10 Situs Terbaik untuk Belajar Coding Bahasa Pemrograman Gratis Secara Online

10 Situs Terbaik untuk Belajar Coding Bahasa Pemrograman Gratis Secara Online

Melalui website ini anda bisa belajar coding (pengkodean) HTML, CSS, JavaScript, PHP, Phyton, Ruby, dan lainnya gratis secara online. Materi kursus yang disediakan umumnya berbasis proyek, jadi anda bisa belajar dan praktek langsung.

 

Tempat kursus coding yang tersedia di internet ini akan mengajari anda keterampilan yang perlu anda ketahui untuk memulai pengkodean sekarang dan  membantu anda mendapat pekerjaan di bidang programming.

 

10 Website Terbaik untuk Belajar Coding Online Gratis

 

Pilihan tepat bagi anda yang ingin belajar kode tapi tidak ingin mengeluarkan uang dan tidak ingin menghadiri ruang kelas formal.

 

1. The Odin Project

 

Website yang dibuat oleh pencipta Viking Code School ini memiliki keunggulan dibanding website lainnya. The Odin Project menyajikan tutorial, blog, dan materi kursus terbaik agar peserta kursus bisa belajar secara berurutan.

 

Kursus yang disediakan berbasis proyek dari simple scripts hingga program penuh dan deployed websites. Jadi anda bisa langsung praktek dan membangun portfolio untuk karir impian anda.

 

Topik kursus coding yang ditawarkan The Odin Project meliputi HTML, CSS, JavaScript & jQuery, dan Ruby on Rails. Tersedia pula komunitas yang beranggotakan pengembang pemula hingga yang berpengalaman.

 

2. Free Code Camp

 

Kursus dengan tema perkemahan musim panas ditawarkan oleh Free Code Camp. Pertama, anda harus mengikuti 800 jam kursus coding. Setelah itu, anda bisa mengikuti praktek kerja pengkodean langsung untuk proyek nirlaba.

 

Dengan begitu, anda bisa mempelajari keterampilan yang berharga dan membangun portofolio untuk karier anda. Inilah yang membedakan Free Code Camp dari platform lainnya.

Saat ini, Free Code Camp menyediakan kursus Database, HTML, CSS, JavaScript, Angular.js, Node.js, dan DevTools.

 

3. Codecademy

 

Platform ini sangat terkenal, mudah digunakan dan menampilkan hasil kode anda saat anda membuat kode. Siapa pun yang pernah belajar tentang kode atau bahasa pemrograman sebelumnya, pasti sudah tahu tentang Codecademy.

 

Selain untuk belajar kode, platform interaktif Codecademy juga menawarkan fasilitas belajar berbagai macam bahasa pemrograman seperti HTML & CSS, JavaScript, Ruby, Python, Angularjs, PHP, Command Line, dan banyak lagi.

 

4. GA Dash

 

Website GA Dash adalah tempat kursus online gratis dan menyenangkan yang mengajari anda dasar-dasar web development melalui proyek yang bisa dikerjakan di browser milik anda.

 

Artinya, platform pembelajaran online gratis dari GA Dash didasarkan pada pengerjaan proyek. Di setiap pelajarannya, anda harus bisa bekerja untuk menyelesaikan satu proyek.

Selain coding HTML, CSS, dan JavaScript, GA Dash juga menawarkan kursus desain responsif dan kursus membangun tema Tumblr dari dasar. Ini adalah kelebihan dari GA Dash yang tidak dimiliki website lain.

 

5. Coursera

 

Website Coursera memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan situs coding lainnya. Pertama, Coursera memiliki perpustakaan kursus sangat besar yang melampaui topik pemrograman.

 

Kedua, pengajar di  kelas-kelas Coursera adalah profesor universitas yang sebenarnya, dan anda bisa belajar di kelas gratis tanpa biaya sedikitpun. Tapi kalau ingin dapat sertifikat kursus, anda harus bayar biaya pembuatan sertifikat.

Coursera adalah platform yang tepat jika anda ingin dapat pendidikan teoretis dalam topik sains data atau pun pengantar pemrograman aplikasi Android.

 

6. Codewars

 

Situs Codewars menawarkan cara yang menyenangkan untuk mempertajam keahlian coding anda. Codewars menyediakan serangkaian tantangan bertema seni bela diri yang disebut “kata”.

 

Anda harus melengkapi “kata” untuk mendapatkan kehormatan dan pangkat. Makin banyak kehormatan dan pangkat yang diraih, maka tantangan berikutnya akan lebih sulit. Selalu ada tantangan baru untuk dikerjakan di Codewars.

 

Tantangan bahasa pengkodean yang ditawarkan oleh Codewars saat ini antara lain: JavaScript, Java, Ruby, Python, Haskell, CoffeeScript, Clojure, C++ dan PHP.

 

7. Khan Academy

 

Website Khan Academy menyediakan banyak sekali mata pelajaran dalam berbagai bidang, bukan hanya coding atau bahasa pemrograman.

 

Khusus di bidang coding languages, Khan Academy menawarkan kursus HTML & CSS, JavaScript, SQL, dan berbagai topik pemrograman atau ilmu komputer lainnya.

 

Khan Academy juga menyediakan opsi untuk mempelajari dasar-dasar pengkodean dalam satu jam. Ini adalah opsi sempurna bagi anda yang tertarik mendapatkan overview dari topik pengkodean.

 

8. edX

 

Banyak sekali bahan ajaran yang tersedia di website edX, bukan hanya materi kursus bahasa pemrograman dan sains komputer. Bagian terbaiknya adalah: semua materi kursus didukung oleh profesor dan universitas yang sebenarya.

 

Kursus bisa diambil sesuai keinginan anda dan tidak terbatas pada waktu. Tapi kalau ingin dapat sertifikat atau kredensial sebagai peserta kursus edX, anda harus bayar sejumlah uang untuk ikut kursus yang "terverifikasi".

 

9. The Code Player

 

Website The Code Player sebaiknya digunakan bersaman dengan situs lain (sebagai pelengkap), karena materi kursus di The Code Player didasarkan sepenuhnya pada konsep dan proyek kecil.

 

Di website The Code Player tersedia kompilasi video tutorial yang membantu anda menjalani proses pembelajaran coding dari awal hingga selesai.

 

10. MIT OpenCourseWare

 

Website MIT OpenCourseWare menyediakan beragam topik di bagian pemrograman, mulai dari pengantar pemecahan masalah teknik hingga algoritma yang digunakan dalam animasi komputer.

 

Tapi kekurangan terbesar dari website ini adalah tidak tersedianya jawaban soal latihan/tugas dari beberapa kursus, jadi tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti bahwa anda melakukan tugas dengan benar.

 

Anda tidak perlu membuat akun anggota untuk bisa mengakses koleksi materi kursus di MIT OpenCourseWare.

 

Tips:

Cara efektif untuk belajar coding secara online dan gratis adalah belajar dari beberapa sumber berbeda. Supaya anda bisa memperluas pengalaman dan segera memulai karir sebagai programmer atau developer.

 



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Apr 15, 2020, 10:23 PM - Shinta Kusuma
Dec 14, 2019, 8:49 AM - Febry Winarto
May 15, 2020, 11:58 PM - Putra Mangaratua Siahaan
Recent Articles
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma
Aug 5, 2020, 12:31 AM - Singgih Tri Widodo