3 Rahasia Ampuh Membuat Tubuh Lebih Tinggi Secara Alami

3 Rahasia Ampuh Membuat Tubuh Lebih Tinggi Secara Alami

Meskipun merawat tubuh dengan baik dapat membantu Anda tumbuh menjadi lebih tinggi, namun tinggi badan sebagian besar ditentukan oleh faktor genetika. Setelah sendi pertumbuhan menyatu, Anda akan berhenti tumbuh lebih tinggi, yang biasanya terjadi antara usia 14 dan 18 tahun. 

Nutrisi yang baik dan gaya hidup sehat dapat membantu Anda menjadi lebih tinggi. Selain itu, Anda mungkin dapat menambah tinggi badan sekitar 1,3 hingga 5,1 cm dengan meregangkan tulang belakang setiap hari. 

1. Mengubah Pola Makan 

1.1. Makan diet sehat dan bergizi untuk membantu tubuh Anda tumbuh.

Nutrisi yang baik sangat penting untuk mencapai potensi tinggi badan, dimana ukuran tertinggi yang dapat ditumbuhkan oleh tubuh Anda. Perbanyak makan sayuran segar, buah-buahan, dan protein tanpa lemak. Isi setengah piring Anda dengan sayuran, 1/4 piring dengan protein tanpa lemak, dan 1/4 piring dengan karbohidrat kompleks. Camilan yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak. 

Protein tanpa lemak termasuk ayam, kalkun, ikan, kacang-kacangan, tahu, dan susu rendah lemak.

Karbohidrat kompleks termasuk biji-bijian dan sayuran bertepung, seperti kentang.

1.2. Masukkan lebih banyak protein ke dalam makanan.

Protein membantu tubuh membangun massa tubuh yang sehat, seperti otot. Ini dapat membantu tubuh mencapai ukuran tertinggi. Konsumsilah protein setiap kali makan dan sertakan dalam camilan Anda. 

Misalnya, Anda bisa makan yogurt saat sarapan, ikan tuna untuk makan siang, ayam saat makan malam, dan keju sebagai camilan.

1.3 Makan sebutir telur setiap hari jika tidak alergi terhadapnya.

Anak-anak kecil yang makan telur utuh setiap hari dapat tumbuh lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak makan telur. Telur mengandung protein dan vitamin yang mendukung pertumbuhan yang sehat, dan juga merupakan makanan murah serta mudah untuk ditambahkan ke makanan. Makanlah telur hingga 1 kali setiap hari untuk berpotensi membantu Anda menjadi lebih tinggi. 

Tanyakan kepada dokter, apakah aman untuk makan telur setiap hari.

1.4 Konsumsi satu porsi susu setiap hari untuk mendukung pertumbuhan Anda.

Susu mengandung protein, kalsium, dan vitamin untuk memberi makan tubuh. Walaupun susu adalah pilihan bagus, yogurt dan keju juga merupakan sumber susu yang baik. Masukkan 1 porsi produk susu favorit ke dalam diet harian Anda. 

Misalnya, minum 8 ons cairan (240 mL) susu, makan 6 ons cairan (180 mL) yogurt, makan satu iris atau 28 gram keju.

1.5 Minum suplemen kalsium dan vitamin jika diperbolehkan oleh dokter.

Suplemen dapat membantu tubuh tumbuh menjadi lebih tinggi dengan memenuhi kebutuhan nutrisi. Kalsium,  vitamin A dan D sangat penting karena mendukung tulang yang kuat. Bicaralah dengan dokter untuk mengetahui apakah suplemen tersebut tepat untuk Anda.

Misalnya, Anda dapat mengonsumsi suplemen multivitamin dan kalsium setiap hari.

Ingatlah bahwa vitamin tidak akan membuat Anda tumbuh lebih tinggi dari yang dimungkinkan oleh genetika Anda.

2. Melakukan Perubahan Gaya Hidup

2.1 Pertahankan postur tubuh dengan baik untuk menunjukkan tinggi maksimum Anda.

Postur tubuh yang baik sebenarnya tidak membuat Anda tumbuh, tetapi mungkin terlihat lebih tinggi. Saat Anda berjalan, berdirilah tegak dan jaga punggung tetap lurus. Selain itu, gulung bahu ke belakang dan miringkan dagu. Saat Anda duduk, luruskan punggung, gulingkan bahu ke belakang, dan hadap lurus ke depan. 

Periksa postur tubuh di cermin atau dengan memfilmkan diri Anda sendiri. Berlatih berdiri, berjalan, dan duduk untuk menguasai postur tubuh yang baik.

2.2 Berolahraga 30 menit setiap hari untuk tulang dan otot yang sehat.

Anda mungkin tahu bahwa berolahraga setiap hari membantu tubuh tetap sehat, tetapi itu juga dapat membantu tumbuh lebih tinggi. Latihan membangun tulang dan otot yang sehat, sehingga dapat membantu mencapai ketinggian maksimum yang mungkin bagi tubuh Anda. Pilih latihan yang disukai sehingga mudah bagi Anda untuk memasukkannya ke dalam rutinitas. 

Misalnya, bermain basket, mengikuti kelas dansa, berjalan, berlari-lari di lingkungan Anda, atau bermain skating.

2.3. Dapatkan tidur malam yang nyenyak setiap malam sehingga tubuh Anda dapat memperbaiki dirinya sendiri.

Selama aktivitas sehari-hari, terjadi pemecahan otot-otot, dan tubuh perlu memperbaikinya sehingga kembali menjadi kuat. Pastikan tubuh mendapatkan jumlah tidur yang tepat sehingga tubuh dapat memperbaiki dirinya sendiri dan memulihkan tingkat energi Anda. Berikut aturan waktu tidur yang dibutuhkan oleh tubuh setiap malam: 

  • Balita usia 2 dan lebih muda membutuhkan 13-22 jam (18 direkomendasikan untuk bayi baru lahir).
  • Anak-anak usia 3-5 membutuhkan 11-13 jam.
  • Anak-anak usia 6-7 membutuhkan 9-10 jam.
  • Remaja berusia 8-14 membutuhkan 8-9.
  • Remaja usia 15-17 membutuhkan 7,5-8 jam.
  • Orang dewasa berusia 18 tahun ke atas perlu 7-9 jam.

2.4 Mengobati penyakit segera setelah merasa sakit karena dapat memperlambat pertumbuhan.

Ketika sakit, tubuh memfokuskan energinya untuk membuat kondisi menjadi lebih baik. Ini artinya pertumbuhan bisa terhambat. Jangan khawatir, karena dengan mengobati penyakit, akan membantu tubuh mulai tumbuh lagi. Kunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Jika pertumbuhan melambat karena sakit untuk sementara waktu, Anda masih bisa mengejar dan mencapai ketinggian maksimum jika segera meningkatkan gizi untuk tubuh.

2.5 Kunjungi dokter jika merasa khawatir bahwa Anda lebih pendek dari rata-rata.

Menjadi pendek mungkin menjadi bagian dari siapa Anda, dan itu bukan merupakan hal yang buruk! Pada saat yang sama, mungkin timbul kekhawatiran jika semua orang di keluarga lebih tinggi daripada Anda. Bicaralah dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda memiliki kondisi medis yang menyebabkan tinggi badan lebih pendek, yang mungkin memerlukan perawatan. 

Misalnya, kondisi seperti hipotiroidisme, tingkat hormon pertumbuhan yang lebih rendah, sindrom Turner, dan kondisi medis yang serius dapat menghambat pertumbuhan Anda.

Jika Anda memiliki kondisi medis yang menghambat pertumbuhan, dokter dapat memberikan hormon pertumbuhan manusia. Ini akan membantu mengatasi stunting tetapi tidak akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi dari genetika Anda.

3. Peregangan untuk Mencapai Tinggi Maksimum Anda

3.1 Berbaring dan rentangkan kedua tangan di atas kepala.

Berbaring telentang di atas matras atau lantai. Raih lengan di atas kepala dan rentangkan sejauh yang Anda bisa. Pada saat yang sama, rentangkan kaki sejauh mungkin. Tahan regangan selama 10 detik, lalu rileks. 

Ini akan membantu memanjangkan tulang belakang Anda sehingga tidak terkompresi. Meskipun tidak akan membuat kerangka Anda tumbuh, ia dapat meningkatkan tinggi tubuh sekitar 2,5 hingga 7,6 cm dengan mendekompresi tulang belakang. Ulangi latihan ini setiap hari untuk mempertahankan hasil Anda.

3.2 Lakukan memutar tubuh bagian atas sambil berbaring telentang.

Berbaringlah di lantai atau tikar olahraga. Rentangkan tubuh Anda, lalu angkat lengan tegak lurus ke dada. Tekan kedua telapak tangan bersamaan, kemudian perlahan-lahan turunkan lengan Anda sekitar 45 derajat ke kiri untuk memutar tubuh bagian atas. Tahan selama 2-3 detik, lalu putar ke sisi lainnya. Terus putar bolak-balik sebanyak 5 kali di setiap sisi. 

Lakukan peregangan ini setiap hari untuk menjaga tulang belakang Anda memanjang.

3.3 Berbaringlah, raih di atas kepala, dan angkat pinggul dari lantai.

Berbaringlah di atas matras latihan atau lantai, lalu rentangkan lengan ke atas kepala dengan kedua telapak tangan saling menempel. Selanjutnya, tekuk lutut dan dorong kedua telapak kaki bersamaan. Kemudian, tekan kaki dan punggung atas ke lantai untuk mengangkat pinggul dari lantai dan rentangkan tulang belakang. Tahan selama 10 detik, lalu lepaskan ke lantai. 

Ulangi latihan ini setiap hari untuk mempertahankan ketinggian maksimum Anda.

Peregangan ini akan membantu memanjangkan tulang belakang dengan mendekompresnya.

3.4 Berbaring telungkup dan rentangkan tangan dan kaki.

Balikkan perut, lalu rentangkan lengan dan kaki sejauh yang Anda bisa. Perlahan angkat lengan dan kaki untuk melengkungkan punggung. Tahan selama 10 detik, lalu buang napas untuk membawa lengan dan kaki kembali ke lantai.

Ulangi peregangan ini setiap hari untuk melihat hasil yang konsisten.

Seperti peregangan lainnya, ini berguna untuk memanjangkan tulang belakang sehingga dapat mencapai ketinggian maksimum.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Berbagi artikel kepada orang lain, itu menyenangkan...jika artikel itu dibaca orang lain, itu membahagiakan....

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma