13 Software yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Matematika !

13 Software yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Matematika !

Ketika kamu memilih jurusan matematika, nantinya kamu tidak hanya sekedar menghitung. Kamu akan mempelajari suatu teorema dan pembuktiannya, serta kamu akan menerapkan ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan matematika inilah yang nantinya membutuhkan suatu software. Sebagai calon mahasiswa matematika ataupun yang masih mahasiswa baru harus tahu nih. Simak yuk !

1. Android Studio

description
 
Develepor Android Studio

Android Studio merupakan software yang digunakan untuk membuat suatu aplikasi dengan kode-kode. Biasanya mahasiswa matematika menggunakan software ini ketika ada mata kuliah pemrograman perangkat mobile.

2. App Inventor

description
 
App Inventor

App inventor atau yang dikenal dengan MIT App Inventor digunakan untuk membuat aplikasi bagi sistem operasi Android. App inventor bisa digunakan secara online melalui website https://appinventor.mit.edu/ dan bisa juga digunakan secara offline dengan didownload terlebih dahulu. Software ini juga akan kamu temukan pada mata kuliah pemrograman perangkat mobile.

3. Eclipse

description
 
Eclipe

Hampir sama dengan Android Studio, Eclipse berfungsi untuk mengembangkan suatu aplikasi. Walaupun Eclipse lebih rumit dalam penggunaannya, tetap saja Eclipse lebih sering digunakan. Hal ini dikarenakan Eclipse cocok dengan komputer 32 bit, dimana sering digunakan oleh mahasiswa. Sama dengan Android Studio, Eclipse juga digunakan saat bertemu mata kuliah pemrograman perangkat mobile.

4. Euler Math Toolbox

description
 
Euler Math Toolbox

Merupakan software numerik mencakup Maxima untuk simbol komputasi. Fitur termasuk library  untuk algoritma numerik, optimasi, merencanakan dalam 2D ​​dan 3D, ekspor grafis, sistem bantuan lengkap, tutorial dan contoh. Nantinya kamu akan menggunakan software ini ketika kamu bertemu mata kuliah metode numerik.

5. Geogebra

description
 
Geogebra

Ketika kamu bertemu mata kuliah geometri, nantinya kamu akan disuruh menggunakan software Geogebra. Jadi, kamu tidak perlu repot untuk menggambar suatu bidang atau lainnya, dan kamu akan lebih mudah dalam memahami Geometri. Tak hanya itu, software ini bisa digunakan untuk mata kuliah aljabar dan kalkulus.

6. Grammarly

description
 
Grammarly

Ketika kamu menerjemahkan suatu dokumen dari bahasa indonesia ke bahasa inggris, biasanya kamu menggunakan google translate. Biasanya hasil translatenya masih ada yang salah. Nah, kamu bisa menggunakan software Grammarly untuk mengoreksinya agar menjadi benar translatenya.

7. LAZARUS

description
 
Lazarus

Lazarus merupakan software yang berguna untuk membuat suatu program. Jadi, kamu bisa menerapkan ilmu matematika ke dalam suatu program. Kamu nantinya akan menggunakan software ini ketika ada mata kuliah komputer.

8. LINDO

description
 
Lindo

Banyak masalah matematika yang tidak bisa diselesaikan secara manual. Oleh karena itu, beberapa masalah tersebut diperlukan sebuah software. Salah satunya masalah pemrograman linier yang diselesaikan dengan menggunakan LINDO (Linear Ineraktive Discrete Optimizer). Kamu akan menggunakan software ini ketika ada mata kuliah pemrograman linier.

9. MAPLE

description
 
MAPLE

Software ini biasa digunakan untuk menyelesaikan masalah matematika dalam berbagai bidang, yaitu stastistika dan aljabar.

10.  MATLAB

description
 
MATLAB

Merupakan software dengan bahasa pemrogaman tinggi yang berbasis matriks. Hal ini dikarenakan karena matriks dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dalam matematika, misalnya persamaan linier. Walaupun Matlab berbasis matriks, tidak menutup kemungkinan dapat menyelesaikan permasalahan non-matriks.

11. NOTEPAD++

description
 
Notepad++

Software ini merupakan pengembangan dari software sebelumnya yaitu notepad. Software ini digunakan untuk membantu memahami bahasa pemrograman, dengan fungsi sebagai teks editor, penyuntingan teks dalam bahasa pemrograman.

12. R & R Studio

description
 
Unige

R merupakan software yang biasa digunakan untuk mengolah dan menganalisis suatu data.Sedangkan R Studio merupakan integrated development environment (IDE) bagi R. Dalam menganalisis data, diperlukan suatu package dan harus diinstall terlebih dahulu. Sehingga diperlukan sebuah koneksi internet ketika menggunakan software ini. Tak hanya itu, software ini harus diupdate setiap waktu. Biasanya kamu akan memakai software ini ketika kamu memilih mata kuliah terkait statistika, misalnya komputasi.

Note:

Artikel Tidak Dimonetasi

- 11% Duplikasi Konten

- Terdapat Link Eksternal 



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Popular This Week
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin