olahraga populer yang diciptakan oleh Joseph Pilates pada awal 1900-an, Pilates menciptakan dukungan pada otot inti (perut) seperti perut, punggung bawah, pinggul, dan paha.

Lakukan juga latihan isometrik. Suatu jenis olahraga yang dilakukan dalam posisi statis atau diam. Tentu saja ini terlihat mudah lantaran bisa di lakukan di rumah dan juga tidak memerlukan alat khusus.

Namun hasilnya bisa memuaskan Anda. Karena seperti diketahui, latihan isometrik dapat memperbesar kekuatan otot dan dapat menghancurkan kalori layaknya melakukan olahraga angkat besi.

Olahraga ini tak banyak melibatkan kontraksi otot dan tekanan pada sendi sehingga cocok untuk pemula. Dan yang harus diingat, saat melakukan gerakan-gerakan tersebut, sebaiknya Anda fokus pada pernapasan. Beberapa teknik yang dapat dilakukan adalah dengan mengepalkan tangan seperti akan bertinju. Ini digunakan untuk memperkuat tubuh bagian atas.

Berlatih yoga. Yoga telah dipraktikkan untuk kesehatan fisik dan mental yang berasal dari India ribuan tahun yang lalu. Selain menghasilkan kekuatan, yoga memberikan manfaat fisik lainnya seperti fleksibilitas dan keseimbangan.

Seperti banyak kegiatan lainnya, yoga juga dapat dilakukan di rumah atau di studio. Namun, satu hal yang penting, pastikan Anda melakukan pose dengan benar untuk menghindari cedera, dan instruktur yoga dapat memberikan panduan yang diperlukan bagi para pemula dalam olahraga yoga ini.

Yoga sebenarnya merupakan olahraga tubuh dan pikiran. Manfaat yoga tidak hanya membantu tubuh menjadi lebih segar dan bugar, tetapi juga dapat membantu mengendalikan stres dan mengurangi rasa mudah gelisah.

4. Tetap Termotivasi

4.1 Jadikan olahraga sebagai kebiasaan.

Anda lebih cenderung mengikuti program olahraga jika Anda menjadikannya sebagai perilaku rutinitas keseharian Anda, seperti menyikat gigi, yang pasti akan Anda lakukan meskipun apa pun yang terjadi atau juga, membersihkan tubuh Anda dengan sabun ketika mandi.

Penelitian dari Neuroscience telah menunjukkan bahwa dibutuhkan waktu untuk menciptakan kebiasaan baru — hingga 66 hari. Dan itu berarti bahwa jika Anda bertahan dengan olahraga hanya selama dua bulan, Anda akan membentuk kebiasaan baru yang dapat bertahan seumur hidup.

4.2 Berolah raga dengan orang lain.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berolahraga dengan orang lain lebih menikmati olahraga daripada mereka yang berolahraga sendiri.

"Teman latihan" juga dapat membuat Anda lebih mungkin menjalankan lari jam enam pagi meskipun udara masih dingin! Beda rasanya jika Anda lari pagi dengan udara dingin dan dilakukan seorang diri. Lari jomblo deh namanya...

Seorang pelatih pribadi dapat memberikan program latihan dan motivasi yang dipersonalisasi sesuai dengan kepribadian Anda.

4.3 Mendaftar untuk olahraga yang penuh tantangan. 

Berkomitmen untuk menjalankan balapan 5K atau tantangan kebugaran memberikan Anda tujuan untuk bekerja. Termotivasi dengan olahraga yang hardcore akan memberikan dampak pada kinerja rutinitas Anda.

4.4 Lacak kemajuan Anda.

Kebugaran fisik tidak akan meningkat secara linear, tetapi mengukur satu atau lebih aspek kebugaran Anda dapat membantu menunjukkan kemajuan Anda seiring waktu, yang akan membantu Anda tetap termotivasi.

Seiring dengan canggihnya teknologi sekarang ini, pelacak kebugaran elektronik menyediakan berbagai macam kemampuan pelacakan kesehatan, dari penghitungan langkah sederhana hingga pelacakan pola tidur dan detak jantung Anda. 

Sejumlah situs web juga tersedia untuk melacak kebugaran tubuh serta nutrisi, bahkan dapat membantu Anda menemukan teman kebugaran. 

Tidak ada salahnya mulai memacu diri Anda sejak usia dini dalam hal melatih kekuatan otot dan tubuh Agar selalu tampil fit dan fresh dalam keseharian Anda. Dampak lain yang terpenting adalah pengaruhnya ketika Anda sudah berada pada usia senja. Tidak ada yang ingin berjalan dengan tongkat tertatih-tatih sampai berjam-jam hanya cuma ingin pergi ke toko di dekat rumah..



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments
Febry Winarto - Jan 6, 2020, 5:10 PM - Add Reply

capek bang olahraga, dulu sempat olahraga ampe kurus sekarang gemukkan badan dulu huihihihihi

You must be logged in to post a comment.

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Berbagi artikel kepada orang lain, itu menyenangkan...jika artikel itu dibaca orang lain, itu membahagiakan....

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Apr 15, 2020, 10:23 PM - Shinta Kusuma
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin