13 Makanan Peningkat Sistem Imun untuk Cegah Corona

13 Makanan Peningkat Sistem Imun untuk Cegah Corona

Beberapa cara agar kekebalan tubuh Anda meningkat sehingga terhindar dari virus corona dan penyakit lainnya adalah menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Menerapkan pola hidup sehat dan bersih merupakan langkah awal dari pencegahan terhadap berbagai macam penyakit.

Hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih adalah :

1. Hindari rokok.  

2. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah

3. Berolahraga secara teratur

4. Mempertahankan berat badan yang ideal 

5. Tidak meminum alkohol

6. Tidur yang cukup

7. Mengambil langkah-langkah untuk mencegah infeksi seperti sering mencuci tangan dengan sabun dan tidak memakan daging mentah. 

8. Meminimalkan terjadinya stres

9. Memperhatikan kebersihan rumah dan lingkunagn sekitar

 

13  makanan peningkat sistem imun untuk cegah corona

Pencegahan terhadap virus corona maupun penyakit lainnya memang perlu dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat dan bersih. Namun Anda juga perlu memperhatikan asupan nutrisi sehari-hari. Pilihlah makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

 

Beberapa makanan yang mudah ditemui di sekitar kita terbukti bisa meningkatkan sistem imun. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari karena aman dan lebih alami. Makanan tersebut diantaranya :

1. Buah jeruk  mengandung banyak vitamin C yang tinggi dan berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C juga berfungsi untuk memerangi infeksi dan meningkatkan sel darah putih. Jenis jeruk yang populer kaya akan vitamin C seperti, jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk bali dan jeruk keprok.

2. Paprika Merah. Jenis sayur ini memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih banyak dari pada buah jeruk. Selain mengandung vitamin C yang berperan meningkatkan sistem imun, paprika merah juga memiliki kandungan beta karoten yang membantu memelihara kesehatan mata dan kulit. 

3. Brokoli. Sayur ini memiliki kandungan vitamin C, E, A, kaya akan serat  serta mengandung  antioksidan. Anda perlu memperhatikan proses memasaknya agar tidak terlalu lembek hingga menghilangkan kandungan gizinya.

4. Bawang putih. Selain terkenal sebagai bumbu dapur, bawang putih juga dipercaya mampu memerangi infeksi. Anda juga bisa mengonsumsinya untuk menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah. Bawang putih mengandung belerang seperti allicin yang bisaa membantu menjaga kekebalan tubuh.

5. Jahe bermanfaat untuk membantu mengurangi peradangan, sakit tenggorokan, maupun penyakit radangan lainnya. Jahe juga bisa mengurangi rasa mual. Selain itu, baru-baru ini juga penelitian menemukan bahwa jahe bisa mengurangi rasa sakit kronis serta memiliki sifat penurun kolesterol.

6. Bayam. Sayur ini tidak hanya kaya akan vitamin C namun juga mengandung antioksidan dan beta karoten yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dalam memerangi infeksi atau virus. Sama dengan brokoli, sebaiknya bayam juga jangan dimasak terlalu matang, sehingga nutrisinya tidak hilang.

7. Yogurt memiliki kandungan yang mampu merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Yogurt juga merupakan sumber vitamin D yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan dianggap bisa meningkatkan pertahanan alami tubuh kita terhadap penyakit.

8. Kunyit sering digunakan untuk bumbu dapur. Dalam hal pengobatan kunyit dikenal bertahun-tahun sebagai anti inflamasi. Kandungan curcuminnya yang tinggi juga dapat mengurangi kerusakan otot. Banyak produsen jamu herbal juga menggunakan kunyit sebagai bahan untuk jamu kekebalan tubuh.

9. Teh hijau dikenal sebagai anti oksidan yang baik. Selain itu teh hijau juga memiliki  L-theanine yang baik. Zat ini membantu produksi senyawa pelawan kuman. Teh hijau juga merupakan sumber asam amino. 

10. Pepaya mengandung vitamin C. Dalam satu buah pepaya terdapat 224 persen jumlah vitamin C harian yang disarankan. Pepaya juga mengandung enzim pencernaan papain yang memiliki efek anti inflamasi. Buah ini juga kaya akan kalium vitamin B, dan folat yang keseluruhannya baik bagi kesehatan tubuh Anda.

11. Kiwi. Seperti halnya pepaya kiwi mengandung banyak vitamin C. Selain itu terdapat zat kalium, folat, dan vitamin K.Vitamin C berperan meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi. Sementara zat lainnya dalam kiwi berperan menjaga seluruh tubuh berfungsi dengan baik.

12. Biji bunga matahari. Biasanya biji bunga matahari diolah menjadai makanan kwaci. Biji ini banyak mengandung zat penting seperti fosfor, magnesium, vitamin B6, dan sangat tinggi vitamin E. Biji bunga matahari juga dikenal memiliki anti oksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas.

13. Kerang. Beberapa jenis kerang dikenal mengandung banyak zink. Varietas kerang yang tinggi zink seperti kepiting, lobster, remis dan kerang. Zink merupakan mineral yang mampu meningkatkan sistem imun. Untuk pria memerlukan 11mg zink dan wanita hanya 8mg zink. Terlalu banyak kandungan zink juga tidak baik, malah akan membuat fungsi kekebalan tubuh Anda terhambat.

 

Memakan salah satu saja dari makanan di atas tidaklah cukup untuk melawan penyakit maupun virus corona. Anda perlu melakukan variasi makanan dan menerapkan pencegahan-pencegahan virus atau penyakit lainnya. Adakalanya vaksin penyakit atau virus juga diperlukan.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 20, 2020, 1:47 PM - Aisah Agil Wahyunita
Recent Articles