4 Cara ini akan Mengubah Pola Pikir Anda saat Berkuliah dan Tamat Kuliah

4 Cara ini akan Mengubah Pola Pikir Anda saat Berkuliah dan Tamat Kuliah

Untuk sukses banyak cara yang harus dilakukan oleh seorang remaja. Bukan berarti kita perlu melakukan aktifitas bisnis saja, saat menjalani pendidikan juga bisa. Apa yang harus dilakukan?, seringkali pertanyaan itu muncul.

Jelas saja bahwa tidak mudah untuk berfikiran kearah itu, karena mahasiswa sibuk dengan materi yang diberikan dosen. Jadi fokusnya hanya kuliah dan tugas.

Cobalah anda merenung sejenak apakah saya hanya pulang pergi ke kampus dengan menyandang tas. Tentu saja anda sangat bosan dengan aktivitas seperti itu. Lantas apakah langkah yang tepat untuk dilakukan. Paling pertama adalah bisnis. Lakukan bisnis supaya anda mendapatkan untung ketika masih dibangku kuliah. 

1. Organisasi

Organisasi adalah sebuah perkumpulan atau perserikatan orang yang memiliki visi dan misi yang sama dan saling bekerja sama untuk mencapai tujuan.

Sebagai seorang mahasiswa tentunya anda memiliki komunikasi yang baik. Mampu membangun relasi antar mahasiswa maupun eks lingkungan kampus. Kamu harus menyadari tentang statusmu sebagai mahasiswa, tinggal bagaimana anda melatih itu sampai anda mendapatkan keahlian yang khusus. 

Organisasi adalah pilihan yang tepat bagi seorang mahasiswa. Melatih diri untuk berkomunikasi secara universal, serta berkembang dengan keahlian yang mendasar sampai dengan fokus yang menjadikan spesifikasi diri anda. Tepatnya adalah sebuah menggali kemampuan diri dan pengembangan diri.

Seorang mahasiswa mampu menjadi yang terbaik dari antara yang terbaik. Karena ruang itu tersedia bebas pada kedudukan sebagai seorang mahasiswa. Percuma saja kalau mahasiswa tidak memiliki kemampuan dasar, kalau ada mungkin itu hanya mahasiswa yang tidak mau untuk berkembang. 

Proses perkuliahan mengajarkan mahasiswa untuk aktif melakukan presentasi. Prinsip "learning by doing", belajar sambil menerapkan sebuah konsep. Tugas-tugas yang diberikan oleh dosen anda akan melatih kemampuan berfikir cepat dan respon terhadap tanggapan dari lingkungan ruang diskusi anda. Nah untuk memperdalam itu, anda harus membutuhkan organisasi. Sebab organisasi akan mengajarkan anda atas apa yang tidak dipelajari di materi perkuliahan yang diberikan dosen Anda. 

Organisasi akan melatih kemampuan-kemampuan yang dapat menjadikan anda seorang profesional. Apa saja yang dapat diperoleh, tentunya banyak.

Mulai dari Public Speaking serta Human Relation, serta kecerdasan emosional. Sepengetahuan saya yang paling bermanfaat itu adalah "kepemimpinan". Basic leadership akan diperoleh saat anda terlingkup dengan orang banyak didalam organisasi anda. Dengan itulah kemampuan manajemen serta kerjasama anda dilatih sehingga terbiasa dengan emosional control yang baik.

Apa yang didapat ketika anda telah bergabung dan berproses didalam organisasi. Hal itu saling menguntungkan, anda tentu saja pernah mendengar simbiosis mutualisme. Sebuah konsep saling menguntungan antar satu dengan yang lainnya. Layaknya sebagai seorang aktivis kampus akan mendapatkan prospek karir yang tidak terbatas. 

2. Trainer

Yang dimaksud dengan prospek tanpa batas adalah karir sebagai trainer. Langkah panjang yang anda lalui untuk berproses didalam organisasi akan membentuk anda sebagai seorang yang menciptakan. Seperti seorang trainer. Anda akan mendapatkan ini setelah sekian lama tergabung didalam organisasi. Banyak trainer-trainer hebat dan profesional lahir dari bagian organisatoris. Penyebabnya adalah kemampuan human relation dan public speaking yang dimiliki. Sehingga ia mampu mengelola sumber daya manusia dengan skala banyak. Trainer ini tentunya merujuk kepada disiplin ilmu yang anda kuasai. 

Prospek seorang trainer adalah suatu karir yang banyak mendatangkan kesuksesan pada masa depan. Salah satunya anda dapat berpartner dengan perusahaan besar untuk melakukan kegiatan training pegawai perusahaan tersebut. Bayangkan saja berapa banyak pundi-pundi kompensasi yang ditawarkan atas kontrak yang anda terima. 

Selain menjadi trainer organisasi juga mengajarkan anda memiliki suatu kemampuan kepemimpinan. Hal yang sangat berguna, terutama untuk memimpin sebuah lembaga dan badan, ataupun perusahaan.

3. Menjadi Pimpinan

Anda akan dengan mudah menjadi pimpinan pada suatu lembaga. Sesuai dengan yang dibicarakan tentang simbiosis mutualisme, inilah bentuk nyatanya. Menjadi pemimpin pada sebuah lembaga, badan, atau perusahaan.

Ketika anda berprestasi di disiplin ilmu yang anda miliki dan itu berangkat dari organisasi tempat anda berproses. Ruang kerja akan terbuka dengan luas. Orang akan percaya dengan melihat curucculum vitae yang anda miliki.

Apalagi organisasi yang anda miliki memiliki sertifikasi atau lisensi yang jelas. Hal itu tidak dapat dipungkiri. Karena orang akan percaya kepada yang lebih profesional di bidang yang sedang dipegangnya. Bagaiamana tidak, bahwa setiap orang pasti memiliki keinginan untuk menjadi lebih sukses, kepercayaan atas lisensi itulah jawabannya. 

Setiap perusahaan tidak akan mungkin memberikan tanggung jawab kepada orang yang bukan ahli. Akan menjadi keputusan sia-sia bagi perusahaan jika salah memberikan suatu bidang jika tidak memilih ahli pada kedudukan tersebut. Peluang anda sangat terbuka lebar. Anda dapat menerima tawaran-tawaran dari manapun. Singkatnya adalah, Anda akan mendapatkan karir yang akan mensukseskan kehidupan anda pada jangka waktu yang sangat panjang kedepannya.

Lalu apa yang dapat anda peroleh selain tiga poin diatas, tentunya masih banyak lagi.

4. Melatih Mental

Bergabung dan berproses dalam sebuah organisasi anda juga dapat melatih mental untuk berhadapan pada lingkungan bebas. Pada dasarnya organisasi menanamkan itu pada setiap anggotanya. Konsep itu dibuat atas dasar bahwa pada suatu organisasi selalu berhadapan dengan publik, serta organisasi juga sering melakukan debat-debat publik dengan kegiatan bedah buku, serta seminar dan debat publik yang legal dan memiliki dasar sumber yang jelas. Kegitan itu akan melatih jiwa militan pada anggota organisasi. Artinya anda akan mendapatkan mental kuat dengan dinamika yang telah dilalui selama berproses. 

Melatih mental dengan media debat publik menciptakan dinamika internal dan eksternal organisasi. Itu akan melatih anda bagaimana melakukan penyelesaian masalah. Mulai dari masalah kecil sampai dengan masalah besar. Masalah itu biasanya bersifat edukatif sehingga mematangkan karakteristik anggota orgnisasi.

Ketika semua telah dilalui anda akan mendapatkan sebuah keterampilan yang beda dengan mahasiswa yang tidak berproses dalam suatu organisasi. Tidak banyak mahasiswa menyadari ini, tetapi perubahan itu dapat dilakukan ketika mindset sebagai seorang mahasiswa dirubah.

Bukan berarti kulaih yang tidak bergabung di dalam organisasi anda adalah sebagai seorang mahasiswa yang kolot atau kuno. Bukan itu maksudnya, tetapi ada bedanya, berorganisasi atau tidak berorganisasi status anda tetap sama, sama-sama menyandang sebutan mahasiswa. Namun bedanya terdapat pada hanya pada cara anda beraktifitas kuliah dan berproses di internal dan eksternal kampus. 

Juga bukan berarti anda yang tidak bergabung pada suatu organisasi tidak akan mendapatkan pekerjaan. Tidak, itu salah. Organisasi bukanlah ajang mencari kerja tetapi wadah untuk mematangkan karakter, tidak berorganisasipun setelah tamat anda pun akan tetap masih mendapatkan pekerjaan. Jika anda sebagai seorang mahasiswa tanpa label memiliki cara yang berbeda ketimbang mahasiswa yang berlabel organisatoris. 

Cobalah merubah suatu mindset sehingga anda tidak berada dalam kekuasaan pemikiran yang sempit. Jika anda bisa mengembangakan pemikiran anda sendiri itu adalah suatu langkah yang sangat baik. Ketika itu anda akan melihat betapa luas dunia.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Wiraswasta

Popular This Week
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin