10 Website Penyedia Download Template Gratis

10 Website Penyedia Download Template Gratis

Daftar website penyedia template wordpress ini berbagi hingga ribuan koleksi template yang memiliki tampilan menarik, responsive, dan SEO friendly. Bagian terbaiknya: semua template wordpress gratis bisa anda download suka-suka.

 

Desain template memiliki pengaruh besar terhadap kualitas blog/website. Banyak pengunjung menutup blog/website yang dikunjungi gara-gara loading lama atau navigasi sulit digunakan. Karena itu, anda perlu meluangkan waktu khusus untuk memilih template berkualitas untuk kebutuhan blog/website anda.

 

10 Website Penyedia Template WordPress Gratis


1. WordPress

 

WordPress sudah pasti jadi tempat terbaik untuk mendapatkan template wordpress gratis. Tersedia lebih dari 2.000 template yang bisa dipilih dan langsung diterapkan di blog baru.

 

Untuk mempermudah memilih, anda bisa mencari template per kategori populer, terbaru, atau kategori tema blog misal bisnis, dan pendidikan, atau cari template berdasarkan fitur, jumlah kolom, dan jenis template.

 

Layangkan kursor di tengah thumbnail untuk melihat info lebih jelas, atau klik thumbnail template untuk lihat preview sebelum mendownload.

 

2. ThemeGrade

 

ThemeGrade memiliki ±1.600 template gratis dengan desain unik dan berkualitas. Sebagai jaminan kualitasnya, ThemeGrade menguji dan menilai setiap template yang mereka bagikan.

 

Setiap template diberi label sesuai dengan hasil tes, misal warna emas untuk template bernilai 90% plus, warna silver untuk template bernilai 80% plus, dan seterusnya. Makin tinggi nilai persentasenya berarti makin berkualitas.

 

Persentase ditentukan berdasarkan nilai penampilan secara umum dan nilai SEO template. Misal nilai penampilan adalah 100%, tapi nilai SEO adalah 84% karena Post & Page Heading SEO tidak memenuhi syarat, maka nilai totalnya jadi 94%.

Koleksi template dari ThemeGrade juga dibagi ke dalam beberapa kategori untuk memudahkan pengunjung mencari template sesuai tema atau layout.

 

3. flexithemes

 

Tersedia lebih dari 2.500 template untuk wordpress yang bisa didownload gratis. Template terbaru ditampilkan di halaman pertama sesuai default. Tapi kalau mau, anda bisa mencari template dari daftar yang paling lama.

 

Semua template juga bisa dicari berdasarkan keywords, atau filter menurut tata letak kolom, sidebar, dan warna. Atau cari berdasarkan kategori tema misal Restaurant, Entertainment, atau Finance.

 

4. Blog Oh! Blog

 

Jumlah koleksi template dari Blog Oh! Blog memang tidak sebanyak dari website lain, tapi semua template gratis yang mereka bagikan memiliki berkualitas bagus dan desain original yang mudah disesuaikan. Dari desain paling simple hingga desain yang kompleks.

 

Anda bisa klik demo untuk melihat tampilan template sebelum mendownload.

 

Tapi tidak ada widget search di website Blog On! Blog, jadi anda harus browsing laman web untuk melihat template satu per satu hingga anda menemukan template yang cocok.

 

5. JustFreeThemes

 

Selain download template, anda juga bisa upload dan berbagi template buatan anda di JustFreeThemes. Anda tidak harus buat akun member untuk download atau upload template. Tapi anda bisa daftar kalau ingin dapat info template terbaik dari JustFreeThemes lewat email.

 

Koleksi template gratis yang dibagikan sudah diberi rating hingga maksimal nilai 10. Rating ini diberi berdasarkan penilaian desain, kualitas kode, kecepatan, kemudahan untuk disesuaikan, dan support yang diberikan oleh desainer template.

 

Anda bisa melihat top 10 template di satu laman, atau mencari template lain berdasarkan keyword.

 

6. FabThemes

 

Di halaman depan website, FabThemes menjanjikan bahwa semua koleksi template wordpress yang mereka bagikan banyak variasi tema, bebas kode skrip yang tidak penting (no junk code), dan semua bisa langsung didownload gratis tanpa harus sign up.

 

Template bisa dicari berdasarkan kategori terbaru atau populer. Atau klik menu Collections dan Types untuk mencari template berdasarkan tema tertentu, misal pernikahan, makanan, berita, atau bahkan mencari template berdasarkan warna.

 

Anda bisa melihat live demo, atau seksi voting dan komentar dari masing-masing template, supaya anda makin tahu detail jelas dari template yang akan anda download.

 

7. WPExplorer

 

WPExplorer menyediakan koleksi template yang elegan, responsive, dan bersih. Walaupun jumlah koleksinya tidak sebanyak dari website lain.

 

Karena jumlah koleksinya terbilang sedikit, maka anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencari template yang anda  mau. Hanya perlu browsing beberapa halaman.

 

Preview dari setiap template bisa dilihat dalam satu halaman tersendiri sehingga anda bisa melihat desain dan cara kerja template yang sebenarnya.

 

Sayangnya, anda perlu buat akun untuk bisa download template di WPExplorer. Gratis, tapi merepotkan.

 

8. S5Themes

 

S5Themes adalah website khusus penyedia template wordpress gratis. Tapi koleksi template mereka tidak sebanyak website lain. S5Themes sepertinya lebih mengutamakan kualitas dari kuantitas. Karena itu, koleksi template mereka memiliki kualitas bagus yang layak pilih.

 

Walau jumlah koleksi template mereka sedikit, tapi semua template tetap bisa dicari berdasarkan kategori tertentu, seperti bisnis, blog, portfolio, event, atau komunitas.

 

Di laman info masing-masing template, terdapat changelog yang menunjukkan perkembangan  dari waktu ke waktu, XML Content dari templatedocumentation, dan support forum jika anda membutuhkan detail lengkap dari template yang dipilih.

 

Kalau tidak membutuhkan semua informasi itu, anda bisa klik View Demo untuk melihat desain template, atau langsung klik Download.

 

Sayangnya, anda perlu membuat akun pengguna gratis untuk download template gratis lengkap. Tapi XML Content bisa langsung didownload hanya dengan klik link XML Content tanpa basa-basi.

 

9. FreeThemeLayouts

 

Jumlah koleksi template dari FreeThemLayouts memang sedikit dibanding website lain, tapi semuanya gratis dan memiliki desain unik untuk diterapkan pada berbagai jenis website/blog wordpress.

 

Tersedia widget search untuk membantu anda mencari template tertentu. Atau anda bisa mencari template berdasarkan kategori populer, dan kategori waktu terbaru atau terlama.

 

Ukuran thumbnail yang tersedia di web kecil dan mungkin kurang jelas. Tapi anda bisa layangkan kursor di atas thumbnail untuk melihat screenshot template dalam ukuran lebih besar.

 

Link Demo tersedia di bawah setiap thumbnail template, jika anda perlu melihat desain template secara detail dalam satu halaman penuh, atau langsung klik link Download WP Theme di bawah thumbnail kalau sudah yakin dengan template pilihan anda.

 

Anda tahu bahwa selalu ada link kredit di bawah template gratis. Menghilangkan link kredit tersebut berarti pelanggaran lisensi hak cipta. Kalau anda ingin mendapatkan hak penuh atas template yang dipilih, anda bisa membelinya seharga $4,000 per template.

 

Mahal? Seperti itulah nilai yang dicantumkan di laman website FreeThemeLayouts.

 

10. Colorlib

 

Colorlib menyediakan satu laman khusus berisi lebih dari 60+ template responsive gratis khusus untuk wordpress. Proses download template juga tidak merepotkan.

 

Colorlib memang bukan website khusus penyedia template gratis seperti yang lain, tapi anda bisa yakin bahwa koleksi template gratis yang mereka bagikan memiliki kualitas bagus dan layak pilih.

 

Penutup:

 

Memang banyak pilihan template gratis untuk mendukung anda berkreasi di blog. Tapi ingat, jangan menghapus link kredit di bawah setiap template gratis, karena itu berarti pelanggaran hak cipta.

 

Hanya dengan menempatkan satu link kredit di ujung bawah blog berarti anda sudah mendukung desainer untuk terus berkarya dan berbagi template gratis. Jadi baiknya jangan dihapus.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments
Hakimin - Jan 18, 2020, 5:23 AM - Add Reply

Artikel yang bermanfaat bagi kreator blogger

You must be logged in to post a comment.

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma