10 Profesi Bergaji Murah di Indonesia Tapi Mahal Di Luar Negeri

10 Profesi Bergaji Murah di Indonesia Tapi Mahal Di Luar Negeri

Siapa yang tak menginginkan pekerjaan yang layak serta bergaji tinggi??? Pasti semua itu adalah impian semua orang memiliki pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Tahukah kalian ada beberapa pekerjaan yang tidak dihargai di indonesia dan mendapatkan gaji yang sangat murah. Tapi, memiliki gaji yang bisa dibilang lumayan dan fantastis di luar negeri. Jadi tidak heran kalau banyak warga indonesia berbondong-bondong bekerja diluar negeri.

Inilah beberapa pekerjaan yang memiliki gaji tinggi diluar negeri tapi bergaji murah di indonesia:

1. Asisten Rumah Tangga

Jangan salah dengan profesi sebagai asisten rumah tangga atau yang biasa kenal sebagai seorang pembantu. Kalau di indonesia biasanya gaji seorang pembantu di patok dari Rp 1 juta - Rp 2 juta paling maksimal. Untuk asisten rumah tangga yang biasanya tidak menginap bergaji sekitar Rp 700 ribu - Rp 1 juta. Tapi kalau di luar negeri gaji seorang asisten rumah tangga bisa berkali-kali lipat lebih tinggi dari indonesia.

1.1. Perancis

Gaji seorang asisten rumah tangga di perancis berkisar USD 38.000 atau setara dengan Rp 400 juta perbulannya. Hal ini dikarenakan mayoritas orang perancis bekerja sebagai karyawan. Sedangkan untuk menjadi seorang asisten rumah tangga banyak yang tidak berminat. Itulah alasan pertama kenapa gaji seorang asisten rumah tangga disana begitu tinggi. Sedangkan orang perancis tipikal orang senang disediakan segala setiap kebutuhannya. Maka mereka berani membayar mahal hanya untuk menggaji seoranh asisten rumah tangga.

1.2. Kanada

Sama halnya dengan perancis warga kanada juga tipikal orang yang senang dilayani segala kebutuhannya. Mungkin karena di kanada masih banyak warga kanada yang berketurunan perancis. Walaupun tidak 100% asli perancis tapi memang mirip kebiasaannya dengan orang yang asli keturunan perancis.

Mereka biasanya menggaji seorang asisten rumah tangga sekitar USD 26.500 atau setara Rp 350 juta perbulan.

1.3.  Amerika Serikat

Di Amerika Serikat sendiri gaji seorang asisten rumah tangga berkisar USD 19.800-31.900 paling sedikitnya sekitar Rp 200 juta rupiah perbulan.

1.4. Korea Selatan

Gaji seorang asisten rumah tangga di negara pusatnya k-pop ini termasuk tinggi yakni USD 22.000 atau berkisar Rp 300 juta. Namun tidaklah mudah untuk bisa menjadi asisten rumah tangga di negara ini. Karena warga korea yang dikenal sangat perfeksionis jadi mereka membutuhkan seorang asisten rumah tangga yang benar-benar sempurna.

Sebelum bisa mendapatkan pekerjaan ini harus melalui beberapa tes kelayakan agar bisa menjadi seorang asisten rumah tangga di negara ini.

1.5. Italia

Gaji untuk seorang asisten rumah tangga di negara ini sekitar USD 17.500 atau sekitar Rp 230 juta perbulannya. Bukankah gaji yang sungguh fantastis dan berbeda jauh dari indonesia.

2. Perawat Lansia

Dikanada dan jepang, warganya rela merogoh uang dari kocek dengan jumlah yang tinggi hanya untuk seorang caregiver atau perawat lansia. Mereka menggaji seorang caregiver sekitar Rp 10-Rp 30 juta perbulannya. Sedangkan untuk di indonesia hanya berkisar sekitar Rp 2 juta.

3. Tukang Cuci Piring

Untuk di negara Amerika Serikat sendiri kabarnya seorang tukang cuci bergaji USD 11 perjamnya atau sekitar lebih dari Rp 100 ribu per jam.

Oleh sebab itu banyak warga amerika yang mengambil pekerjaan sebagai tukang cuci piring ini sebagai pekerjaan sampingan mereka karena memiliki upah yang dibilang lumayan.

Berbeda jauh dengan di indonesia yang hanya bergaji seharga satu bungkus nasi atau Rp 20 ribu perharinya. Ada juga biasa menggaji bulanan dengan gaji sekitar Rp 700- Rp 800 ribu. Saya pun sempat menjalani profesi ini yang hanya mendapatkan upah sebesar Rp 20 ribu perharinya dan satu nasi bungkus untul dibawa pulang. Sungguh perbedaan yang sangat jauh luar biasa.

4. Tukang Ledeng

Pekerjaan sebagai tukang ledeng memang pekerjaan yang serabutan namun sangat diperlukan. Kalau di indonesia sendiri setau saya untuk memperbaiki keran ataupun menggantinya upahnya sebesar Rp 50 ribu. Hal ini saya tahu karena saya baru saja mengganti keran saya.

Tahukah kalian kalau di amerika serikat sendiri gaji untuk seorang tukang ledeng sekitar Rp 500 juta untuk pertahunnya. Bisa kita hitung sendiri berapa pendapatan sebagai tukang ledeng untuk perbulannya. Sedangkan untul di negara inggris seorang tukang ledeng digaji sekitar 4 miliar pertahunnya. Bukankah sangat jauh berbeda sekali dengan di indonesia.

5. Tukang Sampah

Pekerjaan sebagai tukang sampah bisa dikategorikan pekerjaan yang paling menyedihkan dan paling rendah di mata masyarakat indonesia. kenapa tidak? Karena pekerjaan ini berurusan langsung dengan hal yang menjijikan dan kotor.

Tahukah kalian sebenarnya pekerjaan ini sangat dihargai dan mendapatkan bayaran tinggi diluar negeri. Di negara amerika serikat sendiri seorang tukang sampah bergaji Rp 500- Rp 1.47 miliar pertahunnya. Sedangkan di inggris GBP 17.000 atau diatas Rp 25 juta perbulannya. Sedangkan untuk di indonesia gaji seorang tukang sampah berkisar Rp 2 jutaan.

Hal ini berbanding terbalik dengan sulit dan resikonya dari pekerjaan ini. Kalau bukan mereka yang membuat lingkungam bersih siapa yang akan menjaga kebersihan tersebut. Sebaiknya kita memberikan apresiasi yang layak untuk mereka.

6. Pemadam Kebakaran

Profesi yang dibilang berbahaya dan memiliki resiko yang sangat tinggi serta penuh rintangan ini kabarnya memiliki gaji sekitar Rp 5 juta itupun sudah termasuk dengan tunjangan. Tetapi untuk negara amerika serikat para pemadam kebakaran disana bisa mendapat bayaran lebih dari Rp 400 jjuta pertahunnya. Memang sesuai dengan resiko yang mereka jumpai.

7. Sipir Penjara

Gaji seorang sipir penjara boleh saya katakan sedikit apalagi golongan rendah. Gaji mereka hanya berkisar Rp 2 juta. Jadi untuk mendapatkan pemasukan tambahan mereka sering melakukan pungutan liar kepada para tahanan. Jangan salah kaprah kalian, saya pernah magang kerja di salah satu lembaga permasyarakatan di daerah saya. Jadi tau betul berapa kisaran gaji mereka. Dan bagaimana mereka mendapatkan tambahan pemasukan.

Jadi ini bukan sebuah opini semata tapi memang hasil survey sendiri. Sangat berbanding jauh dengan di negara amerika serikat yang menggaji para sipir penjara mereka sekitar USD 100.000 perbulannya.

8. Polisi dan Tentara

Untuk gaji seorang penjaga keamanan di indonesia biasanya bisa mencapai Rp 5 juta perbulan. Jika dibandingkan dengan gaji aparat diluar negeri yang rata-rata mempunyai gaji Rp 300 juta pertahunnya. Sangat jauh berbeda sekali perbandingannya.

9. Suster

Gaji untuk profesi ini mungkin sekitar Rp 3 - Rp 4 juta perbulannya di indonesia. Berbeda dengan belanda dan spanyol yang memberi gaji paling tidak USD 22 atau Rp 250 ribu untuk perjamnya. Jika dihitung untuk sebulannya sangat jauh sekali perbandingannya.

10. Wartawan

Pekerjaan ini tidaklah mudah, yaitu memberikan informasi berdasarkan fakta dan kebenaran yang terjadi dilapangan dengan cepat dan akurat. Tapi gaji mereka hanya berkisar Rp 3 juta itupun tergantung dengan status mereka senior atau junior.

Sedangkan untuk diluar negeri sendiri wartawan disana mendapat bayaran paling sedikit USD 30.000 atau lebih dari 30 juta perbulan. Sedangkan untuk di negara jepang sendiri gaji para wartawan sekitar 5.5 juta yen atau setara Rp 700 juta lebih pertahunnya atau sekitar Rp 58 juta perbulannya.

Itulah 10 pekerjaan yang bergaji tinggi diluar negeri namun murah di indonesia.

Bagaimana menurut kalian? Apa kalian berminat untuk bekerja diluar negeri dengan salah satu profesi diatas?

Tentu tidaklah mudah bekerja diluar negeri sana walaupun memiliki gaji yang tinggi. Pasti mereka juga mempunyai standar tersendiri kenapa mereka bisa memiliki gaji yang bisa dibilang fantastis.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments
Moh Khozah - Dec 23, 2019, 6:27 AM - Add Reply

Kita ukur saja uang dolar dan rupih. Lebih besar mana?

You must be logged in to post a comment.
Moh Khozah - Dec 23, 2019, 6:28 AM - Add Reply

#rupi, maksudnya Rupiah

You must be logged in to post a comment.

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Menulis adalah sebuah hobi yang unik.

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma