23 Tips Hidup Sehat yang tak Lekang oleh Waktu Meskipun Sering Dianggap Sepele

23 Tips Hidup Sehat yang tak Lekang oleh Waktu Meskipun Sering Dianggap Sepele

Hidup itu indah dan anda pasti tidak ingin merusak diri sendiri dengan masalah kesehatan yang tidak perlu. Hari ini, organ vital anda mungkin bekerja dengan sangat baik, tetapi mungkin tidak untuk hari esok dan selanjutnya. Kita bukan robot, organ tubuh kita ada masa waktunya untuk tetap berfungsi dengan baik sampai masanya. Itu sudah kodrat Ilahi.

Kesehatan yang baik bukan hanya melulu masalah makan sehat dan berolahraga, tetapi juga tentang memiliki sikap positif, citra diri yang positif, dan gaya hidup sehat. Jangan pernah menyepelekan masalah kesehatan tubuh kita.

Ikuti 23 tips hidup sehat berikut yang notabene akan sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari:

1. Konsumsi Lebih Banyak Air

Sebagian besar dari kita tidak minum cukup air setiap hari. Air sangat penting untuk tubuh kita agar bisa berfungsi dengan baik. Tahukah Anda bahwa lebih dari 60% tubuh kita terdiri dari air? 

Air dibutuhkan untuk menjalankan fungsi tubuh, membuang limbah, dan membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh kita. Selain itu, air minum membantu menurunkan berat badan. 

2. Tidur yang Cukup

Ketika anda tidak beristirahat dengan baik, anda mengimbanginya dengan makan lebih banyak. Alangkah baiknya jika istirahat saja yang cukup dan anda tidak perlu camilan agar tetap terjaga. Selain itu, kurang tidur menyebabkan penuaan dini dan anda dijamin 100% tidak menginginkannya! 

3. Meditasi

Teknik meditasi menenangkan pikiran anda dan menenangkan jiwa anda. Kunci keberhasilan dari meditasi adalah kesabaran dan disiplin. Berbagai teknik meditasi dapat ditemukan di google. Jangan cari meditasi yang aneh-aneh, yang biasa saja!

4. Berolahraga

Bergerak dalam berolahraga adalah kehidupan. Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan kita, termasuk peningkatan umur, menurunkan risiko penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi, dan penurunan berat badan. 

Tingkatkan aktivitas dalam hidup anda. Pilih berjalan dengan transportasi untuk jarak dekat. Naiki tangga alih-alih naik lift. Bergabunglah dengan kelas aerobik atau kelas dansa. Pilih olahraga yang anda sukai. 

Jangan hanya melakukan kardio (seperti jogging). Berikan tubuh anda variasi latihan yang tepat. Variasi latihan akan sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

5. Makan Buah

Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral. Tahukah Anda bahwa jeruk menawarkan lebih banyak manfaat kesehatan daripada pil vitamin C? Sebisa mungkin, konsumsilah vitamin dan mineral anda melalui diet daripada melalui pil. 

6. Makan Sayur

Sayuran adalah sumber dari banyak nutrisi dan mineral seperti folat, vitamin K, vitamin A, mangan, dan kalium, belum lagi serat makanan yang penting untuk kesehatan usus yang baik. 

7. Kurangi Makanan Olahan

Makanan olahan tidak baik karena sebagian besar nilai gizi hilang dalam pembuatan makanan ini, dan pengawet yang ditambahkan buruk untuk kesehatan kita. 

Banyak makanan olahan yang mengandung banyak garam, dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. 

8. Pilih Biji-bijian Utuh daripada Olahan

Biji-bijian utuh mengandung semua bagian penting dari biji gandum. Biji-bijian utuh ini mengandung profil nutrisi antioksidan, vitamin, dan mineral yang lebih kaya daripada biji-bijian olahan .

Biji-bijian utuh seperti gandum dan beras merah. Biji-bijian olahan termasuk nasi putih, tepung putih, sebagian besar jenis roti, pasta putih, dan sereal. 

9. Berhentilah Makan Ketika Anda Merasa Kenyang

Banyak dari kita bergantung pada isyarat eksternal untuk mengetahui kapan kita kenyang, seperti apakah semua orang sudah selesai makan atau apakah piring kita sudah kosong. Hal ini berbahaya bagi tubuh.

Yang paling aman adalah melihat isyarat internal, seperti apakah perut sudah terasa kenyang dan bagaimana perasaan anda. Jangan makan hanya karena ada makanan di piring. Dengarkan naluri anda dan pelajari kapan saatnya berhenti!

10. Kurangi Makanan yang Digoreng. 

Makanan yang digoreng mengandung akrilamida, bahan kimia yang berpotensi menyebabkan kanker. Cari makanan yang disiapkan menggunakan metode yang lebih sehat, seperti dipanggang, dikukus, tumis, atau bahkan makanan mentah. Kurangi asupan makanan cepat saji, kentang goreng, donat, keripik, irisan, dan makanan yang digoreng.

11. Kurangi Makanan / Minuman Manis

Makan sesekali tidak apa-apa, tetapi tidak setiap hari. Gunakan camilan sehat sebagai gantinya. 

Minuman manis gampang dijumpai karena dijual di mana-mana, yaitu dalam bentuk soda dan minuman manis. Minuman ini tidak sehat dan menyebabkan penambahan berat badan. Pilihlah air putih, teh hijau, atau jus sayuran sebagai gantinya! 

12. Jangan Minum Alkohol

Alkohol adalah diuretik, yang berarti mengeringkan air dari tubuh Anda. Bukan hanya itu, alkohol berulang kali terbukti memiliki efek negatif pada tubuh dan kesehatan kita. 

Jika anda minum alkohol secara teratur, saatnya untuk menghentikannya, atau paling tidak, kurangi konsumsinya.

13. Go Organik! (Jika Memungkinkan)

Makanan organik adalah makanan yang diproduksi tanpa menggunakan bahan sintetis dalam perawatannya seperti pestisida dan pupuk kimia dan juga tidak mengandung organisme hasil rekayasa genetika serta tidak diproses menggunakan iradiasi, pelarut industri, atau bahan tambahan makanan kimia. 

Makanan organik cenderung lebih mahal, oleh karena itu jika memungkinkan, disesuaikan dengan kondisi anda. Tetapi satu hal yang harus diingat, apakah anda lebih suka menghemat uang dan memberi makan tubuh Anda dengan pestisida atau membayar beberapa dolar ekstra untuk tubuh yang lebih bersih dan lebih sehat? Terserah anda..

14. Makanlah Sesuai dengan Kebutuhan

Lebih baik makan lebih sedikit ddisesuaikan dengan kebutuhan energi anda, daripada makan berlebihan. Jika terjadi kalori berlebih, maka dikurangi saja dengan berolahraga. Kedengarannya lebih sehat, bukan?

Ketika anda makan berlebihan, maka terjadi peregangan sistem pencernaan yang  membuatnya mencerna lebih banyak makanan daripada yang di butuhkan. 

15. Berhenti Merokok

Merokok berbahaya bagi kesehatan, sangat meningkatkan risiko kanker paru-paru, kanker ginjal, kanker kerongkongan, serangan jantung, dan banyak lagi.

Jika anda seorang perokok, berhentilah tidak hanya untuk diri anda sendiri, tetapi untuk keluarga dan teman-teman anda. Apakah anda tega jika anak anda juga terhirup asap rokok sebagai perokok pasif?

16. Hindari Merokok Pasif

Perokok pasif (menghirup udara dari perokok) menyebabkan banyak penyakit jangka panjang yang sama dengan merokok langsung, gawat dan sangat berbahaya lho.

Bahkan paparan singkat dapat membahayakan kesehatan. Jauhi perokok dan hindari asap rokok.

17. Konsumsi Camilan Sehat

Jika lapar di tempat kerja, makanlah camilan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan yogurt. Ini adalah asupan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Hindari sedapat mungkin mengkonsumsi kue dan permen.

18. Lakukan Pemeriksaan Rutin di Laboratorium

Beberapa penyakit tidak menunjukkan gejala awal sampai akhirnya sudah terlambat untuk proses pengobatannya. Lakukan tes darah secara rutin untuk gula darah, vitamin, dan mineral, bersama dengan tes urin. 

Jika hasil tes tidak optimal, itu berarti dapat segera dilakukan tindakan pencegahan. Konsultasikan dengan dokter anda setelah melakukan check up rutin di laboratorium. Jangan takut dengan hasil laboratarium jika terindikasi mengidap penyakit tertentu. Pengobatan dini jauh lebih baik dari pada pengobatan setelah terlambat.

19. Menjadi Vegetarian  (jika kondisi tubuh anda memungkinkan)

Pola makan vegetarian berarti tidak termasuk konsumsi produk hewani. Ini berarti tidak ada telur, susu, madu, keju, atau susu. Berarti anda hanya makan serat dan serat dan serat lagi..Berarti dunia sudah kiamat !!Waduh..bagaimana ini?

Jangan panik dulu..tenang, dalam hal ini, menjadi vegan sepertinya merupakan diet yang sangat ketat dalam urusan mengkonsumsi daging. Dengan kata yang lebih tegasnya..haram makan daging bagi vegan. Bagaimana, mampukah anda melaksanakannya? 

Oke, kalau begitu tidak perlu menjadi vegan secara permanen, step by step dulu. Cobalah selama beberapa minggu, atau hanya menjadi vegan selama dua hari seminggu atau empat hari dalam seminggu. Dicoba terlebih dahulu, jika mantap..lanjutkan !

20. Lakukan Sedikit Eksperimen

Cara terbaik untuk mengetahui apa yang berhasil bagi anda adalah dengan bereksperimen. Alih-alih berlangganan satu diet, cobalah makanan yang berbeda dan lihat reaksi tubuh anda. Yang terpenting, riset dan atur diet berdasarkan apa yang dipelajari. 

21. Bertamasya atau Jalan-jalan Lebih Sering

Jika anda memiliki pekerjaan menumpuk, kemungkinan besar sebagian waktu dihabiskan dikantor. Dan tidak memiliki banyak waktu keluar dan bersenang-senang. Dan parahnya selama akhir pekan, masih saja sibuk dengan pekerjaan atau menjalankan tugas. 

Hentikan !! Saatnya anda hang out  dengan teman-teman anda setidaknya sekali seminggu. Rasakan kehangatan sinar matahari menerpa kulit anda, jangan hanya udara AC di kantor saja yang menerpa kulit anda. Pergilah bertamasya dan nikmati perubahan lingkungan keseharian anda. Ini akan sangat berpengaruh untuk tubuh dan jiwa. 

22. Lakukan Koordinasi dengan Gigi Anda.

Ya, jaga kebersihan gigi dengan baik. Kebersihan gigi yang baik selalu dikaitkan dengan kesehatan tubuh yang lebih baik. Sikat gigi dua kali sehari, bilas mulut setelah makan, dan gunakan benang gigi setiap kali makan jika memungkinkan. 

23. Bergaul dengan Orang yang Sehat

Maksudnya? Bergaul dengan teman yang memahami dengan benar arti hidup sehat. Semakin banyak waktu yang dihabiskan bersama dengan orang-orang sehat, maka kondisi mental anda akan semakin baik. Anda bisa membayangkan jika anda bergabung dengan teman yang tidak perduli dengan arti hidup sehat, sengsara lahir batin pastinya.

Pergilah makan bersama bersama orang-orang yang sadar kesehatan itu dan lakukan latihan olahraga bersama-sama. Jika anda mempunyai hobi yang sama, maka bentuklah suatu komunitas yang aktifitasnya disesuaikan dengan waktu para anggotanya. Itu membuat hidup sehat dan lebih menyenangkan! 🙂

Dari 23 tips hidup sehat tersebut, yang manakah yang paling sesuai untuk anda saat ini? Memang tipsnya sederhana saja dan sering dianggap sepele tapi ingat, ini adalah tips yang tidak lekang oleh waktu, jadi tandai artikel ini, bagikan artikel ini ke teman-teman anda yang juga mencintai hidup sehat serta terapkan tips ini ke dalam kehidupan anda. 

Seperti kata pepatah, bahwasanya kesehatan itu mahal adanya, dan hal tersebut sangat benar sekali jika yang mengucapkannya sedang terbaring di rumah sakit atau sedang tidak berdaya karena penyakit yang menggerogotinya. Dan juga tidak ada yang membantah bahwasanya mencegah lebih baik daripada mengobati, benar bukan?..Semoga hidup anda selalu lebih menyenangkan setiap hari bersama dengan orang-orang yang anda cintai..



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Berbagi artikel kepada orang lain, itu menyenangkan...jika artikel itu dibaca orang lain, itu membahagiakan....

Popular This Week
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin