16 Kebiasaan Malam Hari yang Menjadikan Waktu Pagi Hari Anda Lebih Berkualitas

16 Kebiasaan Malam Hari yang Menjadikan Waktu Pagi Hari Anda Lebih Berkualitas

Banyak orang yang melakukan rutinitas malam sambil menonton acara televisi sampai larut malam, dan parahnya lagi sampai mata ngantuk baru deh..beranjak ke tempat tidur. Dengan terseok-seok pergi ke kamar mandi, menggosok gigi, buang air kecil dan baru terkapar di tempat tidur.  

Walhasil paginya bangun dengan kepala pusing dan menyesal telah tidur larut malam, namun pada malam harinya, kebiasaan tidur larut malam tersebut dilakukan lagi dan lagi...

Pada  dasarnya, setiap orang mengerti bahwasanya tidur larut malam yang dilakukan setiap hari adalah kebiasaan buruk dan tidak baik untuk kesehatan mental dan fisik . Mau tidak mau, suka tidak suka, kebiasaan tersebut harus diubah demi kesehatan jangka panjang. 

Melakukan rutinitas malam hari yang sehat merupakan suatu kegiatan yang bisa menjadi suatu hadiah bagi kondisi Anda di pagi hari. Mengapa?..karena jika Anda tidur lebih awal tanpa pikiran yang mengganggu maka di pagi hari, perasaan Anda akan menjadi lebih bahagia tanpa beban. Hal itu berkaitan dengan menjaga kesehatan mental secara benar dan itu adalah “hadiah” yang manis di pagi hari.

Jadi, ketika membangun rutinitas malam hari Anda, ada baiknya bertanya terlebih dahulu pada diri sendiri, “ Bagaimana perasaan saya di pagi hari?”..Jika Anda merasa bahagia tanpa beban maka jadikan perasaan tersebut sebagai tujuan Anda melakukan rutinitas malam hari secara sehat dan benar. Dan kabar baiknya, tujuan tersebut dapat dicapai dengan membangun kebiasaan tidur yang baik secara rutin.

Sebelum kita membahas beberapa kebiasaan itu, perlu dicatat bahwa setiap rutinitas malam hari yang efektif harus memiliki fondasi yang tepat. Faktor-faktor seperti waktu tidur Anda, asupan kafein, olahraga rutin, dan waktu nonton TV atau gadget, semua memiliki dampak pada kualitas tidur yang Anda dapatkan. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara membangun kebiasaan tidur yang baik, mulailah dengan melakukan penyusunan daftar cara-cara yang dapat merusak tidur malam Anda.

Begitu Anda paham dan mengerti akan dasar-dasarnya, maka Anda sudah dapat mempersonalisasikan rutinitas malam hari Anda dengan kegiatan dan kebiasaan yang Anda rasa santai dan bermanfaat. Rutinitas malam ideal Anda akan menjadi sesuatu yang unik bagi Anda, jadi anggaplah ide-ide dalam daftar di bawah  ini sebagai titik awal rutinitas malam Anda, bukan merupakan suatu panduan akhir yang mengikat. 

1. Lakukan persiapan ringan untuk besok pagi

Gunakan rutinitas malam hari Anda untuk menyederhanakan rutinitas pagi Anda. Itu dapat mencakup hal-hal seperti menyiapkan pakaian untuk besok hari, mengisi pembuat kopi Anda sehingga ketika pagi hari yang harus Anda lakukan hanya menekan tombol Start saja, atau menuliskan apa saja yang harus dilakukan untuk daftar tugas pagi Anda. Pada dasarnya, apa pun dapat  Anda rencanakan malam harinya dengan tujuan memiliki pagi yang santai dan positif sehingga Anda dapat memulai hari dengan mood yang bagus

2. Terhubung dengan seseorang

Jika Anda sibuk dan stres, mungkin Anda merasakan bahwa ketika malam tiba, maka yang ingin Anda lakukan adalah mengintropeksi ke dalam diri Anda sendiri, mungkin dengan menonton TV atau minum anggur atau kegiatan lain yang memungkinkan Anda menyegarkan otak untuk malam itu. Dan itu semua adalah ide yang baik dan tidak ada yang salah dengan semua kegiatan itu.

Dan ide yang terbaik adalah berupaya terhubung dengan orang lain dengan cara mudah untuk dilakukan setiap malam, seperti mengirim SMS atau mengirim email kepada seseorang yang Anda sayangi atau berbicara dengan pasangan atau teman.

Ini membantu untuk menghubungkan Anda dengan seseorang dan mengingatkan Anda bahwa Anda tidak sendirian. Dengan kata lain, Anda akan selalu merasa ada yang memperhatikan Anda karena Anda selalu terhubung dengan orang lain dan tidak sendirian di  planet ini. 

3. Membersihkan dan merapikan 

Lakukan kebiasaan membersihkan dan merapikan tempat disekitar Anda setiap malamnya. Hal ini memang merupakan hal yang berat apalagi jika sedang stress dalam bekerja. Namun kabar baiknya, jika Anda mempraktikkan sesuatu dengan teratur, pada akhirnya akan lebih mudah. Setelah rutinitas tersebut menjadi bagian normal dari keseharian Anda, maka Anda akan merasakannya sebagai suatu kebiasaan.

4. Berlatih membuat jurnal yang bertema terima kasih

Cobalah membiasakan diri untuk mengakui apa yang Anda syukuri. Berlatih unutk bersyukur adalah salah satu cara kecil untuk membuat peningkatan besar dalam kesehatan mental.  

Jika Anda baru berlatih, mulailah dengan menuliskan satu hal yang Anda syukuri setiap malam dalam jurnal Anda. Mungkin sesuatu hal sepele, seperti seprai yang baru dicuci. Anda bahkan tidak perlu menuliskannya jika itu bukan gaya Anda, cukup berkomitmen untuk memikirkannya sebelum tidur. 

5. Membaca

Jika Anda sudah terbiasa membaca sebelum tidur, maka hal terebut merupakan suatu kebiasaan yang bagus. Mengapa?..karena membaca buku sebelum tidur merupakan inti dari keseluruhan tujuan rutinitas malam yang baik.

Pada dasarnya, tujuan dari rutinitas malam hari adalah untuk melepas lelah dan membiarkan dunia Anda menjadi lebih kecil dan lebih kecil sampai itu hanya Anda, bantal Anda, dan tidur malam Anda yang berkualitas. Anda ingin melepaskan diri dari stres dan stimulasi hari itu. 

Itulah keindahan membaca buku. Fokus Anda beralih dari peristiwa keseharian Anda di hari itu menjadi hanya berfokus pada satu cerita yang Anda baca. Da hal Itu menjadikan semuanya menjadi lebih kecil sampai Anda bisa tertidur lelap. 

6. Pijatlah diri Anda

Ini tidak hanya berguna untuk membuat Anda merasa lebih relaks, tetapi juga menjadikan Anda untuk mengambil waktu sejenak untuk menghargai tubuh Anda atas semua yang telah dilakukannya sepanjang hari. Cara Anda melakukan ini dapat bervariasi. Seperti halnya mengambil lotion aroma terapi favorit Anda dan benar-benar meluangkan waktu Anda untuk memijat tubuh Anda meskipun hal tersebut sulit dilakukan untuk tubuh bagian belakang Anda. 

Anda juga bisa mencoba pijatan wajah yang seperti halnya di spa atau menggunakan roller busa jika lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Atau Anda dapat membeli alat pijat punggung dan leher dengan kualitas yang bagus di toko online atau toko yang menjual alat-alat kesehatan di kota Anda.

7. Nikmati secangkir teh tanpa kafein

Mungkin bagi sebagian orang secangkir teh dapat merelaksasi tubuh dan pikiran ketika akan menuju tempat tidur. Secangkir teh yang berkualitas adalah lebih dari sekadar segelas daun  teh yang diseduh dengan air panas tetapi lebih merupakan sumber kehangatan dan kenyamanan dalam suatu proses relaksasi. 

Lebih dari sekadar menjadi kebiasaan yang menyenangkan menjelang tidur, ritual menyeduh secangkir teh juga bisa berfungsi sebagai sinyal bahwa sudah waktunya untuk melakukan persiapan untuk tidur. 

8. Melakukan meditasi untuk tidur yang lebih berkualitas

Banyak yang skeptis bahwa meditasi tidak ada manfaatnya untuk menunjang kualitas tidur Anda. Hmm..salah besar!!  Jika Anda adalah seseorang yang mengalami kesulitan untuk melakukan relaksasi di penghujung malam atau sulit mengontrol pikiran Anda yang ngalur ngidul entah kemana sehingga sulit tidur, maka meditasi bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi problematika sulit tidur Anda. Meditasi berfungsi untuk membantu Anda mengatur pernapasan dan membuat kondisi batin Anda menjadi lebih  tenang pada saat akan memasuki fase tidur, meminimalisir pikiran-pikiran berat yang membuat Anda tidak bisa tidur.

9. Memanfaatkan aplikasi di internet

Seiring dengan perkembangan teknologi internet sekarang ini, ada banyak aplikasi di internet yang dapat memberi panduan kepada Anda dalam memulai dan mengorganisir kegiatan yang baik dilakukan di malam hari untuk mensupport waktu pagi hari Anda agar menjadi lebih indah dan berkualitas. 

10. Menyiapkan camilan sehat

Biasanya menjelang tidur rasa lapar sering mengusik. Saatnya Anda menyiapkan stoples berisi kacang-kacangan. Atau persiapkan isi kulkas Anda dengan buah-buahan segar yang siap Anda potong ketika lapar di malam hari.

11. Makan malam yang seimbang dan secara perlahan-lahan

Gaya hidup sehat bukan berarti Anda harus menghindari makan malam. Makanlah dengan kompisisi seimbang: sayuran, protein, dan lemak sehat di piring Anda. Makan dengan perlahan akan memberikan rasa kenyang sehingga Anda tidak butuh porsi besar. Dan makan malam sebaiknya beberapa jam sebelum waktu tidur.

12. Minumlah segelas air putih

Biasakanlah ketika akan tidur, minumlah air putih secukupnya atau cukup  segelas air putih saja untuk menjadikan kondisi  tubuh tetap terhidrasi selama Anda tidur. Kebiasaan ini juga dapat menjadikan kulit sehat dan cerah ketika pagi hari.

13. Mengatur alarm satu jam lebih cepat

Jika Anda terbiasa bangun pukul 6 pagi, maka mengatur alarm agar berbunyi pukul 5 pagi akan membantu Anda memiliki waktu lebih untuk olahraga. Melakukan oleh raga ringan  di pagi hari dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh, dan dapat mengeluarkan hormon endorfin sehingga menyegarkan pikiran Anda. Akan tetapi, sangat direkomendasikan jika Anda dapat bangun lebih cepat tanpa menggunakan alarm. Bagi yang belum terbiasa, bangun tanpa alarm bisa dilatih dengan teratur, asal Anda tidur di waktu yang sama setiap malam.

14. Tulis Daftar Tugas untuk Besok

Kita semua tahu tidak mudah mengingat dan menyimpan sesuatu di dalam otak karena rentan lupa. Itulah kenapa kita butuh evaluasi, butuh mencatat kembali, dan butuh untuk mengulang-ulang hafalan. Menuliskan catatan-catatan seperti ini membuat otak kita tidak kewalahan dan lebih lancar memproses dan menyaring apapun yang lebih penting. Coba tuliskan apa saja yang kamu resahkan dan pikirkan, hal itu akan menjadikan otakmu terasa lebih ringan.

Menulis daftar apa yang harus dilakukan untuk esok hari menjadikan diri kita  tetap fokus  pada hal-hal penting yang harus diselesaikan. 

15. Selalu Menjaga Kebersihan Diri

Untuk kebiasaan yang satu ini dipastikan sangat penting untuk dilakukan. Misalnya seperti mencuci muka Anda, membersihkan make up, memakai pelembap, menggosok gigi, membersihkan kontak lensa, sampai pada kebersihan tempat tidur kita. Ruang yang berantakan dan kotor membuat pikiran kita ikut tidak rileks. Maka bersihkanlah ruangan Anda terutama kamar tidur Anda setiap hari.

16. Evaluasi harimu

Hebatnya manusia punya kemampuan unik untuk mengevaluasi dirinya sendiri. Manusia selalu berusaha untuk lebih baik dari hari ke hari. Entah lebih baik dari segi emosi, fisik, maupun mental. Hal ini baik untuk merenungkan dan bertanya kepada diri sendiri tentang hari yang sudah dilalui. Misalnya:

Apa saja yang berhasil atau selesai?

Apa saja yang tidak berhasil?

Pelajaran apa yang kamu dapatkan hari ini?

Apakah kamu sudah produktif hari ini?

Pertanyaan-pertanyaan ini memang terlihat sepele pada awalnya. Tetapi, jika Anda telah terbiasa membuat daftar evaluasi harian, maka kamu akan jauh lebih mudah menemukan kebiasaan yang harus ditinggalkan dan kemudian mengubahnya. Hal ini akan berpengaruh pada kebiasaan yang lebih baik pada hari-hari ke depannya.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Berbagi artikel kepada orang lain, itu menyenangkan...jika artikel itu dibaca orang lain, itu membahagiakan....

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Apr 15, 2020, 10:23 PM - Shinta Kusuma
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin