24 Teknik Rahasia agar Tubuh tetap Sehat dan Bugar sampai Tua

24 Teknik Rahasia agar Tubuh tetap Sehat dan Bugar sampai Tua

Dalam keseharian hidup kita, fakta telah membuktikan, jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih dalam kehidupan Anda, maka Anda harus siap untuk berkomitmen lebih banyak dan berinvestasi lebih banyak kepada tubuh Anda agar tetap sehat nan bugar serta selalu mengkonsumsi makanan dan minuman dengan benar. 

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, ibaratnya seperti jamur yang bertumbuhan, begitu banyak program diet dan program latihan yang dapat diakses saat ini...semua program dan latihan mengklaim memberikan hasil tercepat...

Satu hal yang kita sepakati bersama, bahwasanya persamaan dasar untuk tetap bugar dan sehat adalah olahraga teratur dan diet yang tepat. Kedua faktor ini telah diistilahkan dengan banyak nama, didefinisikan dalam banyak cara dan disajikan dalam berbagai bentuk tetapi semua program kesehatan dan kebugaran bermuara pada dua hal ini “ Latihan dan Diet”. Dan tidak ada tawar menawar lagi untuk urusan latihan dan diet ini. Keduanya harus dilakukan secara seimbang jika kesehatan dan kebugaran yang ingin dicapai dapat bertahan lama. 

Namun, meskipun umumnya setiap individu itu paham tentang apa yang perlu dilakukan untuk tetap bugar dan sehat, kebanyakan dari kita masih berjuang pagi dan petang untuk mencari nafkah bahkan sampai malam hari....sehingga urusan latihan dan diet menjadi urusan yang tidak terlalu diutamakan. Fenomena yang umum terjadi dalam masyarakat dewasa ini. 

Industri penurunan berat badan telah menjadi pasar yang sangat menguntungkan, dimana terlibat didalamnya produsen makanan, ahli nutrisi, dan ahli bedah plastik,  semuanya mendapatkan cipratan profit yang besar dari konsumennya yang dihantui oleh keputusasaan dan depresi akan kelebihan berat badan dan obesitas.

Meskipun prinsipnya untuk menjaga kebugaran dan kesehatan itu sangat sederhana dan mudah, namun pada kenyataannya hal tersebut  tetap merupakan suatu tantangan besar. Apalagi dengan tuntutan tekanan hidup sehari-hari - yang berhubungan dengan pekerjaan, tekanan sosial, perubahan hidup, liburan, perjalanan, dan banyak hal lainnya – dimana semua faktor tersebut sangat berkontribusi dalam  mengganggu rutinitas program kebugaran dan program diet Anda. 

Tantangan sebenarnya di sini adalah bagaimana Anda bisa tetap tegas dan konsisten dengan program ini terlepas dari faktor internal dan eksternal yang sering ikut berperan.

Kebugaran dan hidup sehat bukanlah fase sementara atau solusi mudah yang bisa Anda kerjakan kapan Anda suka alias “tergantung mood”. Jika Anda ingin hasil yang langgeng, maka jadikan kesehatan dan kebugaran sebagai bagian integral dari gaya hidup Anda, sebagaimana seharusnya.

Berikut 24 gaya hidup sehat agar tetap bugar dan fit sepanjang waktu :

1. Tetap terhidrasi.

Ini adalah salah satu gaya hidup paling penting yang bisa Anda terapkan agar selalu tetap sehat dan bugar. Minumlah air setiap Anda mulai merasa haus, atau setidaknya setiap beberapa jam.

Air membantu memastikan sistem metabolisme tubuh Anda akan tetap berjalan lancar dan juga memainkan peran penting dalam penurunan berat badan. Jadi jangan lupa minumlah air..agar tetap terhidrasi.

2. Jangan pernah melewatkan sarapan pagi.

Anda mungkin telah sangat paham tentang bagaimana sarapan pagi sangat bermanfaat untuk menunjang aktifitas Anda. Hal tersebut memang sangat benar,  namun banyak orang berpikir untuk melewatkan sarapan pagi agar mereka dapat menurunkan berat badan lebih cepat. Hal ini sangat jauh dari kenyataan..! Menurut banyak penelitian medis, orang-orang yang melewatkan sarapan pagi ini sebenarnya memiliki peningkatan risiko kenaikan berat badan.

Sarapan membantu menstabilkan metabolisme tubuh. Dengan tidak sarapan pagi, akan menghasilkan peningkatan kadar LDL atau kolesterol jahat dan kadar insulin yang lebih rendah. Peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh akan menyebabkan penyumbatan arteri, yang dapat menyebabkan sejumlah komplikasi kesehatan yang serius seperti penyakit jantung.

Sering juga terjadi dimana orang cenderung mengonsumsi kalori lebih tinggi sepanjang hari setelah melewatkan sarapan. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, makanlah buah-buahan kecil, granola atau yoghurt untuk sarapan.

3. Konsumsi suplemen minyak ikan

Studi terbaru yang dilakukan oleh University of Western Ontario mengungkapkan bahwa asupan suplemen minyak ikan secara teratur dapat mempercepat pembakaran kalori sebanyak 400 kalori lebih banyak. Suplemen minyak ikan kaya akan Omega 3, yang juga efektif dalam pencegahan pengerasan pembuluh darah, yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung. 

Namun, umumnya yang terbaik adalah memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu sebelum menambahkan suplemen minyak ikan ke dalam asupan makanan harian Anda.

4. Berolahragalah

Jadikan olahraga sebagai bagian dari rutinitas harian Anda. Olahraga secara teratur membantu menjaga kesehatan jantung. Ada beberapa cara agar Anda bisa memasukkan olahraga ke dalam gaya hidup keseharian  Anda, yaitu dengan melakukan olahraga  yang paling cocok dengan Anda. 

Cobalah berolahraga setidaknya 3 hingga 4 kali seminggu, dan hasilnya dipastikan Anda akan terkejut, betapa banyak kalori yang bisa dibakar dengan jogging atau jalan cepat. Untuk memberi Anda ide berolahraga yang akan memacu adrenalin Anda, berikut beberapa contoh:

• Bersepeda dengan kecepatan santai selama 1 jam ---- total 230 hingga 340 kalori yang terbakar

• Berjalan dengan kecepatan sedang selama 1 jam - total 205 hingga 300 kalori terbakar

• Memotong rumput selama 1 jam - total 300 hingga 450 kalori terbakar

• Jogging dengan kecepatan sedang selama 1 jam ---- total 300 hingga 600 kalori yang terbakar

5. Tambahkan variasi ke rutinitas olahraga Anda

Jagalah agar segala sesuatunya menjadi ringan dan menyenangkan dengan mengubah rutinitas kebugaran Anda sesekali. Lakukan kegiatan yang membantu proses penurunan berat badan, misalnya pergi keluar rumah dan bekerja di taman atau di tepi pantai. 

Pertimbangkan juga untuk mengambil latihan kekuatan, mendaki gunung, bersepeda, dan aktivitas menyenangkan lainnya yang dapat membuat olahraga lebih menyenangkan dan mengasyikkan.

6. Cukup tidur

Dengan gaya hidup yang serba cepat dan jadwal yang melelahkan, tidur sering dianggap remeh. Rata-rata orang perlu tidur 7 hingga 8 jam setiap malam. Jika Anda ingin mempertahankan berat badan yang sehat, tidur harus diberikan kepentingan yang sama, karena ini adalah satu-satunya waktu tubuh dapat menyembuhkan dan memperbaiki dirinya sendiri. Kurang tidur juga mengganggu fungsi otak jadi pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup.

7. Lakukan latihan yang berfokus pada kesehatan mental.

Pertimbangkan untuk mengambil kelas yoga atau tai chi. Latihan-latihan ini tidak hanya meregangkan otot Anda serta menguatkan tulang, otot dan persendian, tetapi juga dapat membantu Anda rileks secara mental.

Latihan pikiran adalah cara yang bagus untuk melepas lelah setelah hari yang panjang dan melelahkan di tempat kerja. Ini dapat membantu mengurangi kecemasan dan rasa sakit serta mempercepat waktu pemulihan.

8. Pelajari teknik relaksasi.

Bukan rahasia lagi bahwa stres dapat berkontribusi pada penambahan berat badan dan perkembangan penyakit kronis. Dengan mempelajari respons relaksasi, Anda dapat menghentikan efek buruk yang menyertai stres. 

Di antara teknik relaksasi yang populer antara lain latihan pernapasan, visualisasi dan tertawa...tapi ingat, jangan tertawa sendiri di tempat umum..!

Jika Anda menghadapi stres serius setiap hari, ajari tubuh Anda cara terbaik untuk mengatasinya.

9. Biasakan mengkonsumsi camilan sehat.

Biasakan memilih camilan yang sehat agar tetap bugar. Jadi, pilihlah makanan ringan Anda dengan lebih banyak pertimbangan untuk kesehatan Anda. Jika Anda menikmati sekantong keripik saat menonton TV atau film, gantilah dengan pilihan camilan sehat seperti sepotong apel, yoghurt kecil, atau roti pita gandum dimana semuanya juga dapat memuaskan hasrat lapar Anda.

Jaga kebiasaan makan camilan sehat Anda dengan konsisten agar Anda tidak tergoda untuk menikmati junk food. Pastikan Anda tidak memiliki makanan cepat saji dan produk makanan tidak sehat di meja dan dapur Anda. 

10. Rasakanlah kebaikan teh hijau yang sehat.

Cobalah rasakan bagaimana efektifnya teh hijau dalam membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Anda bisa meminumnya untuk memuaskan dahaga, dan bukan dengan minuman bersoda. 

Teh hijau telah dikenal bekerja dengan baik terhadap sejumlah kondisi kesehatan seperti rheumatoid arthritis, penyakit kardiovaskular, gangguan fungsi kekebalan tubuh, infeksi, kadar kolesterol tinggi dan bahkan beberapa jenis kanker.

11. Minum suplemen vitamin.

Jika Anda mencoba mengurangi asupan kalori Anda, kemungkinan besar, Anda mungkin juga mengurangi nutrisi Anda. Cara terbaik untuk menambah vitamin dan mineral yang terkuras dalam tubuh adalah melalui suplemen. 

Diskusikan hal ini dengan dokter Anda dan tentukan jenis suplemen mana yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

12. Biasakan untuk selalu mencuci tangan.

Salah satu langkah pencegahan untuk menghindari sakit atau kontaminasi terhadap penyakit adalah dengan mencuci tangan secara menyeluruh dan teratur. Ini mungkin kebiasaan yang sangat mendasar yang telah ditanamkan dalam diri kita sejak masa kanak-kanak, tetapi yang biasanya sangat diabaikan. Berikut ini beberapa panduan tentang mencuci tangan:

Lakukan cuci tangan sebelum:

• Menyiapkan makanan

• Sebelum makan

• Mengobati luka

• Memberikan obat

• Merawat yang terluka dan sakit

 

Lakukan cuci tangan setelah:

• Menangani makanan, terutama saat menangani daging mentah dan unggas

• Menggunakan toilet

• Mengganti popok

• Menyentuh mainan, hewan peliharaan, dan sampah

• Batuk, hembusan hidung, dan bersin ke tangan

• Mengobati luka

• Merawat yang terluka dan sakit

• Menangani bahan kimia dan sampah atau apa pun yang mungkin terkontaminasi

13. Singkirkan segera segala kebiasaan tidak sehat.

Biasakanlah mulai sejak dini untuk menumbuhkan kebiasaan sehat dan menyingkirkan segala kebiasaan yang berdampak buruk pada kesehatan Anda. Apa pun yang berlebihan dapat menjadi buruk dan Anda tidak ingin kesehatan Anda menanggung resiko akibatnya.

14. Lakukan tes kesehatan minimal 1 tahun sekali.

Pemeriksaan fisik tahunan biasanya ditanggung oleh asuransi kesehatan atau Anda juga bisa mendapatkannya secara gratis atau dengan biaya minimum. Tes rutin sangat penting untuk mendeteksi masalah kesehatan pada tahap awal sebelum mereka tumbuh menjadi masalah kesehatan yang serius.

15. Manjakanlah diri Anda sendiri.

Berbuat baiklah pada diri Anda sesekali. Memanjakan diri secara sederhana termasuk merupakan gaya hidup sehat, seperti halnya menata rambut Anda di salon mewah (jika anggarannya tersedia), atau menjadwalkan waktu anda untuk terapi pijat. Hal ini dapat melepaskan tubuh Anda dari tuntutan dan tekanan hidup sehari-hari dan biarkan tubuh Anda berelaksasi, memulihkan tenaga, dan beristirahat sejenak.

16. Tetap termotivasi.

Mungkin sulit untuk tetap mengikuti program kesehatan dan kebugaran jika Anda tidak lagi termotivasi. Cari inspirasi dan temukan cara untuk tetap termotivasi untuk selalu membuat pilihan yang cerdas dan keputusan yang tepat setiap hari. 

Pada kenyataannya, biasanya Anda akan terus-menerus dihadapkan dengan pilihan-pilihan yang menimbulkan godaan seperti memilih antara menonton TV dan berolahraga, atau memilih antara kue cokelat dan sepotong buah segar.

17. Minum alkohol dalam jumlah sedikit atau tidak sama sekali.

Belajarlah membatasi asupan alkohol Anda untuk tidak lebih dari satu atau dua minuman karena terlalu banyak alkohol dapat mengganggu tidur Anda dan membuat Anda merasa lesu pada hari berikutnya, belum lagi kontribusi alkohol terhadap kalori ekstra. 

Atau Anda dapat tegas kepada diri Anda sendiri agar tidak meminum minuman yang mengandung alkohol meskipun hanya dengan kadar yang sedikit. Bagaimana jika meminum secangkir kopi? Tidak ada salahnya mencoba, bukan...

18. Batasi gula dalam makanan Anda sebanyak mungkin.

Kita semua tahu bagaimana gula dapat merusak kesehatan. Masalahnya gula ada pada begitu banyak produk,  jadi pastikan untuk selalu membaca label produk  dan belajar untuk menjauhi produk makanan olahan karena kemungkinan besar mengandung terlalu banyak gula. Pakar nutrisi menyarankan untuk membatasi gula tambahan tidak lebih dari 10 sendok makan sehari.

Namun, gula bisa datang dalam berbagai bentuk dan dengan banyak nama. Berhati-hatilah terhadap produk makanan yang mengandung:

• Glukosa

• sirup jagung fruktosa tinggi

• Laktosa

• Madu

• Konsentrat jus buah

• Gula tetes

• Maltosa

• Sukrosa

• Gula merah

• Fruktosa

Untuk memberi Anda gambaran tentang kandungan kadar gula pada beberapa produk makanan dan minuman populer, lihat data yang disediakan di bawah ini:

• Soda biasa 33%

• Permen 16%

• Kue dan kue kering 13%

• Minuman buah 10%

Individu yang terus-menerus terpapar konsumsi produk makanan dengan kadar gula yang tinggi dapat meningkatkan jumlah asupan kalori dan suplai mikronutrien yang lebih rendah.

19. Makan karbohidrat kompleks.

Jika Anda dalam program menurunkan berat badan maka kita perlu memperhatikan asupan karbohidrat kita. Namun, ada sumber karbohidrat baik yang sangat aman dikonsumsi seperti biji-bijian. FDA merekomendasikan 55% dari pasokan kalori harian harus berasal dari karbohidrat. Namun, Anda perlu memonitor sumber karbohidrat Anda karena ada perbedaan besar antara karbohidrat kompleks dan sederhana. 

Karbohidrat sederhana biasanya ditemukan dalam pasta, nasi, kentang putih dan beberapa produk sehari-hari. Mereka mengandung jumlah gula yang tinggi yang perlu dipecah oleh tubuh. Meskipun jenis gula ini memberikan energi, ketika tidak dikonsumsi, itu akan dikonversi menjadi lemak. Inilah alasan mengapa banyak diet membatasi asupan makanan kaya akan karbohidrat. 

Karbohidrat sederhana dapat berkontribusi terhadap kenaikan berat badan dan sangat berisiko bagi wanita hamil. Di sisi lain, karbohidrat kompleks, selain mengandung gula juga memiliki rantai yang lebih kompleks, membuatnya lebih sulit untuk dipecah. Ini memungkinkan tubuh manusia cukup waktu untuk menggunakannya lebih lama. Manfaat hebat lain dari karbohidrat kompleks adalah kandungan seratnya yang tinggi, secara efektif menangkal rasa lapar sekaligus meringankan dan mencegah sembelit.

20. Kurangi kafein Anda.

Terlalu banyak kafein bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Batasi asupan Anda setidaknya satu hingga dua cangkir per hari. Namun, banyak orang sebenarnya telah mengalami efek dari kecanduan kafein dengan gejala umum yang meliputi lekas marah, gelisah, sakit perut, kurang konsentrasi, susah tidur, dan depresi. 

Kafein telah menjadi minumam yang digilai seumur hidup bagi banyak orang. Tiada hari tanpa kopi....Intinya, itu adalah zat yang harus selalu diminum secukupnya. Seperti halnya gula, dikonsumsi dalam batas tertentu, dimana jika dikonsumsi berlebihan memiliki kecenderungan untuk merangsang metabolisme tubuh secara berlebihan dan kemudian akan melemahkan kelenjar adrenal, yang menyebabkan kelelahan. 

Orang yang menderita serangan kecemasan, insomnia dan pecandu kafein akan membutuhkan obat penenang tingkat tinggi untuk membantu relaksasi dan meningkatkan kualitas tidur. Jika Anda tidak benar-benar ketagihan minum kopi, minumlah kopi dalam batas yang wajar saja.

21. Selalu bersemangat.

Anda mungkin pernah mendengar saran yang memberitahu Anda untuk tidak bersikap keras pada diri sendiri. Ada perbedaan besar antara menghukum diri sendiri dan melaksanakan disiplin tegas terhadap diri Anda sendiri. Doronglah diri Anda dengan cara yang positif tetapi jangan biarkan tekanan yang terlalu dipaksakan. 

22. Lakukan segera, jangan menunda lagi

Seringkali kita menemukan diri kita menjadi korban penundaan, selalu menunda melakukan olahraga dan diet pada hari lainnya. Alih-alih berpikir berlebihan dan terlalu merencanakan sesuatu, lanjutkan saja dan segera lakukan..! Anda akan segera menemukan momentum Anda dan menemukan bahwa satu bagian tersulit sedang dimulai.

23. Hati-hati dengan keranjang belanjaan Anda. 

Satu aturan utama yang perlu Anda patuhi dengan cermat adalah jangan pernah berbelanja bahan makanan dengan perut kosong. Jika tidak, Anda akan menjadi mangsa pembelian kompulsif. 

Sebaliknya, siapkan daftar hal-hal yang Anda butuhkan dan tetap konsisten untuk tetap berpegang pada daftar itu. Pastikan untuk tetap menggunakan produk makanan segar dan utuh.

24. Makan 5 hingga 6 kali sehari.

Banyak orang yang melakukan diet sering mengeluh tentang berurusan dengan rasa lapar yang menghantui. Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah mengganti 3 kali makan besar Anda dengan 5 hingga 6 kali makan kecil. 

Ini tidak hanya akan mencegah Anda dari makan berlebihan dan selalu menyerah pada godaan, asupan makanan secara teratur tersebut, juga dapat meningkatkan metabolisme Anda.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Berbagi artikel kepada orang lain, itu menyenangkan...jika artikel itu dibaca orang lain, itu membahagiakan....

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma