2 Bulan Lagi UTBK? 8 Tips Lolos SBMPTN Tanpa BIMBEL Sesuai Pengalaman Sendiri

2 Bulan Lagi UTBK? 8 Tips Lolos SBMPTN Tanpa BIMBEL Sesuai Pengalaman Sendiri

Thank you buat kalian yang udah klik laman ini. Aku ucapin selamat bergabung dan selamat berjuang ya!. Buat yang klik laman ini tahun 2020, nggak terasa ya UTBK 2 bulan lagi! Sampai mana persiapannya? Buat yang sama sekali belum ada persiapan, tenang kalian masih memiliki 2 bulan untuk diperjuangkan. Jangan berkecil hati. So, dalam artikel ini aku bakal ngasih 8 tips buat kalian gimana sih bisa lolos SBMPTN sesuai pengalaman aku sendiri, jadi buat kalian yang punya tips lain boleh dibagikan dengan cara komen di bawah. Apakah kalian sudah penasaran apa saja tips nya? Let’s go to the list!

1.       BELAJAR

Oke, aku percaya kebanyakan laman bakal mengunggah hal ini kalau menyangkut SBMPTN, I know kalian bosen mendengar kata “belajar”, kenapa sih harus belajar? Emang ga ada cara lain apa? Kalian bakal tahu alasannya di sini. Bayangkan sebuah kata dari “perang” tujuan dari perang adalah untuk menang, yaitu merebut kekuasaan. Lantas cara apa yang harus dilakukan? Langkah pertama tentu mengenal siapa lawannya, lalu membuat strategi perang. Contoh, jika lawan mereka berjumlah banyak otomatis  harus mempersiapkan banyak pasukan setidaknya untuk mengimbangi lawan, mempersiapkan strategi dengan mempelajari denah perang dll. Pada intinya adalah mempersiapkan segala hal untuk “menang” agar tujuan  tercapai. Tak beda jauh dengan UTBK, nanti saat tiba hari H adalah perang sesungguhnya, tujuan kita adalah menang, yaitu memperoleh skor yang banyak. Lantas, apa yang harus dipersiapkan? Yup! Mengenali jenis lawan dengan memahami kisi-kisi. Lawan kalian nanti adalah soal, bekal untuk mengalahkan soal ya belajar. Nanti kita datang tes bukan untuk membajak sawah J. Sampai di sini paham?. Jadi kesimpulannya bekal yang tepat adalah “belajar”.

2.       BUAT JADWAL DAN TARGET

“Kak waktunya cuman 2 bulan lagi ni, sedangkan bentar lagi UN, US, UTS, ujian praktek, belum ulangan”. I know keluh kesah kalian, tapi apakah kalian hanya akan memperbesar sebuah keluhan? Kenapa tidak lakukan saja? Coba saja belum. Aku percaya kalian bisa, Kendala yang dihadapi adalah malas, yang perlu nunggu mood lah dan smartphone kalian yang sungguh menggoda bukan? Capek? Allah sudah menyediakan malam kalian untuk tidur jadi jangan khawatir. INGAT, 2 bulan saja, setelah itu kalian akan menikmati hasil kerja keras kalian.

Dalam UTBK terdapat 3 jenis tes, SOSHUM, SAINTEK, IPC. Saran dari aku buat kalian yang baru mau mulai, jangan ambil IPC atau lintas jurusan jika kalian ambil IPC atau lintas jurusan, otomatis harus belajar 2x lipat tidak hanya itu, semangat dan waktu pun harus 2x lipat juga. But, if you can do it, why not?. Itu hanya saran.

Next! aku banyak denger dari orang, ataupun baca dari artikel bahwa waktu terbaik untuk belajar adalah dini hari sekitar 02.00-04.00 WIB, but aku termasuk orang yang susah bangun pagi hehe. Jadi, aku belajar dari jam 05.30-06.00 WIB, hanya setengah jam tapi aku lakukan rutin, serius. Khusus hari sabtu dan minggu aku belajar sampai jam 07.00 WIB karena sekolah libur. Untuk ujian yang berkaitan dengan sekolah aku belajar di malam hari. Aku melakukan hal rutin itu sejak naik kelas 12 SMA, I have a lot of time to study. But, aku gabakal bikin kalian sia-sia baca artikel  ini. Untuk yang baru mulai coba tambah 1 jam tiap hari nya, atau kalian bisa menargetkan sehari belajar SBMPTN 2 jam dalam 2 waktu. Kalian bisa menargetkan 1 materi selesai dalam 1 hari dengan menggunakan 1 jam untuk memahami materi dan 1 jam lagi untuk latihan soal. Selanjutnya, penempatan mapel, saran dari aku taruh matkul yang butuh perhatian lebih seperti kimia, fisika, atau ekonomi ke hari yang santai seperti sabtu dan minggu agar kalian lebih konsentrasi.

3.       MENGIKUTI TRY OUT DAN LATIHAN SOAL

Memahami materi tanpa latihan soal adalah hal yang tabu. Wait, kenapa harus latihan soal? Yup! Agar kalian terbiasa dan tidak terkejut saat hari perang datang. Pemahaman materi itu mudah karena kita memahami konsep dasar nya, tapi di latihan soal kita harus menjawab jenis jenis soal yang caranya terkadang tidak dijelaskan di materi. Kalian tidak bisa meramal jenis soal mana yang akan keluar, kalian hanya bisa mempersiapkan dengan terbiasa bertemu jenis-jenis soal yang berbeda. Dan perlu diketahui bahwa jika kalian sering bertemu soal, daya pikir kritis kalian akan meningkat lo!.

Bayangin aja deh misal kalian nggak latihan soal, ibarat mau naik kereta perdana sendirian, nggak tau di mana loket, pemberangkatan, gerbong mana yang harus kalian tempatin ujungnya ntar panik. Bagus kalo nggak ketinggalan kereta, kalo tertinggal?. Sama halnya dengan UTBK, jangan sampai nanti saat hari H kalian panik dan ujungnya membuat skor kalian rendah.

Dulu aku ngga sempet ikut try out karena letak desa ku dengan kabupaten cukup jauh, buat kita yang bernasib sama tenang, aku mau ngasih referensi. Aku mengandalkan try out dan latihan soal 80% dari buku SBMPTN ku (terdapat kunci jawaban serta alasan) dan 20% dari video youtube.

4.       RASIONALISASI

Rasionalisasi perlu dilakukan untuk mengukur seberapa besar peluang kursi yang bisa kalian masuki. Dalam catatan jangan terlalu sering ya, itu akan membuat kalian panik dan tidak percaya diri. Sekarang banyak berdiri akun yang membahas rasionalisasi.

Dulu, karena pesan ku di instagram tidak terbalas oleh salah satu  akun rasionalisasi, akhirnya aku merasionalisasi nilaiku sendiri lewat snapgram akun instagram tersebut. Kalo kata aku rasionalisasi itu mencegah “bunuh diri” dengan sadar nilai, ya nggak sih? Iya in.

5.       TAQWA KEPADA-NYA DAN BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANGTUA

Nah! Sebenernya ini adalah poin terpenting, karena kita tidak akan lolos tanpa seizinNya. Coba baca cerita ini, misal sahabat kalian kehilangan uang 5000 rupiah padahal itu adalah lembar terakhir di kantongnya dan sebenernya mau dipake buat ongkos pulang, jika kalian punya uang kalian mau bantu nggak? Aku percaya sebagian besar dari kalian bakal jawab iya, kalian mau ngebantu karena apa? Karena kalian dekat, kalian kenal. Begitu juga dengan Allah, Allah ngga bakal sungkan ngebantu kalian jika kalian dekat denganNya, jadi mendekatlah padaNya, apada Sang Khaliq, Sang sebaik-baik takdir. Sholat lima waktu dijaga, dhuha, doakan teman-teman kalian, lebih bagus lagi jika puasa senin-kamis, tahajud, dll.

Nah, selanjutnya bukankah kalian tahu RidhoNya itu terletak di orangtua kita? Maka dari itu jangan lupa untuk memuliakan orangtua kita, sering bantu, kurangi kata-kata yang menyakiti orangtua dan buat mereka senang akan kehadiran kita.

6.       KEEP UPDATE AND HEALTHLY

Jangan lupa untuk update informasi terbaru, tujuannya adalah agar kita bisa mempersiapkan sedini mungkin dan tidak panik. Pengalaman di tahun ku, dulu tanggal pelaksanaan UN dirubah, sistem SBMPTN di rubah dll. Karena aku termasuk orang yang update, aku  bisa mempersiapkan dengan mengejar materi sesuai tanggal yang telah ditetapkan. Aku percaya semua smartphone kalian bagus-bagus kok!

SEHAT itu wajib bukan pilihan, banyakin minum air putih buah-buahan agar badan kalian tetap vit, jangan sampai saat hari H kalian tumbang itu akan menjadi hal yang sia-sia.

7.       JIKA SEMANGAT KALIAN KENDOR

Aku berharap hal ini tidak terjadi pada kalian, tapi jika terjadi apa boleh buat? Kita manusia aku juga mengalaminya. Dulu setiap semangat belajarku menurun, aku selalu buka video OSPEK universitas impianku di youtube, aku bayangin jika aku bisa di posisi itu jika aku belajar. Lalu menempel foto universitas impian di sampul buku SBMPTN, dan ingat lagi bahwa tujuan kita apa, kita sudah jalan lo ini jangan berhenti. Ibarat kalian sedang di tengah laut, jika tidak bergerak kalian akan mati, dalam artian kalian akan kalah!. So, apakah kalian ingin kalah?.

8.       GUNAKAN KESEMPATAN

Karena akses desa-kabupaten yang jauh, aku tidak mengikuti bimbel. Jika bingung mengenai materi aku tidak sungkan bertanya kepada guru. Malah terkadang ada beberapa guru yang bersedia didatangi rumahnya loh! Itu artinya kalian jangan sungkan untuk meminta tolong kepada siapapun. Dan jika kalian sudah bertekad baik, Allah akan mendatangkan orang-orang yang baik kepada kalian, percayalah!

Jadi gimana? Semoga setelah kalian baca artikel ini semangat kalian muncul dan terus tumbuh ya! Buat temen-temen yang punya tips lain bisa komen di bawah ya kita sharing bareng, berbagi kebaikan itu asik loh! Aku doakan yang terbaik untuk kalian, good luck 2 bulan kedepan :>

Nantikan artikel selanjutnya!



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Apr 15, 2020, 10:23 PM - Shinta Kusuma
Dec 14, 2019, 8:49 AM - Febry Winarto
May 15, 2020, 11:58 PM - Putra Mangaratua Siahaan
Recent Articles
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma
Aug 5, 2020, 12:31 AM - Singgih Tri Widodo