Ini dia, 13 Wisata Alam Bandung yang Wajib Untuk Dikunjungi

Ini dia, 13 Wisata Alam Bandung yang Wajib Untuk Dikunjungi

Bandung adalah kota metropolitan terbesar di daerah Jawa Barat. Kota yang sering juga disebut sebagai Kota Kembang ini merupakan destinasi wisata paling recomended untuk dikunjungi bersama orang-orang terdekat. Bukan hanya keindahannya saja yang melenakan, tetapi kuliner, budaya bahkan peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di sana juga sangat sayang untuk dilewatkan. 

Bandung yang jaraknya hanya 140 km di sebelah Tenggara kota Jakarta itu mempunyai banyak destinasi wisata. Mulai dari wisata sejarah, kuliner, budaya, sebagai pusat perbelanjaan modern dan tradisional, hingga pemandangan kota yang begitu indah. Tak heran jika kota yang cenderung sejuk ini disebut sebagai Parijs van Java. Kota ini pun menjadi semakin maju dan modern saat dijadikan sebagai tuan rumah untuk ASIAN GAMES pada tahun 2018 yang lalu.

Bagi Anda yang datang dari provinsi lain, jangan khawatir. Saat berada di Bandung Anda akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang tentunya akan sangat membantu saat Anda berada di sana. Liburan bersama keluarga akan semakin seru dan menarik serta dengan biaya yang relatif sangat murah, tentunya. Apalagi setelah terbukanya tol Cipularang, akses melalui Jakarta-Bandung menjadi lebih mudah dan cepat bebas hambatan.

Artikel kali ini akan membahas mengenai wisata alam terkenal di kota Bandung. Nah, apa sajakah wisata alam Bandung yang bisa Anda kunjungi saat berlibur nanti? Berikut ada 13 wisata paling sering dikunjungi dan  akan kita ulas satu per satu. 

1.  Gunung Tangkuban Perahu

Siapa yang tidak kenal nama gunung legenda satu ini yang berasal dari sebuah cerita rakyat yang terus lestari di telinga masyarakat Indonesia. Gunung ini merupakan gunung merapi yang letaknya adalah 20 km ke arah utara dari Bandung Kota, di antara Subang dan Lembang. Bentuk gunung ini sangat mirip dengan perahu terbalik. Konon, ini adalah perahu yang dibuat oleh Sangkuriang untuk Dayang Sumbi, tetapi karena marah perahu itu kemudian ditendang dan berubahlah perahu itu menjadi sebuah gunung.

Pemandangan eksotis yang ditawarkan sangat menghipnotis dan terus menarik para pengunjung dari berbagai daerah bahkan manca negara. Tak heran, mereka tentu penasaran melihat langsung bagaimana suasana di sekitar gunung tersebut. Terlebih kisah di baliknya yang cukup misterius.

Gunung Tangkuban Perahu

Wisata ini termasuk ikon yang sudah cukup lama, meski mulai banyak bermunculan destinasi wisata baru, Gunung Tangkuban Perahu tetap eksis dan tak lekang oleh perkembangan zaman. Belum lengkap rasanya perjalanan liburan ke Bandung jika belum mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.

2. Kawah Putih Ciwidey

Destinasi wisata ini juga tak kalah populer. Terutama bagi para pecinta alam dan pendaki. Rasa lelah menempuh perjalanan sejauh 50 km dari selatan Bandung akan terbayar saat berada di sini. Kawah ini merupakan hasil bentukan dari letusan gunung Patuha. Warna tanah dan airnya yang unik karena kadar belerang yang ada di sana. Selain tanahnya yang putih, warna airnya juga berwarna putih kehijauan dan dapat berubah warna tergantung kandungan belerang, cuaca dan suhu pada saat itu.

Namun, di balik keunikan tersebut justru menjadikan tempat ini begitu indah dan tampak romantis. Selain sebagai tempat wisata, banyak pengunjung yang mengabadikan moment indah dengan berfoto di daerah ini. Tempat ini juga pernah menjadi salah satu background film Heart yang dibintangi oleh Nirina Zubir, Irwansyah dan Acha Septriasa.

Kawah Putih Ciwidey, Bandung ini terletak di dataran tinggi pegunungan, yakni 2.400 di atas permukaan laut. Itulah mengapa kawasan ini sangat dingin. Suhunya sekitar 8-22 derajat celcius. Pastikan Anda dan keluarga mengenakan pakaian yang nyaman dan cocok untuk menghadapi suhu di sana. Apalagi jika Anda berasal dari daerah lain yang memiliki suhu jauh lebih tinggi.

Kawah Putih Ciwidey

Fasilitas di sini juga cukup lengkap mulai penginapan, warung dan restoran, parkir luas, toilet, musholla (ruang beribadah bagi yang muslim), pusat informasi serta ada fasilitas transportasi menuju lokasi wisata. Seru, bukan?

3. Danau Situ Patenggang

Tidak jauh dari lokasi kawah putih Ciwidey, terdapat sebuah danau indah dan jernih. Danau Situ Patenggang, yang terletak 7 km dari kawah putih. Pemandangan yang begitu menawan, menjadikan tempat ini cukup ramai oleh pengunjung setiap waktu. Selain dapat menikmati lanskap yang eksotis, pengunjung juga dapat bermain air dan naik perahu mengelilingi danau seluas 45.000 hektar. 

Danau yang terletak 1.600 mdpl ini juga dikelilingi oleh kebun teh Rancabali. di tengah-tengahnya terdapat sebuah pulau kecil, yang konon adalah perahu yang dipakai oleh Dewi Rengganis dan Ki Santang. Selain itu, ada juga Batu Cinta, menurut kepercayaan mitos sekitar, cinta Anda akan abadi jika mengunjungi batu itu bersama pasangan.

Bukan hanya pemandangan saja yang bisa Anda nikmati di sini. Di Danau Situ Patenggang Anda dapat mengunjungi kapal Phinisi, Kebun teh, lokasi camping dan kebun strawberry. Mengunjungi Danau Situ Patenggang saat berwisata ke Bandung adalah pilihan tepat. Fasilitasnya pun terbilang sangat lengkap dan membuat nyaman acara liburan bersama orang tersayang.

4. Air Panas Ciater

Tidak lengkap rasanya jika wisata Bandung yang satu ini tidak disambangi. Pemandian air panas yang berasal dari salah satu kawah Gunung Tangkuban Perahu  ini sangatlah bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, keindahan alam dan cuaca yang sejuk akan melepas kepenatan Anda serta memberi kesan menarik tersendiri. Fasilitas di sini juga lengkap, Anda tidak perlu khawatir memikirkan penginapan, tempat makan atau hal lain. Jalur rute ke daerah ini pun cukup aman dan mudah dilalui.

Lokasi Pemandian air panas ini terletak 30 km dari kota Bandung tepatnya di Jalan Raya Ciater, Nagrak, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Untuk menuju lokasi Anda juga akan melewati Lembang yang juga banyak memiliki destinasi wisata menarik. Wisata alam yang satu ini memiliki luas hingga 30 hektar dan mampu menampung pengunjung hingga 60.000 orang. Tiket masuk yang ditawarkan pun terbilang cukup murah, yakni kisaran 35-80 ribu rupiah tergantung lokasi pemandian yang ingin Anda masuki.

5. Kebun Strawberry Ciwidey

Memetik dan mengunjungi kebun strawberry akan memberi kepuasan tersendiri bagi Anda yang sedang berlibur. Wisata yang satu ini juga sangat menarik. Buah strawberry di kebun ini cenderung lebih besar, segar dan manis asam rasanya. Tidak heran mengapa kebun strawberry yang satu ini cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Anda cukup membayar tiket masuk dan menikmati keindahan kebun. Jika ingin membawa pulang buah strawberry juga boleh, silakan petik sepuasnya dan buah-buah itu akan ditimbang untuk dibayar. Kapan lagi bisa makan strawberry segar hasil petikan sendiri?

Di kawasan Ciwidey ini banyak juga destinasi wisata lain yang wajib untuk dikunjungi, seperti Bukit Jamur yang terkenal, perkebunan teh, tempat camping dan penangkaran rusa, serta masih banyak lagi, loh!

6. Sendang Geulis Kahuripan

Lokasi wisata yang satu ini, masih tergolong baru dan mungkin belum banyak wisatawan yang tahu. Sebelumnya, Sendang Geulis Kahuripan memiliki nama Talaga Cikahuripan, atau juga Sirah Cai Kahuripan. Sesuai dengan arti namanya, danau yang berasal dari mata air pegunungan ini memang merupakan sumber kehidupan masyarakat sekitar. 

Air yang terdapat di danau ini begitu jernih dan kaya oksigen. Menurut kepercayaan sekitar, bagi wanita yang menginginkan kulit cantik dan mulus dapat berendam di kolam ini, bahkan muncul mitos bahwa air di Sendang Geulis bisa menjadikan kita awet muda.

Meski terbilang baru, fasilitas di sini juga cukup lengkap. Mulai penginapan, tempat makan, Musholla, ruang ganti dan tentunya harga tiket masuk sangat bersahabat. Pemandangan yang disuguhkan juga sangat menawan dan memanjakan mata para pengunjung. Jadi, jika Anda sedang berwisata ke Bandung, jangan lupa mampir ke sini, ya!

7. Taman Batu atau Stone Garden

Anda penyuka pemandangan artistik dan unik? Jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Taman batu yang terletak di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat ini. Pemandangan eksotis dan instagramable ini juga cocok buat siapa saja yang hobi fotografi. Belakangan, destinasi Taman Batu menjadi cukup populer di kalangan traveler dan para wisatawan dari berbagai daerah. Tidak jauh dari situ, ada pula Gua Pawon yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Harga tiket masuknya pun terbilang cukup murah loh, Anda hanya cukup mengeluarkan uang 3-10 ribu rupiah saja untuk menikmati pemandangan luar biasa ini.

8. Wisata di Pangalengan

Nah, wilayah Pangelengan yang terletak di Kabupaten Bandung ini juga memiliki banyak pilihan obyek wisata. Salah satunya adalah Situ Cileunca berikut. Suasana lanskap yang membuai siapa saja dengan suasananya nan syahdu. Anda bisa berwisata sambil berkemah atau melakukan aktivitas menyenangkan lainnya di sini.

Selain  itu, ada pula destinasi wisata alam lain seperti Pemandian Air Panas Cibolang, Situs Rumah Adat Cikondang, Sungai Palayangan, Sunrise Point Cukul, dan masih banyak lagi. Mengunjungi wisata alam itu tidak akan membuat Anda menyesal, karena pemandangan  alamnya yang begitu indah.

9. Curug 

Curug atau air terjun banyak sekali di wilayah Bandung. Curug-curug ini dapat menjadi destinasi wisata yang menakjubkan dan menyenangkan bagi Anda sekeluarga tentunya. Salah satunya adalah Curug Maribaya yang terletak di daerah Lembang ini. Di sini Anda juga dapat menikmati wisata lain seperti wisata pemandian air panas dan untuk Anda yang membawa anak-anak. di Curug Maribaya juga tersedia wahana permainan anak-anak. 

Curug Maribaya

Selain Curug Maribaya, masih ada banyak curug lainnya yang bisa Anda kunjungi seperti Curug Dago, Curug Aseupan dan lain sebagainya.

10. Wisata di Lembang

Kawasan Lembang, Bandung Barat juga terkenal dengan banyaknya destinasi wisata, outbound dan juga lokasi camping yang sangat sayang untuk dilewatkan. Beberapa di antaranya ada Dago Dream Park, Lembah Dewata, Gunung Putri dan masih banyak yang lainnya. Jadi, tidak perlu khawatir akan kehabisan lokasi kunjungan saat Anda berada di Lembang.

Saat berada di Gunung Putri yang memiliki ketinggian 1587 meter di atas permukaan laut, Anda akan disuguhkan pemandangan sunrise maupun sunset yang begitu mempesona. 

Jika ingin menikmati berbagai wahana permainan dan melihat pepohonan pinus, maka pilihannya adalah di Dago Dream Park yang memiliki lahan seluas 11 hektar lebih. Taman ini menyediakan berbagai fasilitas permainan dan kegiatan yang membantu Anda merasakan sensasi liburan berbeda bersama keluarga tentunya.

11. Wisata Perkebunan Teh

Bandung juga terkenal dengan wisata alam perkebunan tehnya. Ada beberapa perkebunan teh yang patut untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Perkebunan Teh Sukawana. Mengunjungi perkebunan teh ini, Anda akan dapat menikmati pemandangan yang indah, mengikuti kegiatan tea walk, hingga mengunjungi pabrik pengolahan teh dan melihat proses pembuatan teh. Liburan di sini bersama keluarga adalah pilihan yang sangat tepat. Dengan membayar tiket masuk seharga 10 ribu rupiah, Anda sudah bisa memasuki area perkebunan yang berada di desa Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Jawa Barat ini.

12. Tebing Keraton Dago Atas

Tebing Keraton Dago Atas merupakan wisata Bandung yang masih termasuk di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Wisata alam yang satu ini mempunyai pemandangan hijau yang menyegarkan. Kepenatan dari pekerjaan dan cuaca di kota yang penuh polusi akan terobati saat Anda ke sini. Lokasi tepatnya tebing Keraton terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung ini tidak akan mengecewakan ekspektasi Anda sekeluarga. 

Pemandangan sunrise di sini sangatlah indah ditambah dengan kumpulan  kabut putih tipis yang masih menggelantung di pepohonan. Benar-benar bagai seperti negeri di atas awan. Untuk mendapatkan pemandangan menakjubkan ini, Anda harus rela datang pagi-pagi sebelum pukul 05.30 WIB. Jangan lupa memakai pakaian tebal, ya. Di sini, dingin sekali karena tebing ini berada di 1.200 meter di atas permukaan laut.

Bukan, hanya sunrise-nya saja yang menawarkan keindahan istimewa. Pemandangan saat matahari terbenam pun tak kalah indah. Sayang sekali untuk dilewatkan. Selain itu, bagi Anda yang sudah jalan kaki dan bersepeda, lokasi ini juga tersedia jalur-jalur yang mudah ditempuh dan hutan-hutan yang asri. 

Anda juga bisa berkemah di sini sambil menunggu sunrise di pagi hari.  Pengelola telah menyediakan camping ground seluas lapangan sepak bola dengan fasilitas lengkap seperti musholla, toilet, dan gazebo mini. Anda bisa membawa perlengkapan sendiri atau menyewanya dari pengelola. 

13. Wisata di Parongpong

Wilayah Parongpong, Bandung Barat ini juga terdapat destinasi yang tak kalah menarik. Anda bisa menikmati sunset dan sunrise di padang rumput di kawasan Parongpong, yakni Padang Rumput Cihideung. Lokasi ini cukup viral di kalangan traveler, termasuk traveler Indonesia. Berawal dari sebuah postingan di media sosial, lokasi ini pun menjadi destinasi wisata yang cukup ramai.

Sekilas dilihat, mungkin tampak seperti padang rumput yang biasa saja. Namun, menurut para wisatawan padang rumput Cihideung ini mirip sekali dengan suasana padang savana di New Zealand. Kabar baiknya, tanpa bayar tiket mahal Anda sudah bisa menikmati lanskap menawan sekaligus dapat menjadi background foto yang sangat cantik. Namun, harus izin dengan pengelola setempat, karena area ini sempat ditutup karena termasuk dalam wilayah kawasan militer.

Itulah dia ketiga belas jenis wisata alam yang wajib Anda kunjungi saat berada di Bandung. Jangan lupa untuk membawa perbekalan yang cukup, stamina terjaga serta mengumpulkan informasi penting mengenai tujuan wisata Anda. Mulai dari tempat menginap, lokasi parkir jika membawa kendaraan pribadi, harga tiket masuk, dan lain sebagainya. Sehingga liburan Anda sekeluarga akan terasa sangat menyenangkan dan berjalan mulus tanpa kendala. Selamat Berwisata!



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Generasi millenial yang suka gaya dan hal-hal klasik. Selera humornya receh dan selalu canggung di setiap keadaan. Dua hal yang membuat ia bahagia menatap kehidupan adalah menggeluti pekerjaannya sebagai pengajar dan penulis.

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Mar 18, 2020, 9:15 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma
Aug 5, 2020, 12:31 AM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 12:28 AM - Adre Zaif Rachman