2 Tips Cara Untuk Menulis Artikel Menarik dan Dibayar, Bahkan Dengan Dollar

2 Tips Cara Untuk Menulis Artikel Menarik dan Dibayar, Bahkan Dengan Dollar

Pasti ada alasan tersendiri, kenapa ada penulis yang bisa membuat artikel menarik dan berkualitas dibandingkan dengan yang tidak, Anda pun bisa membedakannya, tulisan mereka biasanya begitu mengalir dan dan enak untuk dibaca sampai akhir. Karena hal ini pula, bahkan ada banyak perusahaan yang berani membayar mahal tulisan mereka demi membangun reputasi dan brand dengan baik di dunia maya. Asyik sekali bukan... Dan karena alasan ini pula, banyak jiwa-jiwa yang tergerak untuk mulai menulis.  

Namun, alih-alih demikian, banyak orang belum menyadari, bahwa untuk menjadi penulis yang hebat, mereka juga membutuhkan mentor yang hebat pula. Beruntungnya, meski tidak pernah belajar secara langsung, alias hanya belajar lewat buku saja, saya mendapatkan kesempatan untuk meng-upgrade ilmu dari mereka, salah duanya dari penulis favorit saya adalah, pak Agung Webe dan om Budiman Hakim, atau yang biasa disapa dengan sebutan, Om Bud. Dari orang-orang inilah saya banyak belajar untuk menulis, baik menulis artikel, naskah iklan (copywriting) dan storytelling untuk berjualan di era digital seperti saat ini.

Untuk itu, kali ini, saya akan berbagi tips bagaimana cara untuk menulis artikel menarik dan dibayar, bahkan dengan dollar. Duh, memangnya siapa saya? Sebelumnya, perkenalkan, nama saya Allen Kristiyono. Anda bisa memanggil saya dengan menyebut nama "Allen" saja saat berpapasan dan bertemu dijalan, biar lebih akrab begitu. 

Maafkan saya, artikel ini tidak dimaksudkan untuk "menggurui" siapa pun, apalagi "menggurui" Anda. Bisa jadi Anda justru lebih hebat dari saya dalam bidang kepenulisan. Kalau diibaratkan, saya mungkin hanyalah sebutir debu di padang pasir, atau setitik buih di tengah samudera yang luas, meskipun hampir sama sekali tidak terlihat, hal ini tidak menyurutkan niat untuk tetap berbagi dengan banyak orang. 

Sebelum kita mulai, saya mau cerita dulu. Pada suatu ketika, ada seorang sahabat yang pernah bertanya melalui Whatsapp messenger, kira-kira pertanyaannya seperti ini, "Bro, bagaimana sih caranya untuk menulis artikel yang menarik?"

Saat itu, saya hanya terdiam dan menatap kosong pertanyaan tersebut. Terus terang saja, saya bingung untuk menjawabnya, karena untuk menjawab pertanyaan yang simpel tersebut, saya bisa menghabiskan bercangkir-cangkir kopi, selama berjam-jam untuk menjelaskan semuanya secara detail, mulai dari cara untuk menemukan ide tulisan, meng-editnya hingga mem-posting artikel Anda. Tidak pernah ada jawaban yang singkat.

Maka, hingga pada suatu hari, saat sedang menikmati lembayung senja berwarna kemerahan bersama adik perempuanku yang imut dihalaman rumah, tanpa diundang "pencerahan pertama" itu tiba-tiba datang. 

"Tttuuuuttttt...."

Sontak secara refleks ia langsung menutup kedua lobang hidungnya, pergi sambil menggerutu, "Kampret, lu mas..."

Saya mengabaikannya, karena saya mendapatkan sesuatu yang lebih berharga dari apapun. Sesuatu yang mengubah cara saya dalam menulis. Dan (mungkin) akan mengubah Anda juga.  

Awali Semua Dengan Ini, "Mulailah Menulis, Sekarang Juga!"

Yes, tidak ada yang salah dengan mata Anda. Saya memang sedang mengajak Anda untuk mulai menulis. Mari kita mulai menulis. Menulis apa? Apa saja, Anda bisa menulis tentang apa saja, begitu banyak hal yang bisa Anda tuliskan. Benar, di era teknologi informasi seperti saat ini Anda bisa menulis tentang apa saja, terlebih lagi karena semua sarana telah tersedia dengan segala kemudahannya, misalnya dengan menggunakan fasilitas note atau office yang tersedia di smartphone yang Anda miliki, membuat blog atau memanfaatkan akun media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk memulai aktifitas menulis ini.

Iya, daripada Anda hanya menggunakannya untuk nyinyir, menghujat atau menjelek-jelekkan orang lain, akan lebih bermanfaat bila Anda menggunakannya sebagai media yang bisa membuat Anda menjadi seorang penulis yang lebih tumbuh dan berkembang.

Anda bisa menulis tentang hal-hal yang terjadi disekitar Anda, mulai dari pekerjaan, keluarga, kehidupan dirumah hingga lingkungan dimana tempat Anda tinggal. Jangan menulis tentang curahan hati Anda, namun buatlah opini, berikanlah solusi dan jawaban. Orang membaca karena ingin menemukan sebuah jawaban. Untuk itu, tuliskanlah hal-hal yang dapat menjadi solusi dan membawa mereka yang ikut membaca tulisan Anda untuk ikut tumbuh dan berkembang bersama Anda. 

Hal Selanjutnya adalah, Komitmen.

Apa, komitmen?

Benar, dan sekali lagi, Anda tidak sedang salah baca...

Untuk lima menit saja, tolong berikan kesempatan pada diri Anda untuk lebih terbuka dan menyadari hal ini, karena ini bukan hanya sekedar saran agar Anda bisa melesatkan kemampuan untuk bisa menulis artikel yang menarik dan berkualitas, namun juga untuk menjadi seorang penulis yang baik dan lebih baik lagi. Yes, benar. Saran kali ini adalah sebuah intisari dari setiap karya terbaik yang pernah dituliskan didunia ini. Lebay banget yaah. Biarlah.

Komitmen Untuk Memberikan Semua Waktu Yang Anda Miliki

Ijinkan saya tuk bertanya kembali, 
"Seberapa besar sih niat Anda untuk menjadi seorang penulis yang hebat dan lebih hebat lagi?"
"Apa saja hal yang siap Anda korbankan untuk mencapai tujuan tersebut?"

Anda mungkin sedikit penasaran kenapa saya menanyakan hal tersebut, iya kan? Jawabannya sederhana, karena kegiatan menulis itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Menulis bisa saja menghabiskan waktu yang Anda miliki, pada malam saat seharusnya Anda enak beristirahat atau akhir pekan Anda. Terkadang, bahkan Anda tidak akan bisa nongkrong dan menghabiskan waktu untuk ketawa-ketiwi bersama sahabat dan pacar, bahkan dengan keluarga Anda. Duh ngenes banget kan... 

Ingatlah hal ini, bila Anda memang berniat menjadi seorang penulis, apalagi seorang Full-Time Writer, Anda tidak akan pernah sukses bila Anda hanya duduk didepan laptop atau komputer, menulis sebentar, lalu meninggalkan pekerjaan yang baru Anda mulai begitu saja.

Inilah yang saya maksud dengan komitmen untuk memberikan semua waktu yang Anda miliki. Kemampuan untuk menulis artikel menarik dan berkualitas didapat dari praktek menulis secara gila-gilaan. Bahkan penulis buku Outlier, Malcom Gladwell juga pernah menuliskan, "Seseorang akan menjadi ahli dalam suatu bidang tertentu yang diinginkan setelah dia melakukan atau mempelajarinya dalam waktu 10.000 jam"

Anda juga bisa menanyakan hal ini kepada para penulis terbaik, semua akan menjawab dengan senada. Seorang J.K. Rowling pun memerlukan waktu selama 7 tahun untuk menyelesaikan buku Harry Potter pertamanya. Menulis memang membutuhkan waktu.

Ini adalah komitmen pertama yang harus Anda miliki bila Anda ingin menjadi seorang penulis yang hebat. 

Komitmen Untuk Memiliki Rencana Menulis

Apapun itu, bila tidak memiliki rencana, hal yang Anda dambakan tak akan pernah dapat terwujud, begitu juga dengan menulis. Jika Anda ingin melahirkan tulisan yang menarik dan berkualitas, serta mendapatkan respon positif dari pembaca, tentu saja Anda membutuhkan perencanaan yang matang, mulai dari cara untuk menemukan gagasan, menuliskannya, meng-edit dan memposting artikel Anda tersebut.

Temukan ide, gunakan waktu luang untuk menemukan ide atau gagasan tentang apa yang ingin Anda tuliskan. Lihatlah hal-hal disekitar Anda, lihat apa yang sedang tren saat ini, baca lebih banyak buku dan banyak lagi hal lainnya. Terlalu jika Anda belum juga menemukannya. Bertukar pikiranlah dengan orang-orang terdekat, luangkan sedikit waktu untuk me-riset kembali ide atau gagasan yang muncul ke permukaan.

Tuliskan dengan segera, tuliskan sekarang juga. Jangan pedulikan saat Anda melihat dan merasa bahwa tulisan Anda begitu jelek, lupakan sejenak tentang bagaimana cara menulis dengan tanda baca dan ejaan yang benar, itu tidaklah penting, yang penting adalah, teruslah dan teruslah menulis. Ini adalah metode yang sempurna untuk melahirkan ide yang hanya bercokol dikepala dan menjadikannya kalimat-kalimat yang tertuang. Dianggap seperti orang gila yang suka ngelantur? Let it be.

Edit tulisan Anda. Yes, pengeditan adalah pekerjaan penting selanjutnya yang harus Anda lakukan. Sama halnya dengan proses-proses yang lain, hal ini juga membutuhkan waktu. Bacalah kembali apa yang sudah Anda tuliskan, hapus atau perbaiki kata-kata yang tidak sesuai dalam artikel yang sudah Anda tulis tersebut.

Tidak semua orang memiliki uang lebih untuk membayar dan menggaji seorang editor, jadi, jika Anda masih seperti saya, Anda harus melakukannya secara mandiri, melakukannya sendiri. Keluarkan kamus bahasa yang Anda miliki, jika belum punya, keluarkan sedikit uang untuk membelinya, atau agar lebih hemat, Anda juga bisa menemukannya secara online, periksa semua ejaan dan tanda baca, edit tulisan agar menjadi lebih sempurna. 

Komitmen Untuk Mencoba dan Mencoba Lagi

Anda mungkin sudah mulai mencoba untuk menulis dan memiliki perencanaan yang matang, namun bisakah Anda hidup dengan kegagalan? Saya berharap Anda akan menjawab dengan kata "Ya", karena apa? Karena Anda akan mengalami lebih banyak kegagalan dibandingkan dengan sukses saat menulis.

Anda mungkin akan mengalami "stuck" atau buntu saat menulis, ide yang tidak kunjung tiba, artikel yang tiba-tiba hilang karena error atau tidak tersimpan, merasa sia-sia menulis karena tidak punya pembaca, tidak bisa membuat headline atau judul yang menarik dan banyak lagi hal lainnya. Hei, saya tidak ingin menakut-nakuti Anda, namun hal ini akan terus terjadi, bahkan lebih banyak dari apa yang mungkin bisa Anda bayangkan.

Lalu bagaimana solusi dan cara Anda mengatasinya?

Anda harus memiliki komitmen untuk mencoba dan mencoba lagi. Anggap saja kegiatan menulis adalah sebuah praktek yang dilakukan secara terus menerus. Setiap Anda berhasil menerbitkan sebuah artikel, Anda akan selalu memiliki sebuah peluang untuk meng-evaluasi hasil tulisan Anda. Belajarlah dari hal ini.

Ketiga komitmen yang Anda baca diatas adalah batu loncatan terbaik untuk dapat menghasilkan artikel yang menarik dan berkualitas. Tanpa semua ini, penulis hebat tidak akan pernah terlahir.

Sekarang, setelah 2 tips diatas Anda penuhi, kini saatnya untuk membuat artikel yang telah Anda buat...

Dibayar, Bahkan Dengan Dollar.

Apa hal itu bisa dilakukan? Bisa bangetttt...

Bagaimana caranya? Banyak. Tenang saja. Anda akan tahu tipsnya setelah ini.

Seperti yang sudah Anda tahu dunia digital telah menawarkan banyak hal, mulai dari informasi, hiburan bahkan termasuk cara untuk menghasilkan uang melalui Internet. Semuanya bertebaran dengan bebas dan dapat dicari dengan menggunakan mesin pencari. Dengan adanya hal maka semua orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan hal yang sama. Termasuk Anda dan saya.

Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, yuk kita langsung baca saja beberapa diantaranya.

1. Berjualan Di Jejaring Media Sosial.

Seperti yang sudah Anda baca diatas, media sosial adalah media untuk berinteraksi antara Anda dengan orang lain. Di tempat inilah orang suka mencari dan membaca cerita isnpiratif atau informasi yang bermanfaat untuk dibagikan. Untuk itu, Anda bisa mulai menulis cerita-cerita yang menarik dan mengaitkannya dengan produk dan jasa yang Anda jual, dibandingkan hanya menjuali mereka secara langsung (hard selling). Inilah cara sakti yang selalu didengungkan oleh para mastah di Indonesia, menjual tanpa terlihat menjual.

Anda bisa memanfaatkan kemampuan menulis yang Anda miliki untuk berjualan di akun jejaring media sosial yang Anda miliki, misalnya seperti Facebook, Twitter maupun Instagram. Tulisan Anda akan dibaca oleh teman-teman Anda disana, bonusnya, bila tulisan Anda memang menarik dan berkualitas, akan membuatnya berpotensi untuk viral dan lebih banyak dibaca oleh banyak orang. Asyik sekali bukan? Tentu saja.

2. Menjadi Penulis Blog

Kedua, Anda bisa memanfaatkan kemampuan menulis Anda untuk menjadi seorang penulis blog, seorang Blogger. Anda bisa memulai dengan cara yang mudah dan gratis ataupun dengan cara yang berbayar, yaitu dengan menyewa domain dan hosting sendiri. Saran terbaik, jika Anda ragu untuk membayar, mulailah dari situs penyedia layanan blog gratis seperti Blogger dan Wordpress.

Darimana Anda bisa mendapatkan uang dari blog? Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan. 

Pertama, dengan menjadi seorang publisher. Anda bisa mendaftarkan blog yang Anda kelola dengan pihak ketiga penyedia layanan iklan Pay Per Click (PPC) seperti Google Adsense, Bidvertiser, Chitika atau yang lainnya. Anda akan mendapatkan komisi dari setiap klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung yang datang ke blog Anda. 

Yang kedua, adalah dengan menjadi seorang affiliate marketer. Anda bisa mulai bekerjasama dengan para Vendor dan menjual produk-produk digital maupun fisik melalui blog Anda. Anda bisa mulai dengan membuat artikel khusus yang mengulas tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan tersebut dan mendapatkan komisi setiap terjadi penjualan. 

Dimana Anda bisa menemukan produk-produk untuk Anda jual? Anda bisa menemukannya dengan bergabung di marketplace seperti Clickbank, WarriorPlus ataupun JVzoo. Untuk versi lokalan, Anda bisa mencoba untuk bergabung bersama Ratakan. 

3. Penulis Lepas

Yang terakhir adalah dengan menjadi seorang penulis lepas. Baik itu secara mandiri maupun menggunakan website khusus penulis lepas berbahasa Indonesia.

Sebagai penulis lepas yang mandiri, tentu saja Anda harus berupaya sendiri pula. Anda bisa mulai menawarkan jasa kepenulisan Anda kepada orang lain, bahkan Anda bisa menawarkan hal ini kepada perusahaan yang ingin mendapatkan branding yang baik di mata para pengguna Internet. Anda akan dibayar setelah menyelesaikan permintaan pekerjaan dari mereka. Jasa seperti apa yang bisa Anda tawarkan? Beberapa diantaranya adalah jasa untuk membuat artikel, naskah iklan (copywriting), naskah buku dan lain lain.

Yang kedua, adalah dengan memanfaatkan situs web penulis lepas berbahasa Indonesia seperti Rackticle yang sedang Anda baca saat ini. Disini, semakin tulisan Anda dibaca oleh banyak orang, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan pundi-pundi dollar yang bisa langsung dikirimkan ke akun rekening bank Anda. Untuk itu, banyak-banyaklah menulis artikel yang menarik dan berkualitas agar semakin banyak yang membaca postingan Anda.

Selesai sudah, sekarang Anda sudah siap untuk mulai menuliskan artikel pertama Anda.

Lagipula kenapa Anda membaca tulisan ini, hingga selesai pula?

Bukankah ini adalah hal yang Anda inginkan? Mengetahui bagaimana tips cara untuk menulis artikel menarik dan dibayar, bahkan dengan dollar. Jadi, saran saya, mulailah menulis sekarang juga.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Content Writer, Copywriter, Internet & Affiliate Marketer di CaraBisnisOnline.Net

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Mar 9, 2020, 7:42 PM - Shinta Kusuma
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Recent Articles
Apr 6, 2020, 1:37 AM - Deni Riyandi
Apr 5, 2020, 1:02 PM - Andria Ranti
Apr 5, 2020, 10:15 AM - Singgih Tri Widodo
Mar 30, 2020, 2:11 PM - Shinta Kusuma
Mar 30, 2020, 2:01 PM - Indraz