10 Antivirus Gratis Terbaik untuk Windows

10 Antivirus Gratis Terbaik untuk Windows

Pilih salah satu dari sepuluh antivirus gratis ini untuk melindungi komputer Windows anda. Karena beberapa antivirus gratis ini memiliki kualitas sama bagus, bahkan lebih baik, dibandingkan dengan antivirus versi premium.

Sangat penting untuk memilih antivirus yang tepat untuk melindungi perangkat komputer dari virus, trojan, atau malware. Tapi untuk apa beli antivirus premium yang mahal kalau ada antivirus gratis yang kualitasnya lebih baik dibanding antivirus buatan Norton atau McAfee?

10 Antivirus Gratis Terbaik untuk Windows, pilihan tahun 2018

Ada yang berupa software antivirus yang harus diinstal pada komputer, ada pula antivirus yang bekerja dari cloud.

1. Avast Free Antivirus

Software Avast Free Antivirus memang layak untuk ada di daftar antivirus gratis terbaik. Free antivirus dari Avast ini telah dibuat sejak tahun 1988, dan sejak itu, Avast Free Antivirus menjadi salah satu produk antivirus yang paling banyak diinstal.

Avast Free Antivirus berfungsi sebagai antivirus dan antispyware yang melindungi komputer dari ancaman yang berasal dari internet, email, file, dan pesan instant. Bahkan mampu mendeteksi virus dan malware yang sebelumnya tidak terdeteksi di komputer.

Avast Free Antivirus bisa digunakan pada Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

2. Avira Free Antivirus

Avira Free Antivirus adalah antivirus multifungsi yang mudah digunakan yang mampu melindungi komputer dari virus, spyware, adware, malware, ransomware, dan trojan.

Kekurangan terbesar dari antivirus ini adalah: proses konfigurasi paska installasi antivirus yang merepotkan, apalagi untuk pengguna pemula.

Avira Free Antivirus bisa digunakan pada Mac, Linux, dan Windows: Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

3. Microsoft Security Essentials (MSE)

Microsoft Security Essentials (MSE) adalah salah satu antivirus terbaik yang khusus dibuat Microsoft untuk pengguna Windows.

Microsoft memang terhitung baru dalam hal pembuatan antivirus, tapi jangan ragukan kualitas produk Microsoft. Karena antivirus MSE bisa melindungi perangkat dari berbagai jenis malware, mudah digunakan, dan bisa update secara otomatis.

MSE bisa digunakan pada Windows 7 dan Windows Vista. Perlindungan anti-malware dari Microsoft Security Essentials sudah terpasang dalam tool Windows Defender pada Windows 8 dan Windows 10. Sedangkan Windows XP sudah tidak didukung oleh MSE.

4. Comodo Antivirus

Comodo Antivirus merupakan produk dari Comodo Security Solutions. Comodo Antivirus mampu melindungi perangkat dari berbagai jenis virus dan ancaman lain. 

Bagian terbaik dari Comodo Antivirus adalah teknologi Defense+, yaitu program yang menganggap semua file tak dikenal sebagai ancaman. Defense+ tidak merepotkan seperti yang anda bayangkan, karena Defense+ bekerja secara efektif, hampir tidak bersuara, dan tidak mengganggu kerja komputer.

Comodo Antivirus bisa digunakan pada Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

5. AVG AntiVirus Free

AVG AntiVirus Free berfungsi sebagai antivirus, antispyware, email scanner, link scanner. AVG AntiVirus Free bisa digunakan pada Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Alasan lain yang membuat AVG AntiVirus Free jadi antivirus terbaik adalah memiliki opsi scan terjadwal, memiliki banyak fitur premium, update otomatis, dan bekerja efektif tanpa mengganggu proses kerja komputer.

6. Bitdefender Antivirus Free Edition

Sesuai namanya, Bitdefender Antivirus Free Edition adalah versi gratis dari antivirus premium Bitdefender. Antivirus Bitdefender gratis ini mudah dipasang, hanya menggunakan sedikit data jadi tidak akan memperlambat kerja komputer.

Meski gratis, tapi tidak sering memunculkan pemberitahuan untuk upgrade ke versi premium. Kesal banget kan kalo tiap kali online muncul notifikasi untuk upgrade antivirus ke versi premium?

Bitdefender Antivirus Free Edition bisa digunakan pada Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

7. Panda Protection

Panda Protection sebelumnya dikenal dengan nama Panda Free Antivirus. Panda Protection bisa melindungi perangkat dari malware seperti virus, worms, trojans, adware.

Panda Protection bekerja dari cloud, artinya antivirus ini bekerja melalui sambungan internet sehingga tidak harus semua programnya disimpan dalam komputer. Jadi tidak memberatkan komputer, dan mampu bekerja lebih baik untuk memerangi malware.

Panda Protection bisa digunakan pada Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

8. Baidu Antivirus 

Baidu Antivirus adalah antivirus yang ringan dan mampu melawan malware melalui virus database yang tersimpan di cloud. Secara keseluruhan, Baidu Antivirus bekerja dengan cepat, dan menggunakan sedikit data sehingga tidak memperlambat kerja komputer.

Baidu Antivirus juga memiliki firewall anti-hacker, perlindungan anti-phising, anti-keylogger, perlindungan webcam, perlindungan download otomatis, quarantine sandbox, dan fitur lainnya.

Baidu Antivirus akan otomatis melakukan update, melindungi password, scan perangkat USB dan Windows registry. Baidu Antivirus bisa digunakan pada Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

9. FortiClient

FortiClient berfungsi sebagai antivirus, firewall, web filtering, parental control. Beberapa program dari FortiClient bahkan cukup bagus digunakan untuk urusan bisnis, bukan hanya untuk pengguna komputer rumahan.

Penggunaan FortiClient tidak rumit, mudah dipasang, otomatis melakukan update, dan pindai sistem secara keseluruhan seminggu sekali. Antivirus FortiClient bisa digunakan pada sistem operasi Android, iOS, Chromebook, dan Windows.

10. ZoneAlarm Free Antivirus

ZoneAlarm Free Antivirus bisa memblok virus dan malware, menjaga keamanan identitas saat online, mencegah hacker mengakses komputer, dan mengamankan file dalam komputer dengan membuat enkripsi data.

ZoneAlarm Free Antivirus bisa digunakan pada Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Saya tidak menyarankan anda untuk memilih semuanya, pilih satu saja yang paling anda sukai dan paling sesuai untuk melindungi komputer Windows milik anda.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Popular This Week
Feb 23, 2020, 7:27 PM - Maman suherman
Feb 17, 2020, 9:08 PM - Bram Asta
Feb 21, 2020, 11:54 PM - RackTicle Manager
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 7, 2020, 2:10 PM - Bayu Rinaldhi
Feb 17, 2020, 12:19 AM - Nabila Afira quraina